Pertempuran Aizu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pertempuran Aizu (Japanese: 会津戦争, "Perang Aizu") telah bertempur di Jepang utara dari Oktober hingga November pada musim gugur 1868, dan merupakan bagian dari Perang Boshin.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Aizu dikenal karena keterampilan bela dirinya, dan pada waktu tertentu mempertahankan pasukan lebih dari 5000 orang. Itu sering dikerahkan untuk operasi keamanan di pinggiran utara negara itu, sejauh utara hingga selatan Sakhalin. Juga, pada periode sebelum, selama, dan setelah kedatangan Commodore Perry, Aizu hadir dalam operasi keamanan di sekitar Teluk Edo.

Selama masa jabatan penguasa generasi ke-9 Matsudaira Katamori, domain tersebut mengerahkan pasukan mereka dalam jumlah besar ke Kyoto, di mana Katamori menjabat sebagai Kyoto Shugoshoku. Mendapatkan kebencian dari domain Chōsh, dan mengasingkan sekutunya, domain Satsuma, Katamori mundur dengan shōgun Tokugawa Yoshinobu pada tahun 1868.

Meskipun Satchōdo mengendalikan Pengadilan Kekaisaran, setelah pengunduran diri Yoshinobu, menyerukan hukuman Katamori dan Aizu sebagai "musuh Istana", (朝敵) dia bersusah payah untuk menunjukkan penyerahan Aizu kepada pemerintah Imperialis yang baru, akhirnya menyetujui seruan perang nanti pada tahun 1868, selama Perang Boshin. Meskipun pasukan Aizu bertempur sebagai bagian dari upaya yang lebih besar dari Ōuetsu Reppan Dōmei, mereka akhirnya ditinggalkan (setelah kalah di Pertempuran Bonari Pass) oleh pasukan bekas Bakufu di bawah tori Keisuke. Aizu, sekarang bertempur sendirian, pasukannya dikepung di Kastil Tsuruga, pusat wilayah Aizu, pada 6 Oktober 1868. Ini adalah awal dari pengepungan selama sebulan.

Sebuah unit terpisah dari Byakkotai ("White Tiger) — muda, sebagian besar remaja, samurai — terkenal karena telah melakukan seppuku ( bentuk ritual bunuh diri) di Gunung Iimori, menghadap ke kastil. Karena asap dari kota kastel yang terbakar, yang berada di antara mereka dan kastil itu sendiri, mereka secara keliru berasumsi bahwa kastil telah jatuh ke tangan pasukan Satchōdo. Kisah mereka diketahui karena satu-satunya di antara mereka yang bunuh diri tidak berhasil: Iinuma Sadakichi.

Sisa dari Shinsengumi, pasukan polisi khusus yang diawasi Aizu saat berada di Kyoto, hadir di pertempuran, di bawah komando Saitō Hajime. Selain itu, orang-orang yang selamat dari Shōgitai terlibat dalam pertempuran, seperti halnya Tosa Jinshtai dan Shin'itai, resimen Shint| priest yang melakukan peran sebagai penasihat spiritual untuk menyerang pasukan Kekaisaran.[1]

Setelah sebulan dikepung, pada 6 November 1868, pejabat Aizu setuju untuk menyerah, melalui mediasi tetangga mereka, Yonezawa Domain. Segera setelah itu, Matsudaira Katamori, putranya Nobunori, dan para pengikut senior datang ke hadapan komandan kekaisaran secara langsung, dan menawarkan penyerahan tanpa syarat mereka. Populasi samurai dikirim ke kamp tawanan perang di Semenanjung Tsugaru, dan wilayah Aizu, seperti yang terjadi sejak pertengahan abad ke-17, tidak ada lagi.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shiba, Gorō; Ishimitsu, Mahita; Craig, Teruko. Remembering Aizu: The Testament of Shiba Goro. University of Hawaii Press. ISBN 9780824821579.