Pembicaraan:Kwee Thiam Tjing

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Biografi  
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Biografi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Biografi di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 ???  Artikel ini belum dinilai pada skala kualitas proyek.
 

boeat jang soedah terbitken gambar Opa Trima kasih banjak--Tjamboek berdoeri 11:59, 30 Juni 2006 (UTC)

Gimana tjara tampilin Gambar di halaman ini ? saja ada gambarnja dalem format jpg dan laen2 format? semoga ada jang bisa bantoe!!--Tjamboek berdoeri 08:09, 25 Juni 2006 (UTC)

wikisource aja? Hariadhi 17:08, 28 Mei 2006 (UTC)

Saja tjoema maoe melempengken apa jang loeroes moesti loeroes, tampa satoe pihakpoen jang berani tjoba-tjoba bengkokken tapi semoea kembali kepada siansing poenja ini wiki

Malah kalaoe perloe saja aken kasih boekti-boekti setjara lengkep apa-apa jang menjangkoet diri Opa Saja, bahken ketemoe tampa via doenia maja ini saja bersedia, sekiranja siansing disini masih sangsi aken keberadaan seorang Opa Kwee jang nota bene ingin bangkitken kaoemnja dari hal-hal jang tida pantes diliat oleh mata talandjang

Semua orang boleh berkontribusi ke Wikipedia, sama sekali tidak dilarang, tetapi:

  1. Ini adalah Wikipedia berbahasa Indonesia, menggunakan bahasa Indonesia. Jika Anda tetap menggunakan bahasa (ejaan) yang Anda gunakan, silakan, tapi mungkin tidak cocok di sini.
  2. Isi artikel tidak boleh berupa opini, karena ini adalah ensiklopedia, bukan tempat curhat atau forum pendapat.

•• ivanlanin •• 11:46, 23 Juni 2006 (UTC)

Oentoek kali pertama kamoe tida memaksa orang mengoenaken EYD THX seriboe kali, dan kalaoe orang bilang saja tida maoe berbitjara dengen moe karena saja tida paham bahasa melajoe rendah itu sifat sanget otoriter, saja poen demikian tida aken paksa ivan toelis seperti jang saja maoe dan itoe tida aken pernah kedjadian.saja poenja doea sobat orang non indonesia dan dia sanget konsen masalah melajoe rendah teroetama melajoe tionghoa waloepoen kalaoe maoe djoedjoer itoe bahasa memang rada kasar, tapi biarlah toch keboedajaan tida bisa dipaksa, malah ia mengalir sebegimana bisa.

nimbrung...[sunting sumber]

Wah, bukannya saya pengen menyela ya, cuma saya setuju dengan yang Ivan katakan, seandainya Bung Tjamboek ingin menggunakan bahasa melayu/indonesia sebelum eyd, silakan saja, tapi tolong diperhatikan rekan rekan yang lain yang mungkin agak susah mengerti. Atau kalau boleh saya usul, dibuat saja wikipedia khusus untuk bahasa indonesia sebelum eyd (idse), di request new language, dan bung tjamboek yang jadi moderator/admin-nya, bagaimana? saya yakin akan banyak yang tertarik ikut dan menyumbang disana. thx --Andri.h 18:21, 30 Juni 2006 (UTC)

  1. Wiki ini tidak dimiliki oleh siapa-siapa, melainkan milik kita semua.
  2. Pengguna:Tjamboek berdoeri tidak pernah keberatan bila tulisan-tulisannya yang menggunakan ejaan van Ophuijsen diedit dan diperbaharui dengan EYD. Kenapa kita harus keberatan kalau ia menulis dengan ejaan non-EYD? Tinggal diedit saja, kan beres, daripada dihapus dan kemudian diprotes dst dst.
  3. Pengguna:Tjamboek berdoeri telah mengatakan berkali-kali bahwa beliau kurang paham masalah internet, apalagi me-request Wikipedia versi baru. Sumbangan-sumbangannya bukan vandalisme. --Wahwahpedal 21:54, 30 Juni 2006 (UTC)

Tanggapan untuk Wahwahpedal:

  1. Untuk poin pertama ini saya setuju.
  2. Saya rasa di Wikipedia Indonesia sudah disepakati bahwa bahasa yang digunakan di sini adalah bahasa Indonesia dengan EYD. Kalo pertama kali Pengguna:Tjamboek berdoeri menyumbangkan artikel ke dengan ejaan lama itu bisa dimaklumi karena ia masih baru, tapi kalau sudah diberitahukan (berkali-kali) bahwa Wikipedia Indonesia menggunakan EYD, seharusnya dia juga perlu menghormati konsensus yang sudah ada dan juga menulis menggunakan EYD.
  3. Kurang paham masalah internet itu tidak apa2, tapi setidaknya ia perlu mencoba mengikuti standar-standar yang sudah ada di Wikipedia Indonesia, misalnya menulis dengan EYD. Tidak mungkin ia tidak mengenal EYD bukan?

Hayabusa future (bicara) 05:11, 1 Juli 2006 (UTC)

Saya setuju dengan Hayabusa. Selama tulisan itu ditujukan untuk umum, cara penulisan harus dilakukan dengan mengikuti konvensi yang berlaku umum. Kalau yang bersangkutan mau menggunakan ejaan van Ophuysen ataupun huruf Arab-Melayu sekalipun untuk konsumsi pribadi atau anak cucunya, itu sih silakan saja.Stephensuleeman 05:29, 1 Juli 2006 (UTC)

Kebebasan berpendapat itu perlu dilindungi. Kalau seseorang tidak mau menulis dalam EYD, itu adalah haknya pribadi. Justru di sinilah kita dapat melihat keunggulan Wikipedia dibanding situs-situs lain. Bila kita berkunjung ke situs pribadi Pengguna:Tjamboek berdoeri mungkin di sana bahasanya ejaan lama semua, tapi kita tidak dapat mengotak-atik. Di Wikipedia, bila kita melihat seperti itu, pengguna lain bebas menyunting dan memperbaharui ejaannya. Inilah semangat di balik Wikipedia. Kalau ada kesalahan, semua orang dapat memperbaiki. --Wahwahpedal 21:01, 1 Juli 2006 (UTC)

Hmm... daripada berpanjang-panjang, kita vote aja deh. Siapa yang setuju Wikipedia harus menggunakan EYD, dan siapa yang setuju bahwa segala jenis ejaan bisa digunakan di sini.Stephensuleeman 21:30, 1 Juli 2006 (UTC)

Oh saya orang pertama yang setuju bahwa Wikipedia harus menggunakan EYD. Tapi kalau ada yang menggunakan ejaan lain, daripada dilarang lebih baik diterima sumbangannya dan diperbaiki. Karena masalahnya terletak di sana, jadi lebih baik votenya begini saja: "Setuju atau tidak: semua penyumbang artikel di Wikipedia harus menggunakan EYD dan kalau tidak menggunakan EYD akan dilarang menyumbang artikel". --Wahwahpedal 11:43, 2 Juli 2006 (UTC)

Tidak setuju alasan: kadang-kadang saya sendiri masih belum menggunakan EYD secara "baik dan benar". Kalau aturan ini diterapkan saya juga dilarang dong. --Wahwahpedal 11:45, 2 Juli 2006 (UTC)

Menurut saya, Wikipedia Indonesia itu harus tetap menggunakan bahasa Indonesia EYD. Masalah salah-salah dikit wajarlah, yang penting ada usahanya. Pada prinsipnya harus tetap menggunakan bahasa Indonesia EYD. Saya pikir lebih susah menerjemahkan tulisan ke dalam bahasa asing (mis: bhs Inggris) yang jelas2 beda sama sekali dari pada menerjemahkan tulisan ke dalam EYD. Maaf, tapi menurut saya gampang kok mengetik bhs Indonesia dalam EYD, oe > u, tj > c, j > y, dsb . Selain itu bahasa itu masalah prinsip di Wikipedia, tidak ada 1 wikipedia dalam 2 bahasa. Kenapa Bahasa Inggris kuno tidak digabung saja dengan dengan bahasa Inggris di en.wikipedia.org, kenapa harus ada Wikipedia tersendiri (ang.wikipedia.org). Itu karena bahasa itu unik per Wikipedia. Kalaupun terpaksa akan diperbolehkan artikel baru dalam ejaan lama, saya minta agar ditambahkan tag tertentu misalnya artikel ini dalam ejaan lama dan perlu untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia EYD. Bukannya diskriminasi, tetapi itu karena tetap saja bukan merupakan bahasa Indonesia yang resmi. borgx(kirim pesan) 12:05, 2 Juli 2006 (UTC)

Kalau ditambahkan tag seperti itu sih bukan diskriminasi, tapi sekadar bantuan bagi penyunting lainnya. Seperti halnya tag terjemah, taknetral, penghapusan dll --Wahwahpedal 12:24, 2 Juli 2006 (UTC)

Tag tersebut sih sebenarnya ada maksudnya (jadi biar yg nulis agak "merasa" gitu lho bahwa dia itu lain dari yang lain), :) jadi tujuannya biar dia agak "terpaksa" beradaptasi dengan menulis dengan EYD. Yah kalo gak merasa sih apa boleh buat.. hopeless kayak si 202.78.194.11 borgx(kirim pesan) 02:12, 3 Juli 2006 (UTC)


Ha! betoel perkiraan saja! perloe diinget Eyd itoe hanja boeatan satoe rezim jang sanget tida soeka pada rezim2 terdahoeloe, atawa ingin boeat satoe keboedajaan bahasa jang sanget ia jakinni bisa meloepaken hal2 jang lampaoe. saaj tida keberatan oentoek toelisan saja diobah-obah sesoeka ia maoe, tapi seseorang tida bisa paksa orang toelis menoeroet kehendak ia maoe, Pendek kata jalah menjingkir dari kita poenja atoeran. saja sanget petjaja kaloe orang bilang soesah dan agak ribet batja gaja bahasa melajoe rendah. tapi saja sanget tida pertjaja kaloe orang bilang tida mengerti sama sekali!!!! aneh kita sebage orang moeda kenapa tida maoe piara ini gaja bahasa jang doeloe pernah berdjaja di ini negri? bahken kaloe saoedara kenal 2 warga asing (Claudine Salmon Dan Bennedict Anderson) sanget menghargai bahasa jang pernah ada di ini negri? boekankah bahasa ini sama seperti kaloe orang ambon seboet dirinja Beta, orang soenda seboet dirinja abdi, oerang, orang tjireboen bahasain dirinja ingsoen, apa kata2 itoe tida bisa hadir? setaoe saja Negeri Tjina jang poenja bahasa resmi Mandarin tapi tida larang rakjatnja toelis begaja Hokian, Khee, entah setaoe apa lagi. saja djoega Heran pada saoedara jang katanja sanget paham EYD, sampe sekarang apa EYD soedah betoel2 merakjat? rasanja anak ketjilpoen gampang djawab "belon", maoe boekti???? berapa banjak koran2 pasang "headline news" pake bahasa jang boekan EYD atawa kaloe kata EYD itoe tida bener!!!! "paling up todate" "Panser Jerman siap menggiling sampe lumat Catenacio Itali" doeh ini bahasa tjaptjay jang paling enak didenger boeat jang batja? apa ini jang dikataken EYD jang bener? saja tida maoe pandjang lebar karena semoea omongan saja tida aken berarti djikaloe siansing disini tida berkenan!!! pendek kata djika dianggep toelisan melajoe rendah, atawa melajoe pasar tida boleh lagi bernapas di boemi jang pernah boeat ia gilang goemilang, saja mohon tjoba dipertimbangken lagi oleh siansing -siansing disini --Tjamboek berdoeri 14:36, 4 Juli 2006 (UTC)

Kayaknya tidak ada yang pernah bilang jika ejaan Melayu Rendah tidak boleh lagi digunakan (atau "tidak boleh lagi bernapas" seperti perkataan Anda). Silakan Anda tulis dengan ejaan tersebut di blog Anda atau tempat-tempat lain. Yang tidak boleh adalah menggunakannya di Wikipedia Indonesia (ada beberapa perkecualian misalnya nama tokoh). Saya harap Anda bisa mengerti. Hayabusa future (bicara) 16:20, 4 Juli 2006 (UTC)

ooh djadinja tjoeman di wikipedia ja, apa ini 'ndah terlaloe? tapi.... ah itoe toch kebidjakan siansing disini trima kasih atas jij poenja atoeran.--Tjamboek berdoeri 02:05, 6 Juli 2006 (UTC)

Tulisan bergaya Hokkian, Khee????[sunting sumber]

Saya baru tahu ada "tulisan bergaya Hokkian, Khee" dan lain-lain :-). Setahu saya dalam bentuk tulisannya, bahasa Tionghoa tidak berbeda. Tjamboek berdoeri jangan hidup dalam dunia khayal!Stephensuleeman 15:52, 4 Juli 2006 (UTC)

Kaloe jij pernah batja toelisan Opa Kwee di sin Tit Po atawa di soeara Publiek jij aken liat satoe gaja bahasa jang sanget aneh hokian, khee , belanda, soerobojoan, dan sedikit madoera ditjampoer-tjampoer adoek, ini bener lawong Opa Kwee tida paham Hokian dan khee moerni, hanja keadaan saat itoe jang maoe nga maoe lingkoengan Pers melajoe-Tionghoa sedeng terang bintangnja maka Opa Kwee ambil setjara seraboetan dan sekenanja. laen waktoe ik aken...... kirim sekiranja siansing disini berkenan. malah sekarang ada satoe propesor jang berani kataken gaja bahasa tjemboek berdoeri sebage gaja bahasa tampa nama. kadangkala ada jang bilang gado2 dan tjap tjay ada makanan terfavorit baginja dan sanget enak salah satoe seboet gado-gado makanan terenak kalo tida salah pak pram.--Tjamboek berdoeri 02:05, 6 Juli 2006 (UTC)

Diminta bantoeannja[sunting sumber]

boeat sobat jang ketemoe toelisan Opa kwee baek di Pewarta Soerabaia, Sin tit Po, Matahari Indonesia raja(soedah lengkap) dan tida katinggalan di SOEARA Publiek tolong moeat disini atawa kirim ke email saja oetjapan terima kasih pasti memoeasken. ini bantoean disebabken karena bertjetjerannja toelisan apa jang saja miliki. saja tida taoe apa wiki ini boleh terima toelisannja Opa Kwee (nb: dengen bahsa jang boekan EYD) bersama ini saja maoe beri tahoeken ada satoe web jang sanget berterima kasih pada wiki entah siapa jang boeat itoe web ini alamata web terseboet http://wesly.wordpress.com/ dalem kaitanja ia masoeken alamat wiki pada ia poenja web.--Tjamboek berdoeri 09:30, 21 Juli 2006 (UTC)

di wiki ini ada keanehan kenapa tiap orang(boekan pengoeroes) tambahin moesti dikembaliken seolah-olah soentingan orang laen sampah adja kaloe maoe tambahin atawa koerangin tapi bisa dipertanggoengken itoe lebih baek, malah kaloe dia tidak dikembaliken ditambahin titik atawa koma, seolah ia sebage polisi jang gentajangan bawa pentoengan liat liat kaloe ada orang laen toelis pada achir pasti salah!!!!! opo meneh!

Setiap suntingan yang dikembalikan pasti ada alasannya dan harus bisa dipertanggung jawabkan. Mungkin memang ada 1-2 yang kelewatan, tapi kalimat Anda yang menggeneralisir rasanya juga tidak bisa dibenarkan. Persisnya suntingan mana yang dikembalikan yang Anda maksudkan. borgx(kirim pesan) 05:11, 10 Agustus 2006 (UTC)

Oetjapken trima kasih[sunting sumber]

boeat Borgx noehoen kaloe oerang soenda bilang atawa kamsia kata owee jang dah maoe bersoesah pajah rapiken kolomnja ik poenja Opa--Tjamboek berdoeri 10:40, 6 November 2006 (UTC)

Oentoek Toean Ambarawa[sunting sumber]

toen merobah toelisan djoedoel toelisan Tjamboek Berdoerri di Harian Sin Tit Po, saja maoe tanja , sekiranja toean atawa siapa sadja temoekan toelisan aslinja dan ditjotjoken dengen jang ada di ini wik.... pasti beda masih oentoeng toan tida robah tanggalnja!!!!! saja sebenernja kebratan tapi rasanja tjape omong sama siansing disini soal bahasa.... makanja saja lebih soeka kaloe toelisan djangan dioebah tapi dipindah ke ...... tapi sajang saja tida dapet melakoekennja....

Kalau judul tidak disesuaikan kepada ejaan baru. Meursault2004 16:10, 20 Desember 2006 (UTC)

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Kwee Thiam Tjing that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 5 Oktober 2023 02.59 (UTC)[balas]