Pembicaraan:Daftar suku bangsa di Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

.[sunting | sunting sumber]

DALAM SENSUS PENDUDUK YANG DILAKUKAN OLEH BPS telah mencakup suku suku di Indonesia terdiri dari 224 suku.

Menurut berbagai literature menyebutkan bahwa suku suku di Indonesia berjumlah 700, ada yang menyebutkan 500, ada juga yang menyebitkan 300 dll.


semua angka itu benar karena cakupan sensus juga belum semua terutama di daerah pedalaman.

Dr. suparman

Bagus![sunting | sunting sumber]

Bagus sekali masukan dari Dr Suparman (?), mungkin kita bisa memasukkan data-data dari BPS. Ada yang punya? kandar 03:21, 19 Apr 2005 (UTC)


Usul[sunting | sunting sumber]

Saya punya usul bagaimana kalau kita hilangkan dikotomi penduduk pribumi dan non-pribumi di negara Indonesia. Bagaimanapun saya rasa sudah waktunya kita meninggalkan politik segregasi warisan kolonial ini. Rinto 05:43, 29 Jun 2005 (UTC)

Saya sendiri tidak masalah, apalagi dari segi ideologis saya juga mendukung untuk menghapuskan dikotomi ini meski masih disebut-sebut dalam buku-buku antropologi. Namun ada hal-hal praktis yang harus dipikirkan, yaitu bagaimana mengklasifikasikannya, apakah dicampur saja? Saya mengambil contoh di mantan Uni Soviet. Di sana dibedakan antara suku apa yang disebut "pribumi" dan "non-pribumi" itu. Sebuah suku pribumi memiliki "tanah" sedangkan suku non-pribumi tidak. Tapi akhirnya mereka diberi daerah pula. Misalkan orang Jerman memiliki republik di Volga dan orang Yahudi di Birobidzhan.

Anyway, klasifikasinya akan saya rubah. Meursault2004 12:04, 29 Jun 2005 (UTC)

Usul Lagi[sunting | sunting sumber]

Gimana kalo nama artikel ini di ubah jadi 'Daftar suku-suku di Indonesia' jadi biar lebih jelas suatu artikel ini isinya daftar atau memang ada artikelnya. Kalo nama artikel ini mau di pertahankan, bagaimana kalo isinya juga ditambahkan misal sejarah asal suku-suku di Indonesia ini asalnya dari mana, dst... sekedar usul lho. Alvi198 07:25, 7 September 2005 (UTC)

Sudah saya pindah. Meursault2004 10:46, 7 September 2005 (UTC)

Melengkapi[sunting | sunting sumber]

Untuk menambah daftar suku, mungkin bisa sunting dari http://www.sabda.org/misi/suku.php.

Tanpa mengurangi rasa hormat, saya tidak tahu apakah situs web ini bisa dipercaya tidak (no offense lho). Tapi situs ini merupakan situs dakwah. Meursault2004 14:10, 21 Januari 2006 (UTC)

sekedar tambahan, suku di kaltim kok cm yang dari selatan aza disebutkan, ada jga dayak lain yang ada di utara, misalnya lundaya yg berdiam di kecamatan krayan nunukan, dayak agabag di daerah sebuku dan lumbis nunukan, jg dayak brusu yg ada di sekatak atau pimping kabupaten bulungan

Suku dayak sudah dipecah jadi banyak subsuku, kemungkinan demikian juga di suku lainnya meskipun batasannya bisa berbeda-beda. Dayak & Papua bisa terpecah-pecah krn geografis, pernah dpt info juga bahwa Madura & Banjar terpisah-pisah krn geografis saja dan yg tahu adalah mereka yg tua-tua dari masing2 suku. Indonesia memang unik. Sanko (bicara) 22:53, 9 April 2011 (UTC)

sungguh berguna[sunting | sunting sumber]

sungguh berguna sekali wikipedia berbicara ttg suku2 yg berdiam di indonesia. kenapa? karena dari website inilah saya mendapatkan bahan2 utk saya masukkan ke mading kelas saya yg bertajuk wawasan nusantara

Syukurlah kalau begitu! Meursault2004 14:07, 21 Januari 2006 (UTC)

Penggantian struktur[sunting | sunting sumber]

Artikel ini mau saya rubah dan suku-sukubangsa dikelompokkan per pulau atau kepulauan. Bagaimana pendapat pengguna lain? Meursault2004 11:32, 28 Januari 2006 (UTC)

Dibuat terpisah saja, mungkin di bawahnya atau artikel baru. Soalnya format sesuai abjab seperti ini juga cukup berguna (gampang mencarinya kalau tidak tahu pulau asal suku tsb). Hayabusa future 12:57, 28 Januari 2006 (UTC)

Baru nemu artikel ini. Format sesuai abjad paling bagus, cuma kok pakai dikelompokkan segala (spt di Papua, kan tidak ada 'suku Papua'. Dari segi ras memang serupa, tetapi berdasarkan budaya dan bahasa mereka terpisah-pisah. Suku/etnis di Indonesia dasarnya apa ya, bahasa, adat-istiadat, atau lainnya? Saya juga lihat suku Minang dipecah lagi. Itu apa bukan 'klan'/puak? Om Meursault sptnya bisa mulai dari suku berdasarkan bahasa dulu, lalu adat-istiadat, lalu ras. Atau penggunaan data dari BPS juga bisa dipakai. Trims atas perhatiannya. Saya juga tambah beberapa suku. Kembangraps 16:20, 16 Agustus 2006 (UTC)

Suku Minang[sunting | sunting sumber]

Komentar sedikit tentang Suku Minang, ya?. Saya setuju sekali dengan komentar Bung Kembangraps diatas mengenai hal tersebut. IMHO, istilah "suku" di masyarakat Minang lebih tepat untuk disamakan dengan istilah "marga" di masyarakat Batak dan "fam" di masyarakat Minahasa. "Suku-suku" Sikumbang, Bodi, Chaniago, Koto, Piliang, dll semuanya bicara dalam bahasa dan budaya Minangkabau yang relatif sama. Hampir semua punya daerah sebaran (rantau) dan saling berkelompok membentuk "nagari" di berbagai tempat. Perbedaan dialek bahasa yang terjadi cenderung karena kelompok daerah (dialek kota Padang, dialek Batusangkar, dialek Lintau, dialek Maninjau, dll) bukan "suku". Salam, Naval Scene 05:51, 14 Oktober 2006 (UTC)

Setuju. Saya menghapus suku Sikumbang dan suku Chaniago dari daftar ini. Keduanya bukan suku dalam pengertian ethnic group. --Gombang 12:23, 8 Desember 2006 (UTC)

Sumber[sunting | sunting sumber]

Saya tambah 1 sumber lagi:

__________________________

Sedikit ada unsur theologisnya, tapi lumayan lengkap. Terimakasih untuk share-nya.

Yofan Pratama P (bicara) 16:58, 19 Mei 2011 (UTC)

Suku bangsa berbeda dengan Ras[sunting | sunting sumber]

Artikel menarik. Semoga akurat dengan referensi yang baik, seperti mungkin dari BPS. Menurut saya, salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang Indonesia adalah menganggap suku bangsa atau grup etnis itu sebagai ras, padahal berbeda. Suku bangsa atau grup etnis (ethnic group) adalah pengelompokan komunitas lebih berdasarkan persamaan adat-istiadat, budaya, dan bahasa. Sedangkan ras adalah pengelompokan komunitas lebih berdasarkan ciri fisik. Jadi keduanya menurut saya benar-benar sangat berbeda.


Contoh: Di Indonesia menurut BPS ada sekitar 224 suku bangsa (sedangkan menurut National Geographic ada sekitar 400 suku bangsa, dan menurut Joshua Project ada sekitar 783 suku bangsa).


Tetapi di Indonesia, dari yang saya baca, hanya terdapat 2 sub-ras asli (dari 2 ras besar), yaitu ras Melayu (mendiami wilayah Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi) dan ras Melanesia (wilayah Papua dan Maluku).


Jadi menurut saya, penggolongan suku bangsa (yang berdasarkan adat-istiadat, budaya, dan bahasa) itu bukan rasis, dan berbeda sangat jauh dengan penggolongan ras (yang lebih berdasarkan ciri fisik) yang lebih besar. Penggolongan suku bangsa menurut saya malah lebih penting karena suku bangsa adalah identitas bangsa kita.

Contoh kenapa saya pikir suku bangsa dan ras itu dua hal yang berbeda:

Orang Sunda dengan orang Jawa menurut saya, secara fisik hampir tidak ada bedanya, jika dua orang dari dua suku bangsa ini diberi pakaian yang sama, diminta diam, dan orang-orang disuruh menebak mana yang orang Sunda dan mana yang orang Jawa, pasti tidak bisa dibedakan. Yang membuat orang Sunda berbeda dengan orang Jawa hanyalah diadat-istiadat, budaya, dan bahasa. Ketika keduanya diminta berbicara, baru ketahuan yang mana orang Sunda dan yang mana orang Jawa. Begitu juga dengan suku bangsa yang lain. Ada yang tau perbedaan fisik orang Batak Karo dengan orang Batak Toba? Atau ada yang tau perbedaan fisik orang Dayak Ngaju dengan orang Aceh? Tidak ada setau saya. Apakah orang bisa tau perbedaan orang Dani dengan orang Asmat? Tidak bisa dibedakan menurut saya. Karena itu tadi, penggolongan suku bangsa atau grup etnis (ethnic group) itu lebih berdasarkan adat-istiadat, budaya, dan bahasa. Perbedaan mereka hanya diadat-istiadat, budaya, dan bahasa, bukan diciri fisik atau penampilan fisik seperti ketika penggolongan ras. Saya tinggal dikota Jogja, dimana menurut saya, disini hampir semua suku bangsa di Indonesia ada dan tinggal berdampingan, dan teman-teman dekat saya berasal dari berbagai suku bangsa diatas. Teman-teman saya ada yang orang Aceh, orang Sunda, orang Jawa, orang Betawi, orang Banjar, orang Jambi, orang Melayu, orang Bali, orang Sasak, orang Makassar, orang Batak Toba, orang Batak Karo, orang Padang, dan banyak lainnya. Saya pernah bertemu dengan hampir semua suku bangsa diatas dan menurut saya, secara fisik saya tidak bisa membedakannya mereka dari suku bangsa mana, kecuali dari bahasa lokal mereka yang berbeda, atau dari cara berbicara Bahasa Indonesia dengan dialek lokal mereka.

Tetapi ini hanya pendapat pribadi saya, dan saya juga bukan seorang antropologist, saya hanya seseorang yang sangat mencintai kebudayaan-kebudayaan asli Indonesia yang sangat-sangat beragam (+400 ethnic groups with more than 700 local languages in 17,500 islands) dan berharap artikel ini bisa menambah wawasan kebangsaan kita sesuai moto nasional kita: Bhinneka Tunggal Ika.

Suku Bangka? Suku Papua?[sunting | sunting sumber]

Apakah nama suku-suku yang mendiami provinsi Bangka-Belitung memang bernama suku Bangka dan suku Belitung? Saya mempunyai seorang teman yang asli dari Pangkalpinang, Bangka, dan ketika saya tanyakan kepada dia, nama etnisnya (suku bangsa), dia menjawab Melayu.

Untuk suku Papua menurut saya, pembagian menjadi 8 sub-suku terlalu sedikit. Dari English Wikipedia setahu saya bahkan ada lebih dari 100 grup etnis di Papua dan Papua Barat dengan adat-istiadat, budaya, dan bahasa yang berbeda-beda. Seperti halnya suku Dayak di Kalimantan yang terbagi menjadi puluhan sub-suku dengan adat-istiadat, budaya, dan bahasa yang berlainan juga.

Yofan Pratama P (bicara) 21:35, 19 Mei 2011 (UTC)

Peta Suku Bangsa di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Referensi yang baik tentang Peta Suku Bangsa di Indonesia dan layak disertakan dalam artikel menurut saya.

Bahasa Indonesia: http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Indonesia_Ethnic_Groups_Map_id.svg
English: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Indonesia_Ethnic_Groups_Map_English.svg

Saat ini baru digunakan di Suku bangsa di Indonesia dan Ethnic groups in Indonesia.

Yofan Pratama P (bicara) 21:32, 19 Mei 2011 (UTC)