Pemilihan peran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Panggilan pemilihan peran untuk kucing hitam, Los Angeles, 1961. Studio sedang mencari kucing untuk film Tales of Terror" Roger Corman.

Dalam industri seni pertunjukan seperti teater, film, atau televisi, pemilihan peran atau panggilan tunjuk peran (Inggris: casting, casting call) adalah proses praproduksi untuk memilih jenis pemeran, penari, penyanyi, atau pemeran tambahan untuk peran atau bagian tertentu dalam naskah, skenario, atau skenario televisi. Proses ini biasanya digunakan untuk film,[1] acara televisi, dokumenter, video musik, pementasan drama, iklan televisi, dan lain-lain. Keterlibatan dalam produksi dramatis, iklan, datau video industri ini ditujukan untuk khalayak atau penonton studio.

Jenis barisan pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran dipilih untuk memainkan berbagai jenis peran. Barisan pemeran utama, juga disebut pemeran bintang, terdiri dari beberapa pemeran yang penampilannya penting dalam film, teater, atau televisi. Peran terbesar yang memainkan protagonis disebut pemeran utama.[2] Jika tidak ada satu pun pemeran utama, peran utama merupakan kelompok pemeran yang terdiri dari berbagai pemeran utama dan pemain yang biasanya diberikan jumlah waktu layar yang hampir sama.[3] Pemeran pendukung adalah pemeran yang berperan dalam drama atau film di bawah pemeran utama. Peran pendukung berada di atas peran kecil yang merupakan interaksi langsung dengan pemeran utama sehingga tidak lebih dari lima baris dialog. Ketika pemeran terkenal atau pesohor lain muncul dalam peran kecil, hal itu disebut penampilan kameo.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Motion Pictures". Socialbilitty. 14 Desember 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Oktober 2017. Diakses tanggal 18 Mei 2017. 
  2. ^ "lead noun (ACTOR) - definition in the British English Dictionary & Thesaurus - Cambridge Dictionaries Online". Dictionary.cambridge.org. 04-28-2014. Diakses tanggal 05-15-2014. 
  3. ^ Steven Withrow; Alexander Danner (2007). Character design for graphic novels. Focal Press/Rotovision. hlm. 112. ISBN 9780240809021. Diakses tanggal 09-05-2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]