Pembicaraan:Himpunan Kimia Indonesia

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Bagian baru
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Komentar terbaru: 12 tahun yang lalu oleh Muhamad pada topik Himpunan Profesi Sains

Sebelum halaman Himpunan Kimia Indonesia (HKI) dimunculkan kembali dalam Wikipedia Indonesia, saya tampilkan di bawah ini komunikasi terkait penghapusan artikel tentang HKI di Wikipedia. Saya tidak tahu bagaimana memulihkan halaman yang dihapus tersebut, karena itu saya meminta bantuan editor Wikipedia yang menghapus halaman tsb. agar memulihkan kembali artikel tentang HKI itu.

Kepada rekan-rekan kimiawan, kalau Anda memiliki sumber sekunder yang menceritakan tentang HKI, tolong disampaikan lewat email ke hki[at]kimiawan.org. Kehadiran sumber sekunder yang menjelaskan HKI diperlukan sebagai justifikasi dibolehkannya artikel tentang HKI muncul di Wikipedia.

Salam, Muhamad (bicara) 10 November 2011 02.12 (UTC)Balas

Pertanyaan[sunting sumber]

Halo Albertus Aditya, mengapa halaman Himpunan Kimia Indonesia dihapus? Mohon penjelasannya.

Muhamad (bicara)

Menurut pendapat saya, artikel tersebut tidak memenuhi kebijakan kelayakan artikel mengenai organisasi. Salam. Albertus Aditya (bicara) 7 November 2011 09.38 (UTC)Balas

Penjelasan[sunting sumber]

Coba kita perhatikan kebijakan artikel mengenai organisasi yang kamu rujuk:

Organisasi
  • Cabang dari organisasi internasional atau nasional tidak layak untuk dibuatkan artikel tersendiri, kecuali apabila unsur kelayakan telah terpenuhi oleh pembahasan pada sumber sekunder.
  • Organisasi tingkat daerah tidak layak untuk dibuatkan artikel tersendiri, kecuali apabila unsur kelayakan telah terpenuhi oleh pembahasan pada sumber sekunder.

Perhatikan bahwa yang tidak boleh (atau tidak layak dibuatkan artikel tersendiri) adalah cabang dari organisasi nasional. Jadi, Himpunan Kimia Indonesia cabang Sumatera Utara, cabang Jawa Barat dan Banten, dan ke 15 cabang lainnya, tidak boleh membuat halaman tersendiri. Yang boleh adalah organisasi tingkat nasionalnya. Nah, halaman HKI (Himpunan Kimia Indonesia) yang kamu hapus adalah halaman organisasi di tingkat nasional, bukan tingkat cabang.

Hal ini diperkuat dengan kebijakan kedua di atas, yaitu organisasi tingkat daerah tidak layak untuk dibuatkan artikel tersendiri. Himpunan Kimia Indonesia memiliki berbagai cabang di tingkat daerah, tapi halaman yang dibuat (dan yang kamu hapus itu) bukanlah organisasi di tingkat daerah tsb.

Himpunan Kimia Indonesia adalah organisasi independen yang bukan merupakan cabang dari organisasi apa pun. Bahasa Inggrisnya adalah Indonesian Chemical Society, setara dengan Ameircan Chemical Society (ACS) di Amerika Serikat atau Royal Society of Chemistry (RSC) di Inggris. Untuk menunjukkan kesetaraan tsb., bisa diinformasikan bahwa ACS dan HKI telah membangun kerjasama sejak 2008, saat Dr. Nancy Jackson (President of the American Chemical Society 2010-2012) memimpin Workshop on Chemical Safety and Security di Denpasar, Bali, pada Agustus 2008, dan melakukan pembicaraan dengan pengurus Himpunan Kimia Indonesia.

Jadi, saya minta tolong ke Anda, untuk memulihkan halaman Himpunan Kimia Indonesia, karena saya sudah minta tolong ke beberapa kimiawan senior dari UGM, Unhas, UI, ITB, IPB, dll. untuk menuliskan sejarah HKI yang lahir sejak 27 Februari 1962. Beberapa dari mereka terheran-heran ketika membuka halaman tsb., yang ternyata telah dihapus. Organisasi kimiawan di Australia di Wikipedia berbahasa Inggris saja tidak dihapus, yaitu Royal Australian Chemical Institute, juga ACS di Amerika dan RSC di Inggris yang saya sebut di atas, yang masing-masingnya memiliki halaman tersendiri di Wikipedia. Kok organisasi kimiawan di Indonesia dihapus.

Mungkin Anda mengira, HKI adalah cabang dari IUPAC, International Union of Pure and Applied Chemistry. Bukan! Cabang dari IUPAC untuk wilayah Asia Tenggara ada di Bangkok. HKI memang merupakan "National Adhering Organization" of IUPAC, tapi ACS, RSC, RACI, dan berbagai chemical society dari berbagai negara juga merupakan "National Adhering Organization" of IUPAC. Berbagai chemical society ini tidak dihapus halaman artikelnya di Wikipedia, cuma karena bergabung menjadi supporting organizations of IUPAC.

Agar Anda lebih mengenal HKI, silakan lihat halaman-halaman milik HKI seperti Our Reference of Achievements, Pustaka Kimia Indonesia, Forum Kimiawan, Glosarium Kimia atau homepage HKI sendiri. Bisa dilihat pula homepage HKI Cabang Yogya di sini. Nah, untuk Anda fahami, HKI Cabang Yogya inilah yang sebetulnya tidak boleh membuat halaman di Wikipedia, menurut kebijakan yang Anda rujuk di atas.

Terima kasih sebelumnya.

Muhamad (bicara) 8 November 2011 01.10 (UTC)Balas

Balasan[sunting sumber]

Sebelum merujuk kepada kriteria khusus organisasi, saya rasa perlu dilihat juga kriteria umum untuk organisasi dan/atau perusahaan.

Hasil pencarian saya menggunakan mesin pencari tidak menemukan hal yang memenuhi kelayakan sebagaimana termaktub dalam kebijakan tersebut.

Sehingga, mohon disampaikan jika ada sumber sekunder yang telah membahas organisasi tersebut. Salam. Albertus Aditya (bicara) 8 November 2011 08.09 (UTC)Balas

Sumber Primer[sunting sumber]

Tentu saja sumber sekunder yang pernah mengabarkan HKI atau peran HKI sangat banyak. Kalau cuma koran, sejak kelahirannya HKI sudah muncul di koran nasional lebih dari 100 kali. Mantan Ketua MPR, Prof. Achmad Amirruddin, pernah menjadi Ketua Umum HKI sebelum dan saat beliau menjabat Ketua MPR, dan berita tentang hal ini termuat di koran nasional. Sebagai tambahan, saat peluncuran International Year of Chemistry 2011 pada Maret 2011 di Kementerian Perindustrian, dimana Ketua Umum HKI memberi sambutan sebelum pembukaan oleh Menteri Perindustrian, beritanya muncul di berbagai koran. Wawancara dengan Ketua Umum HKI saat acara tsb. muncul di salah satu majalah, rasanya majalah Bisnis Indonesia. Sebagai contoh lain, acara "Road to Nobel Prize" yang diselenggarakan HKI di Kementerian Ristek pada Agustus 2011, bekerja sama dengan IA-ITB dan Kemenristek, saat HKI mengundang pemenang nobel Kimia 1988, Prof. Robert Huber, diberitakan di Kompas. Juga berita di beberapa koran tentang Anugerah Guru Kimia Teladan, yang diselenggarakan atas kerjasama Himpunan Kimia Indonesia dengan Penerbit Erlangga, yang puncaknya di TMII pada 12 November 2011. Silakan search Anugerah Guru Kimia Teladan di Google.

Daftar berita yang memuat Himpunan Kimia Indonesia bisa diperpanjang:

  • Indonesia Chemistry Research-Grant Competition yang diselenggarakan HKI atas kerjasama dengan US Department of State dan US-CRDF Global pada 2010;
  • Grant Writing Training untuk 183 kimiawan Indonesia di Bandung, Malang, dan Balikpapan pada 2011 yang diselenggarakan HKI dengan 3 orang trainers dari USA,
  • Workshop on Chemical Safety and Security pada Agustus 2009 yang diselenggarakan atas kerjasama HKI dan Sandia National Laboratories (US) di LIPI Jakarta dan Universitas Lampung (lihat Koran Tempo dan Lampung Post), dll.

Tentu saya tahu, bahwa artikel di Wikipedia memerlukan rujukan ke a.l. sumber-sumber sekunder. Kegagalan pencarian di Google tidak berarti HKI tidak pernah muncul, tapi lebih disebabkan oleh koran-koran Indonesia yang tidak menghadirkan edisi-edisi lamanya di Internet. Dan disebabkan pula oleh ketidaktahuan Anda terhadap HKI sebagai organisasi profesi terkemuka di Indonesia. Tentu saja kemunculan HKI di koran tidak akan sesering organisasi nasional sepakbola seperti PSSI. Menurut saya, beberapa himpunan profesi yang telah berperan banyak untuk pengembangan sains di Indonesia, seharusnya layak muncul di Wikipedia Indonesia, seperti HFI (Himpunan Fisika Indonesia), HAI (Himpunan Astronomi Indonesia), KOBI (Konsorsium Biologiwan Indonesia), IndoMS (Indonesian Mathematical Society), sama seperti himpunan serupa di negara lain, yang artikelnya muncul di Wikipedia bahasa ybs.

HKI muncul pula di sumber primer, yaitu Journal of Safety and Health (jadi: dalam satu artikel ilmiah di jurnal ilmiah), yang menceritakan peran HKI dalam beberapa tahun terakhir dalam mempromosikan keamanan dan keselamatan kimia di Indonesia. Artikel itu ditulis oleh Elizabeth E. Cameron (US Department of State), Nancy Jackson (peneliti Sandia National Laboratories yang saat ini juga menjadi President of American Chemical Society), Carson Kuo dan Pauline Ho. Bahkan Himpunan Kimia Indonesia diceritakan perannya dalam buku Promoting Chemical Laboratory Safety and Security in Developing Countries yang diterbitkan oleh National Academy of Sciences, Amerika Serikat, pada tahun 2010. HKI pernah pula muncul di Chemical and Engineering News, rasanya edisi Februari 2011, yang menceritakan perangko Tahun Kimia Internasional 2011 yang diterbitkan oleh HKI bekerja sama dengan PT Pos. Disebutkan di situ beberapa negara yang sudah menerbitkan perangko IYC-2011 tahun ini. Jadi, dalam artikel itu HKI disebut bersama dengan chemical society di beberapa negara lain sebagai yang pertama menerbitkan perangko International Year of Chemistry 2011, sebelum negara-negara lain seperti Jepang, Inggris, dll. yang disebutkan akan menerbitkan perangko IYC-2011 juga later this year.

Kalau artikel yang Anda hapus itu belum menuliskan daftar rujukan atau reference, hal itu wajar untuk suatu artikel rintisan. Bahkan Ikatan Dokter Indonesia, yang juga himpunan profesi nasional di Indonesia seperti HKI, sudah termuat artikelnya di Wikipedia Indonesia tanpa ada daftar rujukan sama sekali. Tentu, dengan berjalannya waktu, rekan-rekan kimiawan akan menyempurnakan artikel HKI tsb., dilengkapi pula dengan rujukan-rujukan primer dan sekunder yang relevan.

Coba Anda cari di Google sumber-sumber sekunder yang bercerita tentang Chemical Society of Japan. Mungkin Anda akan menyimpulkan serupa dengan kesimpulan Anda tentang HKI: tidak ada sumber sekunder yang bercerita tentang CSJ. Tapi CSJ muncul di Wikipedia berbahasa Inggris. Coba lakukan pengecekan yang sama terhadap Chemical Society of Peru yang tidak bisa Anda temukan sumber sekundernya yang bercerita tentang himpunan ini, tapi termuat artikelnya di Wikipedia Berbahasa Inggris, walau belum memuat reference yang cukup. Daftar chemical society negara-negara lain yang ada di Wikipedia bisa saya perpanjang di sini.

Berdasarkan hal di atas, sekali lagi saya meminta Anda memulihkan halaman tersebut. Menurut pendapat saya, argumentasi dan justifikasi untuk kemunculan HKI di Wikipedia sudah cukup kuat.

Muhamad (bicara) 9 November 2011 10.28 (UTC)Balas

Himpunan Profesi Sains[sunting sumber]

Rekam-jejak Himpunan Profesi Sains di Wikipedia[sunting sumber]

Mengapa rekam-jejak peran himpunan-himpunan profesi sains di Indonesia perlu ditampilkan di Wikipedia? Alasan paling sederhana adalah himpunan profesi ini telah menunjukkan perannya di Indonesia dalam rentang yang cukup lama. Untuk Himpunan Kimia Indonesia (HKI), tahun 2012 adalah golden anniversary-nya yaitu perayaan 50 tahun berdirinya HKI.

Di samping itu, kita mengetahui bahwa pertumbuhan sains di suatu negara, antara lain ditentukan oleh kekuatan peran yang dijalankan oleh himpunan profesi sains. Sebagai contoh, di negara maju, akselerasi pertumbuhan sains di negara tsb. dipelihara a.l. oleh himpunan profesi sains, yang memelihara jurnal ilmiah di berbagai bidang sains, menyelenggarakan national conference yang teratur, hingga menetapkan standar untuk pendidikan sains di sekolah menengah hingga perguruan tinggi. Karena pentingnya peran sains bagi peningkatan kualitas kehidupan, maka peran yang telah dijalankan oleh himpunan profesi sains perlu pula diangkat, untuk mendorong kebaikan-kebaikan yang diperoleh dari peningkatan kualitas kehidupan tsb.

Di Indonesia, pada satu sisi peran himpunan profesi sains belumlah sekuat di negara maju seperti Inggris dan Amerika Serikat, tetapi di sisi yang lain, tetaplah harus diakui bahwa himpunan profesi tsb. telah menunjukkan perannya yang cukup kuat dalam menentukan kemajuan sains di Indonesia. Peran ini telah banyak diungkapkan dalam berbagai sumber sekunder, walaupun tidak terlalu mudah mencari sumber sekunder ini, karena beberapa alasan:

  1. Jumlah ilmuwan di Indonesia amatlah sedikit terhadap jumlah seluruh penduduk dibandingkan dengan negara lain, bukan hanya terhadap negara maju, tapi juga terhadap Singapura, Malaysia, Korea, India, dll. Akibatnya, perannya, termasuk peran himpunan profesinya, tidak bergaung cukup kuat di masyarakat.
  2. Perhatian terhadap pentingnya sains bagi kemajuan bangsa, bagi penguatan daya saingnya, maupun untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah bersama, masih amat rendah di Indonesia. Dengan demikian, media tidak terlalu tertarik memberitakan kegiatan himpunan profesi sains. Berita tentang olahraga, selebritas, dll., jauh lebih menarik bagi media nasional.
  3. Masih amat sedikit media cetak di Indonesia yang menampilkan edisi-edisi lamanya di Internet. Dengan demikian, sumber-sumber sekunder tentang himpunan profesi sains dalam edisi lama media-media tsb. sulit untuk ditemukan.

Tampilnya artikel Wikipedia tentang himpunan profesi sains bisa membantu memelihara informasi tentang peran himpunan tsb. selama ini. Apalagi jika kita memperhatikan tidak mudah menemukan narasi tentang peran Himpunan Kimia Indonesia, misalnya, di Journal of Safety and Health atau di buku terbitan National Academy of Sciences, seperti telah dijelaskan di atas. Artikel di jurnal ilmiah biasanya bersifat tertutup, dan hanya bisa diakses oleh komunitas ilmiah yang terbatas. Melalui Wikipedia, kita bisa membuka dan memelihara informasi tsb., dan membagi informasi itu pada komunitas ilmiah maupun masyarakat yang lebih luas.

Memang bisa dinyatakan bahwa informasi tentang HKI bisa disampaikan lewat homepage HKI sendiri. Tapi, informasi di homepage HKI akan didominasi oleh sudut pandang pengurus HKI, padahal untuk kepentingan Indonesia, kita memerlukan informasi yang lebih obyektif dari berbagai kalangan yang dianggap mengetahui HKI dan memiliki sumber-sumber sekunder yang bercerita tentang HKI. Informasi itu akan berguna tidak hanya bagi pengurus HKI untuk melihat peran yang telah dijalankannya secara lebih utuh, tetapi juga bagi kalangan yang lebih luas. Sebagai contoh, informasi itu akan sangat berguna sebagai masukan bagi perumusan kebijakan pengembangan sains di Indonesia.

Sebagai ilustrasi kecil, pengurus HKI bahkan tidak tahu bahwa peran HKI pernah diceritakan dalam buku Promoting Chemical Laboratory Safety and Security in Developing Countries yang diterbitkan oleh National Academy of Sciences, Amerika Serikat, pada tahun 2010. Mengapa informasi penting ini, dan berbagai informasi lain, tidak diangkat melalui satu artikel tentang HKI di Wikipedia Indonesia?

Jas Merah: Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah[sunting sumber]

Rekam-jejak lembaga atau organisasi yang telah menunjukkan perannya yang kuat di Indonesia, perlu dipelihara, antara lain di Wikipedia. Rekam-jejak ini diperlukan agar pengurus berikut atau masyarakat generasi berikut tidak selalu memulai segala sesuatu dari nol. Kita bisa selalu berkaca dan belajar dari sejarah. Do not reinvent the wheel!

Salah satu sejarah Himpunan Kimia Indonesia yang saat ini hilang, dan perlu direbut kembali adalah komunikasi yang kuat antara sains kimia dan terapan kimia. Pada masa kepemimpinan Dr. Muhammad Wirahadikusumah (alm.), pengurus HKI tidak hanya mereka yang latar belakangnya sains kimia, tetapi juga teknik kimia, farmasi, dll. Komunikasi yang kuat antar mereka yang berlatar belakang sains kimia, terapan kimia, dan pendidikan kimia akan sangat bermanfaat bagi kemajuan Indonesia.

Sebagai contoh lain, di masa lalu seminar nasional HKI dilakukan secara teratur setiap tahun, berpindah-pindah dari satu propinsi ke propinsi yang lain. Pada awal 1990-an, seminar ini tidak lagi diselenggarakan secara teratur, bahkan bisa dikatakan berhenti sama sekali. Pada awal 2000-an, seminar ini digantikan oleh semacam semiloka yang membahas suatu topik yang khusus, dan tidak lagi berupa sarana untuk berbagi penelitian mutakhir yang dilakukan komunitas kimiawan di Indonesia.

Contoh pertama, yaitu komunikasi yang kuat antar bidang-bidang yang berkaitan dengan kimia – seperti disebutkan di atas – harus kita rebut kembali. Untuk contoh yang kedua, pada tahun 2002, dimulai oleh HKI Cabang Jawa Barat dan Banten, dicoba dimulai seminar tahunan yang teratur. HKI berhasil menghidupkan kembali seminar nasionalnya pada 2002 di UPI, Bandung, dan pada 2003 di Universitas Negeri Malang. Pada tahun 2004 dan 2005, seminar nasional HKI terhenti kembali. Begitulah, kalau hal-hal baik tidak dipelihara, sulit untuk bangkit kembali. Setahun kemudian, mulailah seminar nasional HKI berhasil dibangkitkan kembali, 2006 di IPB Bogor, 2007 di UI Depok, 2008 di Unud, Denpasar, 2009 di LIPI, Jakarta, 2010 di Unhas, Makassar, 2011 di UR, Pekanbaru.

Mulai 2012, Seminar Nasional HKI (SNHKI) diubah menjadi International Conference of the Indonesian Chemical Society (ICICS-2012), yang akan diselenggarakan di Malang, Jawa Timur, pada 4-5 September 2011. Bersamaan dengan ICICS-2012, HKI menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah Executive Committee Meeting of the Federation of Asian Chemical Societies (FACS), tepatnya pada 3 September 2012. Hingga SNHKI-2011 di Pekanbaru, kita telah menetapkan tempat seminar 3 tahun ke depan: 2012 Malang, 2013 Kaliurang, Yogyakarta, dan 2014 Ambon, Maluku.

Lewat Wikipedia, kita bisa mencatat informasi sejarah penting, sehingga kita bisa selalu mempertahankan hal-hal baik, dan membuat terobosan untuk menghasilkan hal-hal baru yang lebih baik lagi.

Muhamad (bicara) 10 November 2011 02.53 (UTC)Balas