Pembicaraan:Yahudi (agama)

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pembicaraan:Agama Yahudi)

penjelasan seputar yahudi[sunting sumber]

apakah agama yahudi itu sama seperti agama islam,kristen,buddha,hidu..dan sebagainya? 114.79.19.3 3 Desember 2012 13.31 (UTC)[balas]

Dapat dibaca langsung di artikelnya ;) ‑Bennylin komen 20.06, 27 Desember 2012 (WIB)

Yudaisme/agama Yahudi itu pada dasarnya seperti agama Abrahamik lain. Islam, Kekristenan, dan turunannya mempunyai hubungan erat dalam segi teologi, penokohan, dan linguistik. Kalo Buddhisme, Hinduisme, itu dharma dari India, itu beda lagi. Pengetik-AM (bicara) 12 Juli 2022 12.18 (UTC)[balas]

Agama Yahudi ke 'Yudaisme' atau 'Yahudi'[sunting sumber]

Berdasarkan KBBI, Yudaisme berarti ajaran Yahudi (bukti di sini dan di sini). Untuk menghilangkan inkonsistensi, saya mengusulkan agar seluruh agama abrahamik diberi judul tanpa kata 'Agama'.

  1. Islam, untuk agama Islam, bukan 'Keislaman' karena umat Muslim secara luas memilih menggunakan kata 'Islam' dan memang begitu pula penyebutannya dalam bahasa Arab.. Pemeluknya disebut sebagai Muslim.
  2. Kekristenan, untuk agama Kristen, karena saya melihat istilah tersebut lebih banyak dipakai terutama dalam bahasa Inggris, tapi mungkin saudara-saudara Kristen bisa menjelaskan lebih lanjut. Saya tidak yakin tentang sebutan untuk pemeluk Kekristenan. Mungkin saudara-saudara Kristen kita bisa menjelaskan.
  3. Yahudi, untuk agama Yahudi ataupun Yudaisme, WBI punya halaman Orang Yahudi. Namun, saya tidak benar-benar yakin tentang sebutan untuk pemeluknya.

Sekian. Pelautmalaka (bicara) 23 Juli 2023 01.20 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Yahudi (agama) that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 21 Oktober 2023 15.52 (UTC)[balas]