Pembicaraan:Sumatera Barat

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mantan artikel bagus Artikel ini adalah mantan artikel bagus. Silakan lihat halaman nominasi awalnya (untuk artikel lama, lihat arsip nominasi) dan alasan pembatalannya.


Judul artikel[sunting sumber]

Tolong Sumatera Barat dialihkan ke Provinsi Sumatera Barat biar seragam. Trims. (-_-)V bennylin 404 11:11, 24 Januari 2008 (UTC)

Ada konvensi baru?? --Gombang 14:23, 24 Januari 2008 (UTC)
Loh? saya pikir itu sudah konvensi, sama seperti [Kecamatan XYZ], [Kabupaten XYZ], dan [Kota XYZ] untuk kota otonom. Lihat pula Artikel berawalan Provinsi dan Provinsi Indonesia. (-_-)V bennylin 404 15:47, 24 Januari 2008 (UTC)

Harusnya memang begitu, tapi saya tidak menemukannya di Pedoman pemberian nama artikel. Mungkin sebaiknya ditambahkan atau dibikin proposalnya. --Gombang 04:13, 25 Januari 2008 (UTC)

Memang sebaiknya demikian. Bisa juga jawab pertanyaan saya di: Wikipedia:Permohonan pendapat/Format penamaan artikel sungai,danau,pulau dan suku bangsa (-_-)V bennylin 404 07:50, 25 Januari 2008 (UTC)

Koordinat Propinsi Sumatera Barat[sunting sumber]

Salam, saya senang dengan kontribusi terutama dari Pengguna:Ewesewes tentang pemberian koordinat, sayang koordinat yang diberikan hanya untuk memposisikan propinsi Sumatera Barat berada pada center jika linknya diklik untuk melihat misalnya pada Google Maps, tentu saja hal ini tidak sesuai dengan tujuan pemberian koordinat, dan dari artikel sendiri posisi koordinat sebagai batas wilayah sudah diberikan, sehingga jika melihat koordinat yang diberikan sebelumnya ini malah dari Google Maps, memposisikan koordinat pada posisi selat mentawai,

coba dicheck ini, Koordinat: 1°20′S 100°15′E / 1.333°S 100.250°E / -1.333; 100.250

Selain itu terlihat penenpatan koordinat mengangu posisi templat artikel(berada pada sisi kanan atas). Jadi menurut pendapat saya, pada artikel ini semestinya koordinat sistem GPS tersebut minimal dapat memberikan posisi yang valid, bukan hanya menempatkan peta pada posisi center saja, Oleh karena itu posisi koordinat tersebut misalnya untuk menunjukan posisi letak dari kantor gubernur itu sendiri, Salam, VoteITP (bicara) 08:16, 28 Maret 2010 (UTC)

Penempatan tampilan koordinat pada bagian atas artikel[sunting sumber]

Untuk penempatan koordinat pada bagian atas artikel memang semua versi bahasa wikipedia juga begitu kok. Ini contohnya: en:New York dan de:München serta fr:Marseilles. Jadi memang tidak mengganggu, karena semuanya begitu. Jikalau Anda menggunakan versi Beta wikipedia, tampilannya memang jelek, memang itu itu salah satu bug di versi beta. Saya sudah perhatikan sejak lama. Cuma saya tidak punya sumber daya untuk menyunting kode program templat-nya supaya cocok.

Penempatan Koordinat di sudut kanan atas suatu halaman artikel (wiki BETA), saya yakin seratus persen bukan bugs. Namun menurut saya adalah strategi wikipedia menyiasati search engine, yang pada dasarnya melakukan pencarian/pendataan (crawl) suatu halaman web berdasarkan pada text di halaman tersebut. Sehingga text yang paling awal adalah acuannya. (sudut kanan atas bukankah text paling awal?) (soktau mode:on)  E-one   >>>  - 20:25, 29 Maret 2010 (UTC)
Itu terserah mesin pencari bagaimana cara kerjanya. Tetapi yang saya yakin adalah penempatan koordinat di kanan atas artikel adalah supaya seragam dan tidak mengganggu pembaca membaca artikel dan letak WikiMiniAtlas juga bisa optimal.--Ewesewes (bicara) 02:58, 30 Maret 2010 (UTC)

Penggunaan koordinat kantor gubernur[sunting sumber]

Boleh saja sih, setelah saya lihat, tidak terlalu beda jauh untuk ukuran wilayah dengan skala 3 juta. Memang Google Maps memberikan hasil pencarian dengan nama geografis terdekat dengan apa yang kita masukkan pada kotak pencarian Google Maps, termasuk jika kita memasukkan koordinat´, jadi hasilnya memang bukan Kota Padang, tetapi Selat Mentawai. Tetapi memang kan Provinsi Sumatera Barat bukan cuma Kota Padang kan? Jadi menurut saya, masukkan saja koordinat yang sama di Kota Padang dan Sumatera Barat. Mungkin untuk kota padang disesuaikan parameternya menjadi type:adm2nd dan buang skalanya. O iya, lebih baik gunakan nilai derajat dan menit, ketimbang nilai derajat desimal, supaya lebih mudah terbaca.

Daftar sentroid koordinat provinsi[sunting sumber]

Koordinat itu hasil hitung-hitungan saya. Daftarnya bisa dilihat di: [1]. Saya menghitungnya berdasarkan peta yang saya punya. Yang Kabupaten masih belum saya hitung, karena banyak pemekaran daerah, jadi ya terpaksa tunda dulu hehehe (data peta saya lama sekali).

--Ewesewes (bicara) 08:43, 28 Maret 2010 (UTC)

Sentroid koordinat sering tidak mengarah kemana-mana[sunting sumber]

Koordinat pusat suatu wilayah (sentroid) bisa jatuh di wilayah kosong yang tidak dikenali. Untuk itu saya setuju dengan VoteITP yang menyarankan memposisikan titik koordinat suatu wilayah pada posisi yang mudah dikenali (landmark), dalam kaitan dengan pembicaraan ini adalah posisi Kantor Gubernur jika memposisikan koordinat propinsi. Karena argumennya adalah, Kantor Gubernur adalah titik kilometer nol (km 0) suatu propinsi.

Satu hal yang ingin saya tambahkan. Saya tidak yakin koordinat propinsi Sumbar ini jatuh di wilayah Kep. Mentawai pada GoogleMaps akibat salah penempatan koordinat dalam artikel Wikipedia. Namun jika Layer artikel Wikipedia dalam GoogleMaps atau GoogleEarth yang salah, itu baru ada keterkaitannya. Saya pernah menemukan kasus artikel Selat Singapura en:Singapore Strait pada Wikipedia yang salah di tempatkan Google pada posisi Selat Malaka (hanya Layer Wikipedia-nya, bukan posisi sesungguhnya)(sepertinya sudah diperbaiki Google).

Oya, Terimakasih banyak saya sampaikan pada pengguna Ewesewes yang telah menterjemahkan templat {{GeoTemplate}} hingga lebih simpel dan mudah dimengerti.

Wassalam,
 E-one   >>>  - 20:22, 29 Maret 2010 (UTC)

Saya tidak yakin semua koordinat kantor gubernur itu Km 0. Km 0 untuk sebuah kota mungkin sudah ditetapkan sejak zaman Belanda. Kalau kantor gubernurnya pindah? Km 0 Jakarta itu di Monas kan? bukan kantor gubernur. hehe. --Ewesewes (bicara) 02:55, 30 Maret 2010 (UTC)

Kordinat ibu kota di artikel tentang provinsi[sunting sumber]

Saya tidak setuju kalau koordinat ibukota dicantumkan di ibu kota provinsi. Kalau mau mencantumkan koordinat ibu kota provinsi ya cantumkan saja di ibukota provinsi. Pada suntingan Pengguna:VoteITP misalnya, koordinat Padang dicantumkan di artikel tentang provinsi ini (Sumbar). Sebagai pembaca, saya merasa informasi itu tidak relevan ada di artikel tentang provinsi yang saya baca. Saya usul koordinat Padang di artikel ini dihapus saja. --Ewesewes (bicara) 02:55, 30 Maret 2010 (UTC)

Sebagai pendapat dari saya: Saya malah tidak paham dengan maksud tidak relevannya koordinat Padang yg saudara maksudkan tersebut, sebab koordinat yg saya berikan sebelumnya itu adalah koordinat dari kantor gubernur, kebetulan saja kantornya itu berada di kota padang, jadi saya rasa Sebagai pembaca tentu akan mudah paham dengan koordinat tersebut karena menunjuk kantor gubernur, dibandingkan merujuk ke selat mentawai, he..he, Salam VoteITP (bicara) 17:04, 30 Maret 2010 (UTC)
O iya lupa, alasan lainnya yang penting adalah ketika mengklik artikel tersebut dan tampil halaman geohack, nama artikel yang tercantum di situ adalah artikel provinsi, bukan artikel ibukotanya.--Ewesewes (bicara) 03:07, 30 Maret 2010 (UTC)
Sepertinya ngak juga tu, yg ditampilkan nama/judul pada geohack bergantung dari nama yang diberikan, coba lihat Kota Padang, geohack kasih nama Balai Kota Padang, karena dibuat seperti itu pada artikelnya[[2]].
Seperti sebelumnya, saya lebih cendrung penempatan posisi koordinat GPS tersebut pada lokasi yang sesuai dan dapat mewakili dari artikel yg dimaksud, jika diletakkan pada posisi kantor gubernur boleh saja karena memang kantor gubernur dapat menjadi sentral dari provinsi tersebut, kalau pun kantornya pindah ya robah lagi koordinatnya, dan dari koordinat yang direvisi oleh Pengguna: Iwan Novirion saat ini [3], malah pada geohack tidak menyebut nama artikel ini[[4]], gimana ayo..., Salam VoteITP (bicara) 17:04, 30 Maret 2010 (UTC)
Maaf sebelumnya sudah merevisi koordinat di artikel Provinsi Sumatera Barat karena setelah dipikir-pikir jadi aneh juga kalau koordinat sebelumnya mengacu langsung pada kota Padang bukan Propinsi Sumbarnya. Sementara koordinat kota Padang sendiri sudah ada pada artikel kota Padang. Jadi daripada terjadi kerancuan makanya saya revisi lagi dengan langsung mengambil acuan dari GoogleEarth (bisa di check). Mengenai penamaan Artikel pada GeoHack adalah mengacu pada nama artikel dimana koordinat tersebut berada, seperti koordinat diatas akan di beri nama oleh GeoHack menjadi Pembicaraan:Sumatera Barat.  Ę-oиė   >>>  ™ 15:03, 31 Maret 2010 (UTC)
Melanjutin diskusi: Menurut saya, sepertinya tidak ada yang aneh, karena koordinat GPS artikel sebelumnya pada propinsi Sumatera Barat adalah koordinat posisi Kantor Gubernur yang berada di jalan Sudirman, sedangkan koordinat GPS pada artikel Kota Padang adalah koordinat posisi Balai Kota Padang yang berada di jalan M.Yamin, jadi mesti dapat dibedakan. Sedangkan mengenai penamaan/judul pada GeoHack memang bergantung pada nama yang kita berikan setelah koordinat tersebut, sebagai contoh dari koordinat yg sama kita buat untuk nama yg berbeda, silahkan dicoba klik dan bandingkan dengan koordinat di artikel Sumatera Barat 0°44′23″S 100°48′0″E / 0.73972°S 100.80000°E / -0.73972; 100.80000 (Kampung Saya), dan bandingkan juga ini dengan koordinat atas kanan 1°20′S 100°15′E / 1.333°S 100.250°E / -1.333; 100.250 (Urang Awak). Sebagai tambahan jika Sebagai Pembaca mengunakan browser seperti Mozilla dan Internet Explorer, koding yg berapa pada kanan atas memang tetap dirujuk pada artikel ini, sedangkan jika mengunakan Opera atau Google Chrome hal ini menjadi lain. Jadi kesimpulan sementara dari saya, mesti ada standar yang tepat dalam memberikan koordinat GPS pada sebuah artikel, bukan hanya semata untuk menampilkan maps/peta saja. Salam, VoteITP (bicara) 18:57, 31 Maret 2010 (UTC)

Sekarang hari Senin, 22 April, 01:31 WIB
Pendapat dari saudara VoteITP saya yakin, adalah benar, bahwasannya GeoHack bergantung pada sintak nama yang di berikan. Namun apabila kita tidak mengikut sertakan sintak name pada templat {{coor title dms}}, maka secara default (baku) GeoHack akan mengacu pada nama halaman dimana koordinat tersebut tertera. Namun sepertinya apabila sebelumnya telah ada koordinat yang sama pada artikel utamanya (bukan halaman pembicaraan) maka kembali GeoHack akan mengacu secara default. Contohnya pada saat sekarang ini setelah saya tambahkan sintak name pada koordinat artikel utamanya, coba anda klik koordinat yang tadi anda buat. Ada perbedaan ? Jadi bagaimana sebaiknya ?  Ę-oиė   >>> 

Budaya, tarian, etc[sunting sumber]

Informasi tentang kebudayaan dan tari-tarian di sini rasanya lebih cocok dimasukkan di artikel Suku Minangkabau. Gombang (bicara) 10:17, 16 April 2010 (UTC)

Apakah tari-tarian dan sebagainya juga digunakan oleh Suku Minangkabau di perantauan? Meursault2004ngobrol 10:30, 16 April 2010 (UTC)
Menurut saya iya. Di Jakarta dan Bogor misalnya ada sanggar tari Minangkabau. Gombang (bicara) 10:35, 16 April 2010 (UTC)

Mohon di Perbaiki[sunting sumber]

mohon di perbaiki template dari DPRD provinsi Sumatera Barat 2009-2014
karena jumlah kursi dari Partai PPP sangat membigungkan (Salam saya orang Sumatera Barat).

Suku Minangkabau menguasai Sumatera Barat.[sunting sumber]

Assalamu'alaikum.


Suku Minangkabau adalah suku yang asli. Menguasai Sumatra Barat. Nama saya Muhammad Nurfadhillah Iqbal. Leluhur asli saya berasal dari Koto Pagadih, dan ibu saya tidak pernah mengatakan soal " Suku Minangkabau ". Menurut kami. Yang asli pendalaman sana. Wilayah yang kalian semua sebut. " Sumatera Barat " itu. Sebenarnya bukan Suku Minangkabau yang menguasai. Tetapi, disitulah leluhur semua umat manusia. Bukan untuk suku tertentu saja. Termasuk suku Minangkabau. Makanya, saya bingung Suku Minangkabau itu apa. Banyak orang menganggap saya Orang Minangkabau karena. Dianggap berasal dari daerah yang disebut " Sumatera Barat " itu.



Mengenai Suku Minangkabau. Saya juga tidak tau definisinya secara pasti. Ada yang mengatakan ." Etnis, ras, hingga ada yang namanya alam Minangkabau ".

202.67.38.14 17 Juli 2021 12.32 (UTC)[balas]




Dan menurut saya kalian juga Orang Minangkabau. Soalnya kalian juga berasal dari sana. Dan setiap orang yang keluar dari Sumatera Barat itu. Disebut " Orang Minangkabau " saja.

202.67.38.14 17 Juli 2021 12.32 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (Januari 2024)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Sumatera Barat that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 7 Januari 2024 02.32 (UTC)[balas]