Pengepungan Wexford (1169)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Pengepungan Wexford (1169)
Bagian dari invasi Norman ke Irlandia
TanggalMei 1169
LokasiWexford, Irlandia
Hasil Kemenangan Norman
Perubahan
wilayah
Wexford dan bagian tenggara Leinster berada di bawah kendali Norman
Pihak terlibat
Norman,
pasukan Diarmait mac Murchadha
Norse-Gaels dari Wexford
Tokoh dan pemimpin
Robert Fitz-Stephen,
Diarmait mac Murchadha
tidak diketahui
Kekuatan
960 ~2,000
Korban
18 tewas 3 tewas, kapal hancur

Pengepungan Wexford berlangsung pada awal Mei 1169 dan pertempuran besar pertama Invasi Norman ke Irlandia.[1] Kota ini dikepung oleh kekuatan gabungan dari Bangsa Norman di bawah pimpinan Robert Fitz-Stephen dan pasukan yang setia kepada Diarmait mac Murchadha. Setelah digulingkan sebagai Raja Leinster, Diarmait telah merekrut bangsa Norman untuk membantunya mendapatkan kembali kendali di Leinster dan pelabuhan semi independen Wexford. Meskipun penyerang tidak menembus dinding kota, Wexford menyerah setelah hampir dua hari dan berada di bawah kendali Norman.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1167, Diarmait Mac Murchada telah digulingkan sebagai Raja Leinster (bahasa Irlandia: Laighin) dan diasingkan dari Irlandia oleh Raja Tertinggi Irlandia, Ruaidrí Ua Conchobair dan sekutunya Tigernán Ua Ruairc. Diarmait bertekad untuk mendapatkan kembali kerajaannya dan menjadi Raja Tertinggi. Dia melarikan diri ke Prancis dan meminta bantuan militer dari Anglo-Norman Raja Inggris, Henry II. Henry mengizinkan Diarmait untuk mencari bantuan dari raja Anglo-Norman dan Cambro-Norman dalam kerajaannya. Mereka yang setuju untuk membantu termasuk Richard de Clare (dijuluki "Strongbow") dan saudara Robert Fitz-Stephen dan Maurice FitzGerald. Fitz-Stephan didampingi oleh keponakannya Robert de Barry. Strongbow ditawari untuk menikahi putri Diarmait Aoife dan dijanjikan tahta Leinster saat Diarmait meninggal. Robert dan Maurice dijanjikan tanah di Wexford dan tempat lain untuk bantuan mereka.

Sekitar tanggal 1 Mei 1169, Fitz-Stephen mendarat di Bannow Bay dengan kekuatan 30 ksatria, 60 armsmen dan 300 pemanah.[2] Hari berikutnya, Maurice de Prendergast mendarat di tempat yang sama dengan sepuluh ksatria dan 60 pemanah. Kekuatan ini bergabung dengan sekitar 500 tentara yang diperintah oleh Diarmait dan berangkat menuju Wexford.

Akhir[sunting | sunting sumber]

Yang baronies of Forth dan Bargy - tanah ini diberikan kepada Norman komandan Robert Fitz-Stephen setelah pengepungan

Tentara pengepung dan komandannya berada di Ferns (Fearna), markas Diarmait. Fitz-Stephen diberikan kepemilikan Wexford dan sebidang tanah yang luas sesuai dengan wilayah Forth dan Bargy saat ini. Wilayah ini menjadi koloni pertama Norman di Irlandia.

Setelah sekitar tiga minggu tidak aktif, pasukan Diarmait dan Fitz-Stephen menyerang wilayah Osraighe (Ossory) di perbatasan barat Leinster. Mereka kemudian meluncurkan serangan ke utara, di wilayah Uí Tuathail, Uí Broin dan Uí Conchobhair. Raja Tertinggi Ruaidhrí Ua Conchobhair mengirim pasukannya ke Leinster dan, dengan perantaraan Gereja, komandan kedua pasukan memulai negosiasi di Ferns. Kesepakatan dicapai, dimana Diarmait diizinkan untuk tetap menjadi Raja Leinster jika ia mengakui Ruaidhrí sebagai Raja Tertinggi dan jika dia setuju untuk mengirim sekutu Norman kembali ke Inggris. Meskipun perjanjian damai ini diikuti, Diarmait memperbolehkan pasukan Norman untuk tetap di Leinster. Pada Mei 1170, gelombang kedua dari Normandia tiba dan memulai ulang invasi.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Expugnatio Hibernica (extract) Diarsipkan 2016-05-05 di Wayback Machine. by Gerald de Barri (1189) - reproduced by permission of The Medieval Source Book on Britannia Internet Magazine
  2. ^ Norman Invasion of Ireland, from An Illustrated History of Ireland (second edition, 1868) by Margaret Anne Cusack
  3. ^ History of England during the early and middle ages: Volume 1 by Charles Henry Pearson (1867), p. 522

Pranala luar[sunting | sunting sumber]