Pembicaraan:Pajajaran (disambiguasi)

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Bagian baru
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Disambiguasi
Ikon ProyekWikiHalaman ini merupakan bagian dari ProyekWiki Disambiguasi, sebuah kolaborasi untuk untuk membuat struktur dan mengatur semua halaman disambiguasi/pengalihan di Wikipedia. Anda diundang untuk berpartisipasi dalam proyek ini dengan bergabung bersama pengguna lain di halaman ProyekWiki Disambiguasi.
 

Ada kesalahan fatal dalam halaman disambiguasi ini mengenai istilah Pajajaran. Pajajaran atau Pakuan Pajajaran sebenarnya (berdasarkan kesepakatan para ahli sejarah) adalah nama pusat pemerintahan Kerajaan Sunda, yakni di daerah Bogor sekarang, yang pada waktu di bawah kekuasaan Tarumanagara merupakan negara bawahan (ada yang menyebut istilah rajamandala, raja wilayah). Saat kekuasaan Tarumanagara diwariskan kepada generasi penerusnya, sang pewaris (Tarusbawa, menantu mendiang raja) memutuskan untuk memindahkan pusat kerajaan ke wilayahnya sendiri, yakni kerajaan Sunda di daerah Bogor sekarang (sedangkan pihak Galuh yang tidak mengakui kekuasaan Tarusbawa sehingga memilih untuk lepas dari Tarumanagara/Sunda). Pada masa2 selanjutnya, Sunda dan Galuh ini selama beberapa periode pernah mengalami penyatuan dan pemisahan sebagai akibat dari pewarisan tahta kerajaan.

Perlu ditekankan bahwa Pakuan Pajajaran adalah ibukota/pusat pemerintahan Kerajaan Sunda, dan bukan kerajaan tersendiri yang terpisah dari Sunda. kandar