Peringkat perguruan tinggi dunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Peringkat Perguruan Tinggi Dunia merupakan pemeringkatan suatu lembaga perguruan tinggi di seluruh dunia atas beragam kombinasi faktor penilaian. Pemeringkatan ini dilakukan oleh beragam institusi pemeringkat yang berasal dari suatu organisasi, majalah, koran, website, pemerintah, atau perguruan tinggi. Selain memeringkat seluruh lembaga, para pemeringkat juga memberikan peringkat berdasarkan suatu program, departemen, dan fakultas. Namun, tidak ada peringkat perguruan tinggi yang memeringkat kualitas akademik siswa. Metodologi pemeringkatan perguruan tinggi telah menghasilkan banyak perdebatan tentang kegunaan dan akurasi peringkat.

4 International Colleges & Universities[sunting | sunting sumber]

4 International Colleges & Universities atau 4ICU adalah suatu mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.307 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara. Komponen penilaian yang digunakan 4ICU adalah Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, dan Majestic SEO (Referring Domain, Citation Flow, Citation Trust). Update hasil pemeringkatan dirilis 4ICU setiap bulan Januari dan Juli.[1]

Academic Ranking of World Universities[sunting | sunting sumber]

Academic Ranking of World Universities (ARWU) atau Peringkat Akademis Universitas Dunia merupakan peringkat dari sebuah institusi perguruan tinggi dikompilasi oleh Universitas Jiao Tong Shanghai.

Metodologi penilaian yang digunakan adalah:

  • Alumninya adalah pemenang Hadiah Nobel dan Piala penghargaan (10%)
  • Staf pengajar adalah memenangi Hadiah Nobel dan Piala penghargaan (20%)
  • Melakukan penelitian yang dikutip dalam 21 kategori subyek sains (20%)
  • Jumlah artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ilmu pengetahuan Alam dan Sains (20%)
  • Dalam Indeks Citation, Indeks Citation Ilmu Sosial, Indeks Citation dalam Seni dan Kemanusiaan (20%)
  • Kinerja akademik per kapita dari sebuah lembaga (10%)

Webometrics[sunting | sunting sumber]

Peringkat Universitas Dunia Webometrics atau Webometrics adalah merupakan organisasi yang melakukan pemeringkatan perguruan tinggi seluruh dunia, sebagai rintisan dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian yang masih merupakan bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas, lembaga penelitian terbesar di Spanyol. Update hasil pemeringkatan dirilis Webometrics setiap bulan Januari dan Juli.

Komponen yang digunakan Webometrics untuk pemeringkatan adalah Visibility (50%) yang terdiri dari Impact yaitu jumlah Pranala luar menurut Ahrefs & Majestic SEO, dan Activity (50%) yang terdiri dari Presence (20%), yakni jumlah halaman situs domain menurut Google, Openness (20%) yakni jumlah publikasi ilmiah dalam format rich files (*pdf, *doc, *ppt, *ps) menurut Google Scholar, dan Excellence (10%) yakni jumlah publikasi ilmiah menurut Scimago.[2]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "4icu". Unit Pemeringkatan UB. Diakses tanggal 29 mei 2015. 
  2. ^ "webometrics". Unit Pemeringkatan UB. Diakses tanggal 29 mei 2015.