Matthew Perry

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Matthew Perry
Perry1852LibraryOfCongress.jpg
Matthew Calbraith Perry (1794-1858), foto tahun 1852.
Pengabdian Bendera Amerika Serikat Amerika Serikat
Dinas/cabang United States Navy Seal Angkatan Laut AS
Lama dinas 1809-1855
Pangkat Komodor (AS)
Komando USS Shark
USS Fulton
New York Navy Yard
USS Mississippi
Mosquito Fleet

Matthew Calbraith[1] Perry (lahir di Newport, Rhode Island, 10 April 1794 – meninggal di New York City, 4 Maret 1858 pada umur 63 tahun) adalah seorang komodor Angkatan Laut Amerika Serikat yang berdinas sebagai komandan sejumlah kapal perang. Pertempuran yang diikutinya antara lain Perang Meksiko-Amerika dan Perang tahun 1812. Kedatangannya bersama armada Kapal Hitam berhasil menyebabkan dibukanya isolasi Jepang terhadap Dunia Barat melalui Konvensi Kanagawa pada tahun 1854. Perry sangat menaruh perhatian terhadap pendidikan perwira angkatan laut dan ikut membantu mengembangkan sistem magang yang dijadikan dasar kurikulum angkatan laut di Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat. Pada masa kemajuan teknologi mesin uap, Perry aktif sebagai penganjur modernisasi Angkatan Laut Amerika Serikat, sehingga dikenal sebagai "Bapak Angkatan Laut Mesin Uap".

Masa kecil dan karier angkatan laut[sunting | sunting sumber]

Matthew Perry lahir sebagai putra dari ibu bernama Sarah Wallace (Alexander) dan ayah seorang kapten angkatan laut bernama Christopher R. Perry. Adiknya bernama Oliver Hazard Perry. Matthew Perry diterima sebagai kadet angkatan laut pada tahun 1809. Penugasan awalnya di kapal USS Revenge yang dikomandani oleh kakaknya sendiri. Di bawah komando kakaknya, Perry ikut serta dalam Pertempuran Danau Erie di atas kapal bendera Lawrence dan kapal bendera penggantinya, Niagara.

Pada awal kariernya, Perry berdinas di antaranya untuk USS President sebagai pembantu Komodor John Rodgers (1772–1838) yang menang bertempur melawan kapal Inggris HMS Little Belt tidak lama sebelum deklarasi resmi Perang Tahun 1812. Jabatan tersebut terus dijalaninya selama Perang Tahun 1812. Perry juga berada di atas kapal President sewaktu kapal itu berhadapan dengan kapal Inggris HMS Belvidera. Tembakan meriam pertama dilakukan sendiri oleh Komodor John Rodgers, namun tembakan berikutnya menyebabkan meriam pecah hingga melukai Rodgers dan Perry serta mengakibatkan korban awak kapal tewas atau luka.[2] Setelah peristiwa itu, Perry dipindahkan ke kapal USS United States, dan tidak lagi menemui pertempuran berarti dalam perang karena kapal tersebut terperangkap di pelabuhan New London, Connecticut. Setelah ditandatanganinya Traktat Ghent yang mengakhiri perang, ia bertugas di berbagai kapal di Laut Tengah. Pada [[Perang Barbary Kedua], Perry bertugas untuk Komodor William Bainbridge. Ia lalu berdinas untuk kapal patroli di perairan Afrika di atas kapal USS Cyane yang melayari lepas pantai Liberia dari tahun 1819 sampai 1820. Seusai tugasnya di Afrika, Perry dikirim untuk mengatasi bajak laut dan perdagangan budak di Hindia Barat. Sekitar waktu itu pula, ketika berlabuh di Rusia, Perry ditawari untuk berdinas di Angkatan Laut Kekaisaran Rusia, tapi tawaran itu ditolaknya.

Penugasan sebagai komandan (1820-an hingga 1840-an)[sunting | sunting sumber]

Pembukaan Key West[sunting | sunting sumber]

Replika genta Gokoku-ji, hadiah dari Pemerintah Ryukyu yang dibawa pulang ke Amerika Serikat oleh Komodor Perry. Genta ini sekarang berada di pintu masuk Bancroft Hall, Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat di Annapolis, Maryland. Genta asli dikembalikan ke Jepang pada tahun 1987.

Perry mengomandani sekunar bermeriam 12, USS Shark dari tahun 1821 hingga 1825. Pada tahun 1763 ketika Florida masih dimiliki oleh Inggris, Spanyol mengklaim bahwa Florida Keys adalah bagian dari Kuba dan Havana Utara. Pihak-pihak tertentu di Amerika Serikat mengkhawatirkan Key West (dulu masih bernama Cayo Hueso) berpotensi sebagai "Gibraltar di Barat" mengingat lokasinya di utara Selat Florida yang luas, sekaligus rute perairan dalam antara Atlantik dan Teluk Meksiko.

Pada tahun 1815, gubernur Spanyol di Havana menyerahkan kepemilikan pulau Key West ke Juan Pablo Salas dari Saint Augustine. Setelah Florida menjadi milik Amerika Serikat, Salas menjual Key West kepada pengusaha Amerika Serikat John W. Simonton dengan harga AS$2.000 pada tahun 1821. Simonton melobi Pemerintah Amerika Serikat untuk mendirikan pangkalan angkatan laut di Key West dengan maksud memanfaatkan lokasinya yang strategis serta menertibkan kawasan itu.

Pada 25 Maret 1822, Perry melayarkan Shark ke Key West dan mengibarkan bendera Amerika Serikat, sekaligus secara fisik mengklaim Key West sebagai wilayah Amerika Serikat.

Perry mengganti nama Cayo Hueso menjadi "Pulau Thompson" yang diambil dari nama Menteri Angkatan Laut Smith Thompson. Pelabuhannya diberi nama "Port Rodgers" dari nama ketua Dewan Komisaris Angkatan Laut. Namun kedua nama tersebut ternyata tidak melekat.

Dari tahun 1826-1827, Perry bertugas sebagai nakhoda armada untuk Komodor Rodgers. Pada tahun 1828, ia kembali ke Charleston, South Carolina untuk tugas di darat, dan kembali menjadi komandan di kapal sloop-of-war USS Concord. Dari tahun 1833 hingga 1837, ia menjabat perwira kedua New York Navy Yard (nantinya Brooklyn Navy Yard), dan dinaikkan pangkatnya sebagai kapten pada akhir masa tugasnya.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nama tengah Matthew Perry sering salah ditulis Galbraith, meski seharusnya Calbraith.
  2. ^ Griffis, 1887 p.40

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]