Pertempuran Kōshū-Katsunuma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pertempuran Kōshū-Katsunuma (甲州勝沼の戦い, Kōshū-Katsunuma no tatakai) adalah pertempuran antara pasukan pendukung kekaisaran dan pasukan Keshogunan Tokugawa semasa Perang Boshin di Jepang. Pertempuran ini merupakan kelanjutan dari Pertempuran Toba-Fushimi 29 Maret 1868 (kalender Gregorian).

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Jinshotai (迅衝隊) asal Domain Tosa. Baris terdepan dari kiri: Ban Gondayu, Itagaki Taisuke, Tani Otoi (anak laki-laki), Yamachi Motoharu. Baris tengah dari kiri: Tani Shigeki (Sinbei), Tani Tateki (Moribe), Yamada Kiyokado (Heizaemon), Yoshimoto Sukekatsu (Heinosuke). Baris belakang: Kataoka Masumitsu(Kenkichi), Manabe Masayoshi (Kaisaku), Nishiyama Sakae, Kitamura Shigeyori (Chobei), dan Beppu Hikokuro.

Setelah mengalahkan pasukan Keshogunan Tokugawa di Pertempuran Toba-Fushimi, pasukan kekaisaran (terdiri dari pasukan domain feodal Domain Chōshū, Domain Satsuma dan Domain Tosa) yang dipecah menjadi tiga kolone, bergerak maju ke arah timur laut menuju ibu kota Keshogunan Tokugawa di Edo. Kolone tersebut melewati tiga jalan utama: Tōkaidō, Nakasendō, dan Hokurikudō.

Sementara itu, pemimpin Shinsengumi Kondō Isami, mundur ke Edo setelah Pertempuran Toba-Fushimi. Di Edo, ia bertemu dengan pimpinan militer keshogunan Katsu Kaishū. Kondō membentuk sebuah unit baru yang diberi nama Koyo Chimbutai. Unit yang beranggotakan sisa-sisa anggota Shinsengumi ini berangkat dari Edo pada 1 Maret 1868.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Angkatan darat kekaisaran tiba di kubu Tokugawa di Kofu, Yamanashi, dan mendudukinya setelah menemui sedikit perlawanan. Pada 29 Maret 1868, pasukan kekaisaran bentrok dengan pasukan keshogunan di Pertempuran Katsunuma (sekarang termasuk wilayah Kōshū, Yamanashi). Setelah kalah jumlah 1 banding 10, pasukan keshogunan kalah dan menderita korban 179 tewas dan luka. Para tentara keshogunan yang selamat, termasuk pemimpin mereka Kondō Isami, berusaha melarikan diri ke Aizu melalui Provinsi Sagami yang masih dikuasai oleh hatamoto pendukung Keshogunan Tokugawa.

Pascapertempuran[sunting | sunting sumber]

Meski berhasil melarikan diri, Kondō Isami ditangkap di Nagareyama, Chiba. Ia lalu dihukum pancung di Itabashi oleh Pemerintah Meiji yang baru dibentuk. Pertempuran Kōshū-Katsunuma adalah aksi militer penting terakhir di Pulau Honshu selama Perang Boshin. Kematian Kondō Isami makin mendemoralisasi pendukung Tokugawa, hingga akhirnya Istana Edo jatuh tanpa pertumpahan darah pada tahun berikutnya.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Aikawa Tsukasa and Kikuchi Akira. Shinsengumi Jitsuroku. Tōkyō: Chikuma-Shōbō, 1996.
  • Kikuchi Akira. Shinsengumi Hyakuichi no Nazo. Tōkyō: Shin Jinbutsu Ōraisha, 2000.
  • Nagakura Shinpachi. Shinsengumi Tenmatsu-ki. Tōkyō: Shin Jinbutsu Ōraisha, 2003
  • Shinsengumi Saitō Hajime no Nazo. Tōkyō: Shin Jinbutsu Ōraisha, 2003.
  • Yamakawa Kenjirō. Aizu Boshin Senshi. Tōkyō: Tōkyō Daigaku Shuppankai, 1931.
Dekapitasi Kondō Isami setelah Pertempuran Kōshū-Katsunuma. Surat kabar tahun 1868.