Penjaga Varangia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Penjaga Varangia.

Penjaga Varangia (Yunani: Τάγμα των Βαράγγων, Tágma tōn Varángōn) adalah satuan elit Angkatan Bersenjata Romawi Timur dari abad ke-10 hingga abad ke-14. Anggota satuan ini menjadi penjaga pribadi Kaisar Romawi Timur. Satuan ini umumnya terdiri dari suku bangsa Jermanik, terutama orang Skandinavia (satuan ini dibentuk 60 tahun sebelum berakhirnya zaman Viking) dan Anglo-Saxon dari Inggris (terutama setelah invasi Norman).

Penjaga Varangia pertama kali dibentuk oleh Kaisar Basil II pada tahun 988 setelah Kristenisasi Rus' Kiev. Vladimir I yang baru saja merebut kekuasaan di Kiev dengan angkatan bersenjata Varangia memberi 6.000 tentara kepada Basil sebagai bagian dari persetujuan bantuan militer.[1][2][3] Basil menjadikan mereka sebagai penjaga pribadi karena ia tidak percaya kepada penjaga Romawi Timur asli, yang seringkali tidak setia, dan juga karena kesetiaan Varangia telah terbukti. Beberapa tahun kemudian, banyak pasukan yang direkrut dari Swedia, Denmark, Norwegia, dan Islandia.

Penjaga Varangia tidak hanya mengamankan Kaisar, tetapi juga terlibat dalam banyak perang dan seringkali memainkan peran penting, karena biasanya mereka digunakan pada saat genting. Pada akhir abad ke-13, sebagian besar orang Varangia telah diasimilasi menjadi orang Yunani, meskipun masih ada yang menyebut diri mereka sebagai Varangia.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Raffaele D'Amato. The Varangian Guard 988-1453. Diakses 18 August 2011. 
  2. ^ Abbot Gleason. A companion to Russian history. Diakses 18 August 2011. 
  3. ^ Thomas Craughwell. How the Barbarian Invasions Shaped the Modern World. Diakses 18 August 2011. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]