Pembicaraan:Dataran tinggi

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Apa bedanya dengan artikel ini ya? Reindra (bicara) 14:58, 9 November 2009 (UTC)

Sesuai namanya, dataran tinggi adalah dataran (high plain), sedangkan highland adalah tempat berelevasi tinggi, entah berbukit-bukit atau dataran (plateau). Apa bahasa Indonesianya highland? Sptnya "kawasan pegunungan". Apa betul definisi plateau >200m dpl? Setahu saya >500m dpl. Antara keduanya disebut "dataran menengah", terutama ini dipakai sbg definisi utk kepentingan studi bioma. Kembangraps (bicara) 08:40, 10 November 2009 (UTC)

Saya belum berani menerjemahkan artikel tentang geografi (bukan political/administrative division, seperti yang beberapa orang menganggapnya sama saja sebagai geografi). Saya menemukan satu kasus, ketika saya mengeklik en:Western_Highlands ternyata itu halaman disambiguasi untuk en:Western_Highlands_Province (sebuah provinsi di negara PNG) dan en:Western_High_Plateau. Western_High_Plateau itu sendiri disinonimkan dengan Western Highlands atau Bamenda Grassfields suatu wilayah di Kamerun. Saya mencoba menerjemahkan provinsi-provinsi di Papua Nugini dengan merapikan dulu templat navigasinya, tapi ada beberapa provinsi yang mengandung kata highlands. Kalau saja highland diterjemahkan menjadi "kawasan pegunungan", maka bagaimana dengan highlands apakah sama saja? Sementara ini saya menerjemahkannya sebagai "pegunungan" saja, menggantikan terjemahan sebelumnya "dataran tinggi". Masalahnya kalau dibiarkan tidak diterjemahkan, rasanya akan tidak adil, mengingat suatu kawasan yang biasa disebut Dataran Tinggi Golan ternyata ada artikelnya di wikipedia bahasa Inggris, yaitu en:Golan Heights. Buat saya istilah-istilah itu masih membingungkan. Trims Reindra (bicara) 09:21, 10 November 2009 (UTC)

Sekedar "ngetes": apa terjemahan Kabupaten Pegunungan Bintang dalam bahasa Inggris? Tepatkah "Bintang Mountain Regency" ? Me thinks not. Tentang Golan, yakinkah kita si wartawan (pasti yg kasih nama DTT Golan wartawan, bukan geographers) sudah tepat menamakannya, pdhal dijelaskan di artikel "plateau and mountaneous region" ? Saya juga bukan pakar geografi, jd gak mau terlalu jauh bicara juga. Tentang pembedaan artikel objek geografi dan objek administrasi, saya juga sependapat: Pulau Bali tidak sama dengan Provinsi Bali. Kembangraps (bicara) 18:01, 17 November 2009 (UTC)

Saya sendiri sama sekali tidak tahu bagaimana kondisi rupa bumi asli Kabupaten Pegunungan Bintang, apakah dataran di ketinggian atau memang bergunung-gunung, berkemiringan yang ekstrem dan variatif atau bagaimana. Mungkin bisa saja "Pegunungan Bintang" itu diterjemahkan sebagai "Bintang Highlands", "Bintang Heights", atau "Bintang Mountains", lalu diikuti dengan "Regency". Benar, mungkin alasan yang dapat dikompromikan adalah karena kebetulan saja saat ini di Pulau Bali (masih) hanya ada satu provinsi dengan nama yang sama: Bali. Faktanya Provinsi Bali memiliki pulau selain Pulau Bali, katakanlah "Nusa Penida". Kasus pembandingnya adalah Provinsi Papua dan Pulau Papua, yang kebetulan di Pulau Papua ada banyak entitas provinsi, bahkan dua negara. Reindra (bicara) 20:49, 17 November 2009 (UTC)

Tentang Papua, benar nama resminya Pulau Papua, bukan Pulau Irian? Penulis bhs Inggris lebih "waspada", mereka pakai Highlands supaya tidak terjerumus dengan perbukitan/dataran. :) Btw, saya pernah baca penggunaan "tanah tinggi", tapi ini memang tidak populer. Kembangraps (bicara) 21:27, 17 November 2009 (UTC)

Sekurang-kurangnya menurut http://www.penataanruang.net/taru/hukum/Raperpres/RTR_Papua_110106/Lamp_II_Raperpres_RTR_Papua_110106.pdf Entahlah kalau sudah diubah lagi. RRI Jayapura dan RRI Manokwari sering menyebutnya Tanah Papua. Reindra (bicara) 21:53, 17 November 2009 (UTC)

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Dataran tinggi that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 30 Oktober 2023 18.31 (UTC)[balas]