Pertempuran Bukit Candu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pertempuran Bukit Candu adalah pertempuran saat Jepang menyerang Singapura pada Perang Dunia II. Pertempuran ini mengangkat nama Resimen Tentara Kerajaan Melayu sehingga menjadi kekuatan militer yang disegani di kalangan pasukan militer Persemakmuran.

Pertempuran ini merupakan lanjutan dari Pertempuran Pasir Panjang yang terjadi sehari sebelumnya. Pertempuran ini juga menampilkan keberanian para prajurit Melayu, terutama Letnan Muda Adnan bin Saidi yang rela berkorban dengan memberikan perlawanan habis-habisan kepada tentara Jepang.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Setelah Pertempuran Pasir Panjang, Kompi "C" dari Batalyon I Resimen Melayu diperintahkan mundur ke posisi Pt. 226 di Bukit Candu. Panglima Angkatan Darat Inggris memerintahkan Tentara Melayu untuk bertahan di Bukit Candu. Jika posisi ini jatuh ke tangan tentara Jepang, mereka akan memiliki rute terbuka ke Jalan Alexandra di mana terdapat gardu Angkatan Darat Inggris, gardu amunisi dan juga Rumah Sakit Alexandra Angkatan Darat Inggris .

Setelah pasukan Persemakmuran di kiri dan kanan garis pertahanan Tentara Melayu mundur ke garis pertahanan baru, Tentara Melayu juga harus mundur. Kompi "C" di bawah pimpinan Kapten HR Rix diperintahkan untuk menduduki posisi bertahan di Pt. 226, Bukit Candu. Nama Bukit Candu diambil dari keberadaan pabrik pengolahan opium milik pemerintah Inggris di kaki bukit ini. Di bukit ini, Kompi "C" 1 Melayu membuat pertahanan terakhir mereka melawan serangan Jepang.

Pertempuran lanjutan[sunting | sunting sumber]

Kompi 1 Melayu "C" ditugaskan untuk mempertahankan Bukit Candu (sekarang Kent Ridge). Mereka terus menerus ditembaki oleh artileri Jepang yang ingin memberikan dukungan kepada pasukan penyerang mereka. Bukit Candu adalah posisi pertahanan yang penting karena merupakan dataran tinggi yang memungkinkan pasukan yang menguasai daerah itu untuk melihat seluruh Pulau Singapura di utara. Dan juga, jika Jepang menguasai Bukit Candu, mereka akan dapat maju tanpa hambatan ke Alexandra Road, yang merupakan tempat instalasi militer penting.

Posisi Kompi "C" dipisahkan dari posisi Kompi "D" oleh parit besar. Parit itu penuh dengan minyak yang terbakar, akibat tumpahan dari tangki penyimpanan di Depot Normanton. Parit besar berisi minyak yang terbakar ini menghalangi mundurnya Kompi "C" ke selatan. Kompi "C" berada di bawah komando Kapten HR Rix, seorang perwira yang pandai berbahasa Melayu. Kapten Rix mendesak prajuritnya untuk bertempur sampai titik darah penghabisan. Kapten HR Rix tewas bersama anak buahnya dalam pertempuran di Bukit Candu.

Tentara Jepang mencoba menggunakan trik untuk menipu tentara Melayu yang bertahan di Bukit Candu. Mereka mengirim sekelompok tentara Jepang yang mengenakan seragam tentara Punjabi untuk mencoba mendekati posisi tentara Kompi "C" Melayu . Namun, anggota kompi "C" menyadari trik ini ketika mereka melihat tentara Jepang berseragam tentara Punjabi berbaris dalam barisan empat, bukan dalam barisan tiga seperti Tentara Inggris . Mereka dibiarkan dekat dengan garis pertahanan Tentara Melayu Kompi "C" sebelum dibombardir dengan peluru dari senapan mesin Lewis, mengakibatkan banyak korban jiwa dan banyak personel Jepang lainnya terluka. Tentara Jepang yang selamat berguling dan merangkak kembali ke tempat aman untuk menyelamatkan diri.[1]

Serangan akhir[sunting | sunting sumber]

Leftenan Muda Adnan bin Saidi menjadi lambang keberanian Askar Melayu

Pukul 16.00 tentara Jepang melancarkan serangan habis-habisan terhadap posisi tentara Melayu di Bukit Candu. Meski hampir kehabisan amunisi dan dengan jumlah prajurit yang jauh lebih sedikit dari tentara Jepang, Tentara Melayu tetap bertahan melawan gempuran tentara Jepang. Namun mereka tidak berdaya menahan serangan dari kekuatan yang jauh lebih besar dan Jepang terus maju mendekati posisi Tentara Melayu . Berbagai senjata digunakan oleh tentara Melayu yang bertahan di sana, antara lain granat tangan, pistol, dan bayonet.

Letnan Muda Adnan bin Saidi menggunakan senapan mesin Lewis untuk melawan tentara Jepang dan berhasil membunuh banyak tentara Jepang. Meski harus bertempur dalam jarak dekat dan terkadang harus menggunakan bayonet dan tangan, tentara Melayu terus mematahkan upaya tentara Jepang untuk menguasai posisi. Banyak perwira dan anggota Tentara Melayu menjadi korban. Letnan Muda Adnan bin Saidi sendiri terluka parah, namun tetap keras kepala menolak mundur dan terus melawan. Keberaniannya memantik semangat anak buahnya untuk terus berjuang.

Kegagahan Tentara Melayu[sunting | sunting sumber]

Meski dipandang sebagai kekalahan bagi Tentara Melayu, pertempuran ini menunjukkan kegagahan Resimen Serdadu Melayu dan daya juangnya yang tinggi. Ada orang yang berpikir bahwa jika pasukan artileri Australia di dekatnya diberi izin untuk membantu Tentara Melayu selama pertempuran ini, kemungkinan besar hasilnya akan sangat berbeda, dan mungkin para perwira Melayu ini akan meraih kemenangan.

Mubin Sheppard, seorang perwira Inggris yang menjadi tawanan perang setelah penyerahan Angkatan Darat Inggris, menceritakan tentang temannya Letnan Dua Adnan bin Saidi sebagai... "padahal jumlah musuh jauh lebih banyak daripada jumlah prajuritnya , dan dia dibom terus menerus, Adnan terus berjuang dan menimbulkan banyak korban di kalangan tentara Jepang. Adnan pasti tidak akan menyerah apapun yang terjadi. Dia sangat berdedikasi untuk tujuannya. Sebelum pertempuran, dia meminta anggota peletonnya untuk "membiarkan tulangnya putih, bukan matanya yang putih".

Bagaimanapun, Angkatan Darat Inggris, Angkatan Darat Australia, Angkatan Darat India Britania, dan Angkatan Darat Jepang sendiri terkesan dengan kemampuan Tentara Melayu.

Kopral Yaakob, salah satu dari sedikit tentara Melayu yang selamat selama Pertempuran Bukit Candu menyaksikan pembunuhan Letnan Muda Adnan . Dalam kekacauan pertempuran itu, Yaakob tumbang dan jatuh di atas tubuh prajurit lain yang tewas. Dia berpura-pura seperti orang mati.

Menurut Yaakob, perlawanan besar yang diberikan tentara Melayu membuat Jepang marah dan ketika Adnan ditangkap, mereka menyeretnya dan memasukkannya ke dalam karung. Tentara Jepang kemudian menggantung kaki Adnan di pohon ceri dan menikamnya berulang kali dengan bayonet. Leher Adnan juga dipotong berulang kali. Tentara Jepang memperingatkan penduduk setempat untuk tidak memindahkan jenazah Adnan, dan jenazahnya tidak dibongkar lama setelah pertempuran usai untuk mengatur pemakamannya.[2]

Tentara Australia yang bertahan di dekat Bukit Candu melihat keberanian tentara Melayu selama pertempuran. Menurut Letnan Penrod V. Dekan Batalyon Senapan Mesin 2/4, Tentara Melayu menggali benteng tetapi jelas bahwa mereka tidak memiliki banyak persenjataan. Mereka melawan tentara Jepang hanya dengan menggunakan senapan, dan ketika tentara Jepang berhasil menerobos pertahanan mereka, tentara Melayu melawan mereka dengan bayonet. Mereka menyerang tentara Jepang menggunakan bayonet dan berhasil menghalau gerak maju tentara Jepang menuju Reformatory Road. Jelas tentara Melayu cukup berani. Mereka bertempur sampai mati, tetapi jumlah tentara Jepang terlalu banyak–untuk setiap Tentara Melayu ada 10 atau 12 tentara Jepang. Situasi mereka seperti celah yang menunggu untuk dibelah.

Tamat[sunting | sunting sumber]

Keesokan harinya Jenderal AE Percival memerintahkan Angkatan Darat Inggris untuk menyerah. Jepang memisahkan perwira dan anggota barisan lainnya dari tentara Melayu. Anggota barisan lainnya dikirim ke Farrer Park untuk bergabung dengan tentara India. Kapten Rix dan semua perwira Inggris yang bertugas di Batalyon Pertama Tentara Melayu tewas.

Burhan Muslim yang tinggal di Bukit Candu mengatakan dia dan sepupunya pergi ke sebuah bungalo di Bukit Candu beberapa hari setelah pertempuran. Di dalam salah satu bungalo di Pepys Lane, dia melihat mayat yang terpotong-potong berserakan. Di sebuah ruangan ada jenazah seorang perwira Melayu. Lehernya telah disayat berulang kali dan seragamnya berlumuran darah. Dari lencana di seragamnya, Burhan menyimpulkan bahwa mayat itu adalah seorang perwira. Burhan merasa jenazah itu mungkin Letnan Adnan.

Korban[sunting | sunting sumber]

Sepanjang kampanye mempertahankan Semenanjung Melayu dan terutama selama pertahanan Singapura dari 12 Februari hingga 14 Februari 1942 Resimen Tentara Melayu mengalami 159 perwira dan anggota tewas (6 perwira Inggris, 7 perwira Melayu dan 146 pangkat lainnya). Banyak lagi yang terluka. Jumlah tentara Jepang yang tewas dalam pertempuran dengan tentara Melayu tidak diketahui, tapi jumlahnya pasti besar.

Kesan[sunting | sunting sumber]

Meskipun sudah menjadi tradisi Angkatan Darat Inggris untuk membentuk resimen yang terdiri dari penduduk asli koloni yang ditaklukkan, Inggris baru setuju untuk membentuk pasukan Tentara Melayu pada tahun 1936 setelah didesak oleh Raja-raja Melayu. Saat perang pecah, banyak pihak termasuk pimpinan tentara Inggris yang meragukan kemampuan anggota Tentara Melayu.

Secara keseluruhan, Pertempuran Pasir Panjang pada umumnya dan Pertempuran Bukit Candu pada khususnya menonjolkan kegagahan para anggota Prajurit Melayu yang sebelumnya sempat diragukan kemampuannya sebagai perwira. Menurut penulis Inggris Noel Barber yang menulis buku "Sinister Twilight", menggambarkan Angkatan Darat Melayu sebagai "pasukan militer reguler yang terdiri dari anak-anak pribumi yang dikomandani oleh perwira Inggris yang berbahasa Melayu yang menggambarkan kelemahan keputusan Inggris untuk tidak menciptakan lebih banyak tentara." kekuatan seperti itu sebelum pecahnya perang, di mana tentara yang terdiri dari anak-anak negeri ini akan mati untuk mempertahankan tanah air mereka".

Jenderal AE Percival sendiri mencatat bahwa Prajurit Melayu telah menunjukkan apa yang bisa dicapai oleh tim yang memiliki semangat korps dan disiplin diri yang tinggi. Para Prajurit Melayu bertahan dalam pertahanan mereka sampai mereka semua jatuh.

Pertempuran Pasir Panjang dan Pertempuran Bukit Candu melibatkan para perwira dan anggota Tentara Melayu yang mencontohkan bentuk pengorbanan tertinggi dengan kekuatan untuk menegakkan "tanggung jawab, kehormatan dan kedaulatan bangsa". Pertempuran ini sekarang diperingati di pusat peringatan Refleksi di Bukit Chandu di Singapura yang dioperasikan oleh Arsip Nasional Singapura.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [http://newspapers.nl.sg/Digitised/Article.aspx?articleid=straitstimes19670213.2.39&sessionid=c247e14fb8934b1e955630826c97fde2&keyword=Pasir+Panjang+AND+battle&lang=ms The Straits Times, 13 February 1967, Page 6, The fire and death on 'Opium Hill', Article also available on microfilm reel NL12190 (Lee Kong Chian Reference Library - On shelf)]
  2. ^ Singapore in World War II.[pranala nonaktif permanen]