Pembicaraan:Daftar tokoh Papua

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Bagian baru
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Komentar terbaru: 6 bulan yang lalu oleh InternetArchiveBot pada topik External links found that need fixing (Oktober 2023)
ProyekWiki Daftar (Dinilai kelas List)
Ikon ProyekWikiHalaman ini artikel merupakan bagian dari ProyekWiki Daftar, upaya untuk menyusun dan mengatur semua daftar halaman di Wikipedia. Jika Anda ingin membantu, silakan kunjungi halaman proyek, di mana Anda dapat bergabung dengan proyek dan/atau berkontribusi pada diskusi.
 Daftar  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas daftar pada skala kualitas proyek.
 

Ali Mochtar Ngabalin[sunting sumber]

Ayahnya: Hasan Basry Ngabalin, orang Maluku Ibunya: Siti Maimunah Pauspaus, marga OAP bisa pula keturunan Sulawesi, Buton.

Pertama artikel ini berjudul Daftar tokoh orang Papua bukan OAP.

Bila artikel ini berdasarkan keturunan genetis Papua, Ali Moctar tetap memenuhi standar ini karena mewarisi dari ibunya yang merupakan OAP keturunan keluarga Petuanan Arguni.

Berikut ini kutipan UU 21/2001 tentang Otonomi Khusus Papua yang menjelaskan definisi orang asli Papua:

t. Orang Asli Papua adalah orang yang berasal dari rumpun ras Melanesia yang terdiri dari suku-suku asli di Provinsi Papua dan/atau orang yang diterima dan diakui sebagai orang asli Papua oleh masyarakat adat Papua;

u. Penduduk Provinsi Papua, yang selanjutnya disebut Penduduk, adalah semua orang yang menurut ketentuan yang berlaku terdaftar dan bertempat tinggal di Provinsi Papua.

Melalu definisi pertama sudah terpenuhi, Ali Mochtar ngabalin adalah OAP.

Yang tidak mengakui itu Natalius Pigai, karena hanya menganggap ayahnya Hasan Basry sebagai orang Maluku yg besar di Papua. Selain itu yang tersirat, Ali Mochtar itu tidak 'berpenampilan' seperti orang papua dengan sorban (muslim) dan kulit lebih terang, atau lebih lanjutnya Ali Mochtar bukan 'darah papua murni'. Rasisme Pigai ini cukup umum dari orang gunung papua terhadap orang pantai papua.

Seperti yg dijelaskan lewat UU tidak ad preferensi laki-laki atau perempuan. Kalaupun Hasan Basry bukan orang papua, status OAP tetap diwarisi oleh ibunya, yang kalaupun berdasarkan rasime yg sudah dijelaskan sebelumnya bukan OAP, tetap diakui karena masyarakat adat papua khususnya Bomberai (itulah mengapa Raja Kumisi kaimana menjelaskan) mengakui Ali Mochtar adalah orang (asli) Papua.

Saya undang untuk berikan penjelasan lebih lanjut. 111.220.69.27 22 Mei 2022 17.02 (UTC)Balas

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Daftar tokoh Papua that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 30 Oktober 2023 11.41 (UTC)Balas