Api Yunani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Api Yunani (juga disebut api Bizantin dan api cair) adalah sebuah senjata yang digunakan oleh Kekaisaran Romawi Timur, yang dikatakan ditemukan oleh pengungsi Kristen Suriah bernama Kallinikos dari Heliopolis. Beberapa orang percaya bahwa dia mendapatkan pengetahuan ini dari seorang kimiawan dari Alexandria. Api ini sangat efektif baik di darat maupun di laut, namun banyak digunakan di laut.

Digosipkan bahwa efektifitas api Yunani bahwa dia dapat terus membakar dalam segala kondisi, bahkan dalam air. Kapal musuh sangat takut untuk mendekati armada Romawi Timur karena, begitu musuh berada dalam jarak, api ini memberikan keuntungan besar bagi orang Romawi Timur.

Proses pembuatan cairan ini sangat dirahasiakan militer; begitu rahasia, sampai sekarang pun kita masih belum tahu bagaimana api ini dibuat. Sumber yang bervariasi berspekulasi bahwa api ini terdiri dari belerang, quicklime, dan petroleum cair. Kemungkinan bahan pembuatnya terdiri dari kalsium fosfida (calcium phosphide), dibuat dengan memanaskan "lime", tulang, dan batu bara. Begitu terkena air calcium phosphide melepaskan fosfin (phosphine), yang menyala seketika.