Pembicaraan:Fondue

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Bagian baru
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Komentar terbaru: 10 tahun yang lalu oleh Midori pada topik Pengurangan bagian artikel
Mantan AP Artikel ini adalah mantan calon artikel pilihan. Silakan lihat halaman penilaiannya untuk mengetahui mengapa pengusulannya gagal.

Artikel bagus ! Saya nominasikan jadi AP.. ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 10:55, 28 Mei 2010 (UTC)

Daftar pranala merah[sunting sumber]

  1. Jean Anthelme Brillat-Savarin
  2. Belley
  3. Madot
  4. Walliser Bergkase
  5. Truffle
  6. Risotto
  7. Polenta

·· Kℇℕ℟ℑℂK () 10:55, 28 Mei 2010 (UTC)

Tak akurat[sunting sumber]

(Disalin verbatim dari Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Fondue. sentausa (bicara) 22 Juni 2012 07.49 (UTC)):Balas

Kalau menurut definisi, fondue adalah suatu hidangan yang dinikmati dengan cara mencelupkan potongan makanan ke dalam cairan yang dipanaskan di satu panci. Maka "fondue kaldu"(?) di Asia disebut hot pot, firepot, atau steamboat. Bukankah ini sama saja dengan menyamakan gado-gado dengan salad? Rendang dengan red beans and rice. Alasannya? rasanya hampir sama.
Memang benar artikel ini mengutip dari buku "The Everything Fondue Cookbook." Tapi itu buku resep. Bisa saja buku resep masakan Jawa memasukkan resep masakan Tana Toraja karena penulisnya pernah buka rumah makan di Sulawesi.
"Yakiniku merupakan hidangan fondue minyak namun proses memasaknya adalah dengan memanggang bukannya menggoreng." Apakah ada yakiniku yang dicelupkan ke minyak? Bukankah artikel ini pantasnya diberi tag tidak akurat? Midori (bicara) 21 Juni 2012 11.31 (UTC)Balas

Saya rasa bisa dimulai dengan menspesifikkan definisi dalam paragraf pembuka yang terlalu luas. Kalau ditulis cairan kayaknya bisa mengacu ke apa saja. Memasukkan potongan ikan ke spiritus juga akan dianggap sebagai fondue selama spiritus itu dipanaskan ke dalam satu panci. Akan coba saya sempitkan.  Mimihitam  22 Juni 2012 08.12 (UTC)Balas

Halo, maaf jadi merepotkan banyak orang... Bagaimana kalau artikel ini dipersempit dengan tidak menjadikan fondue kaldu sebagai tajuk. Rujukan fondue kaldu juga diambil dari buku berjudul "Fondues and Hot Pots" (Slack, Susan Fuller). Jadi, penulis buku itu membedakan hot pot dengan fondue.
Lalu, bagian 5.4. Meksiko dan 5.5. Jepang mungkin cukup dibahas sambil lalu saja. Penjelasannya di sudah ada di entri lain.
"Queso Fundido adalah makanan Meksiko yang sering dibandingkan dengan fondue keju. Makanan ini sering dihidangkan di pesta-pesta dan di rumah makan sebagai hidangan pembuka."
"Di dalam buku resep yang membahas tentang fondue, Chinese Hotpot, Korean Hot Pot, Mongolian Hot Pot, shabu-shabu, sukiyaki, dan yakiniku juga dimasukkan sebagai fondue." Midori (bicara) 22 Juni 2012 11.41 (UTC)Balas

Pengurangan bagian artikel[sunting sumber]

Artikel ini sepertinya ditulis dengan sumber yang dipertanyakan. Mungkin tidak perlu berpanjang-panjang hingga fondue kaldu di Asia dan sukiyaki. Kalau Anda tidak keberatan, bagaimana kalau bagian tersebut dihapus saja?

Menurut Larousse Gastronomique: The encyclopedia of food, wine and cooking

FONDUE - This name applies to a number of different dishes. For instance, it is the name for a kind of cheese sauce which originally came from Switzerland. The recipe for this follows under Cheese fondue I.

Under the same name--though quite unjustifiably--goes a dish of scrambled eggs with cheese of which an original recipe can be found in Brillat-Savarin's Physiologie du Goat. See Cheese foundue II.

Certain vegetables preparations are also called fondue. The vegetables in question are cooked for a very long time in butter or lard or oil until they are reduced to pulp, i.e. become fondues. Different vegetable fondues can be used as constituent elements in a great many dishes.

Midori (bicara) 7 Januari 2014 13.18 (UTC)Balas