Pertandingan derby (sepak bola)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pertandingan derby adalah pertandingan antara tim olahraga (umumnya lokal) yang mempertemukan dua tim yang masing-masing memiliki rivalitas tersendiri. Pertandingan derby yang ada dapat terjadi karena persaingan prestasi antara kedua tim dalam dunia olah raga, persaingan antara dua tim satu kota yang membuat pertandingan menjadi bergengsi, ataupun suatu sebab lain yang menyebabkan kedua tim memiliki rivalitas.

Pertandingan derby antara kedua tim menghasilkan suatu pertandingan yang bergengsi dan seru. Pertandingan derby dapat terjadi dalam berbagai bidang olah raga. Banyak dari pertandingan derby yang menjadi suatu partai yang ditunggu oleh masing-masing pendukung tim. Perseteruan dalam berbagai bidang olah raga yang menghasilkan pertandingan derby yang ada lebih banyak disebabkan oleh faktor persaingan prestasi dan persaingan antara dua tim yang bermarkas di satu kota yang sama.

Berikut adalah daftar beberapa pertandingan derby yang terkenal (contohnya adalah pertandingan sepak bola, karena pertandingan sepak bola adalah pertandingan olahraga derby palin terkenal di dunia).

Derby klub sepak bola yang terkenal[sunting | sunting sumber]

Italia[sunting | sunting sumber]

Inggris[sunting | sunting sumber]

North London derby, 2007
Derby antar dua klub Manchester, seperti halnya Derby della Mole, Manchester United (MU) memiliki penggemar dari luar kota Manchester, sementara Man City memiliki pendukung solid di Manchester.
Derby antar dua klub terbesar di seluruh London.
Derby antar dua klub dari kota Merseyside. Dijuluki "derby yang bersahabat" karena rasa persaudaraan antara kedua kubu suporter klub.
Derby antar dua klub dari dua kota di bagian barat daya Inggris. Atmosfer pertandingannya sangat panas, karena baik MU maupun Liverpool sama-sama penguasa sepak bola Inggris yang terhebat saat ini.
Derby antar dua klub dari London utara.
Derby lokal antara empat tim di London Barat, London yaitu Brentford, Chelsea, Fulham, dan Queens Park Rangers

Spanyol[sunting | sunting sumber]

Skotlandia[sunting | sunting sumber]

Indonesia[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]