Pembantaian Srebrenica

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pembantaian Srebrenica
Genosida Srebrenica
Bagian dari Perang Bosnia
Srebrenica massacre memorial gravestones 2009 1.jpg
Makam-makam di Monumen Peringatan dan Pemakaman untuk Korban Pembantaian Srebrenica-Potočari
Lokasi Srebrenica, Bosnia dan Herzegovina
Tanggal 11 Juli 1995 – 13 Juli 1995 (1995-07-13)
Target Laki-laki Bosniak
Jenis serangan Serangan militer, eksekusi kilat
Korban tewas 8,372
Pelaku Tentara Republik Srpska, kelompok paramiliter Scorpion
Batu peringatan Pembantaian Srebrenica di Potocari
Penguburan 610 korban teridentifikasi pada tahun 2005
Penguburan 465 korban teridentifikasi pada tahun 2007
Penguburan 775 korban teridentifikasi pada tahun 2010

Pembantaian Srebrenica (disebut juga Genosida Srebrenica) adalah kejadian sekitar lebih dari 8000 pembantaian lelaki dan remaja etnis Muslim Bosniak pada Juli 1995 di daerah Srebrenica, Bosnia oleh pasukan Republik Srpska pimpinan Jenderal Ratko Mladić. Jenderal Mladic kini menjadi buronan internasional yang telah didapati bersalah karena genosida dan berbagai kejahatan perang lain di Yugoslavia. Pada 27 Februari 2007, Mahkamah Internasional menetapkan kejadian ini sebagai sebuah genosida. Selain pasukan Serbia Bosnia, pasukan paramiliter Serbia Scorpion (pernah menjadi bagian dari Kementerian Dalam Negeri Serbia sampai 1991[1]) dan ratusan sukarelawan dari Ukraina dan Rusia juga turut bersalah atas pembantaian ini.

Pada April 1993, Persatuan Bangsa Bangsa menyatakan daerah enklave yang terkepung di Lembah Drina, Srebrenica, Bosniatimur laut, sebagai "daerah aman" dibawah perlindungan PBB. Namun, pada Juli 1995, Pasukan Perlindungan Persatuan Bangsa-Bangsa (United Nations Protection Force/ UNPROFOR), terdiri dari kontingen sebesar 400 tentara Belanda (Dutchbat), tidak mencegah pendudukan Srebrenica dan pembantaian yang terjadi setelahnya.[2][3][4]

Mahkamah Internasional telah menyatakan bahwa Serbia tidak bersalah atas tindakan genosida. Namun, MI tetap mengecam Serbia karena gagal mencegah ataupun mengadili pelaku pembantaian ini, sekalipun Serbia memiliki hubungan erat dengan militer Srpska.

Daftar Awal dari Orang Hilang atau Terbunuh di Srebrenica yang disusun Komisi Federal Bosnia untuk Orang Hilang mencatat 8,373 nama.[5] Sampai Juli 2012, 6.838 korban sudah teridentifikasi melalui tes DNA dari bagian tubuh yang diambil dari kuburan-kuburan masal;[6] sampai Juli 2013, 6.066 korban sudah dimakamkan di Pusat Peringatan Potočari.[7] Pembantaian Srebrenica dianggap secara meluas sebagai pembunuhan massal terbesar di Eropa semenjak Perang Dunia II. Ia juga merupakan kejadian pertama yang ditetapkan sebagai genosida secara hukum. Akibat bentuk kejadian ini, jumlah sebenarnya, butiran terperinci, dan sebab kejadian dipertikaikan sampai kini. Kejadian ini dianggap sebagai kejadian paling menakutkan dan kontroversial dalam sejarah Eropa modern pasca Perang Dunia II.

Kejadian[sunting | sunting sumber]

Gambar yang menunjukkan dua anak dan 4 remaja yang dibariskan di tanah sebelum dieksekusi

Pada tahun 1992, peperangan pecah antara Serbia dan Bosnia. Karena kekejaman dan pembersihan etnis yang dilakukan para tentara Serbia, umat Muslim Bosnia harus mengungsi ke kamp-kamp pengungsian. Srebrenica adalah salah satu kamp terbesar dan dinyatakan oleh PBB sebagai zona aman. Kamp itu sendiri dijaga oleh 400 penjaga perdamaian dari Negeri Belanda.

Pada tanggal 6 Juli 1995, pasukan Korps Drina dari tentara Serbia Bosnia mulai menggempur pos-pos tentara Belanda di Srebrenica. Pada tanggal 11 Juli pasukan Serbia memasuki Srebrenica. Anak-anak, wanita dan orang tua berkumpul di Potocari untuk mencari perlindungan dari pasukan Belanda. Pada 12 Juli, pasukan Serbia mulai memisahkan laki-laki berumur 12-77 untuk "diinterogasi". Pada tanggal 13 Juli pembantaian pertama terjadi di gudang dekat desa Kravica. Pasukan Belanda menyerahkan 5000 pengungsi Bosnia kepada pasukan Serbia, untuk ditukarkan dengan 14 tentara Belanda yang ditahan pihak Serbia. Pembantaian terus berlangsung. Pada 16 Juli berita adanya pembantaian mulai tersebar. Tentara Belanda meninggalkan Srebrenica, dan juga meninggalkan persenjataan dan perlengkapan mereka. Selama 5 hari pembantaian ini, 8000 Muslim Bosnia telah terbunuh.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Srebrenica Video Vindicates Long Pursuit by Serb Activist
  2. ^ ICTY, Prosecutor vs Krstic, Judgement, Case No. IT-98-33, United Nations, 2 August 2001[1]PDF (685 KB), "Findings of Fact", paragraphs 18 and 26 [2]
  3. ^ Laporan komprehensif, www.vandiepen.com
  4. ^ "Dibawah Bendera PBB; "Masyarakat Internasional dan Pembantaian Srebrenica" oleh Hasan Nuhanović, pub. DES Sarajevo, 2007, ISBN 978-9958-728-87-7 [3] [4]
  5. ^ Potocari Memorial Center PRELIMINARY LIST of Missing Persons from Srebrenica '95 [5]
  6. ^ Over 7,000 Srebrenica Victims have now been recovered
  7. ^ Srebrenica's yearly burial of atrocity victims

Pranala luar[sunting | sunting sumber]