Perawatan kesehatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Perawatan kesehatan adalah sebuah proses yang berhubungan dengan pencegahan, perawatan, dan manajemen penyakit dan juga proses stabilisasi mental, fisik, dan rohani melalui pelayanan yang ditawarkan oleh organisasi, institusi, dan unit profesional kedokteran, .

Sistem kesehatan merupakan salah satu sektor industri terbesar dunia dengan pertumbuhan tahunan tercepat, menghabiskan sekitar 8,9% PDB negara-negara maju setiap tahunnya.

Di Indonesia pemerintah hanya mengalokasikan 0,72% dari PDB ke bidang kesehatan pada 2002.

Perawatan kesehatan sebagai sebuah industri[sunting | sunting sumber]

Industrinya termasuk pelayanan kesehatan oleh dokter dan persatuan kesehatan lainnya. Biasanya jasa ini menerima pembayaran dari pasien atau dari perusahaan asuransi pasien; meskipun mereka dapat juga dibiayai oleh pemerintah (seperti National Health Service di Britania Raya) atau dilakukan oleh charity atau sukarelawan, terutama di negara-negara miskin.

Pelayanan kesehatan dapat membentuk bagian ekonomi negara yang besar. Pada 2000, biaya perawatan kesehatan yang dibayar kepada rumah sakit, dokter, laboratorium diagnostik, apotek, produsen alat kedokteran dan komponen lainnya dari sistem perawatan kesehatan, mengonsumsi sekitar 15% dari GNP Amerika Serikat, yang terbesar di dunia. Untuk negara-negara G7 rata-ratanya sekitar 9%.

pelayanan kesehatan saat ini, masih banyak kendala. yaitu bagi mereka yang tidak mampu membayar obat rumah sakit. banyak sekali halangan bagi orang-orang yang tidak mampu dengan adanya persyaratan yang ribet