Pattie Boyd

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Patricia Anne "Pattie" Boyd (lahir 17 Maret 1944; umur 70 tahun) adalah seorang model dan fotografer berkebangsaan Inggris yang dikenal sebagai istri George Harrison dan kemudian Eric Clapton. Dirinya menjadi inspirasi bagi sejumlah lagu cinta berirama rock yang diciptakan Harrison dan Clapton.

Karier[sunting | sunting sumber]

Lahir di Taunton, Inggris, pada tahun 1960-an Boyd adalah seorang model.[1] Ia sering menjadi peragawati bagi perancang busana Mary Quant dan Ossie Clark, dan sering menjadi model bagi sejumlah fotografer fesyen terkenal waktu itu, seperti David Bailey dan Terence Donovan. Wajahnya sering menghiasi sampul berbagai majalah, termasuk di antaranya majalah Vogue edisi Britania Raya dan Italia. Setelah berpacaran dengan George Harrison, Gloria Stavers memintanya untuk menjadi penulis kolom di majalah 16 Magazine.[2]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Setelah sama-sama bermain dalam film A Hard Day's Night, Boyd menikah dengan George Harrison pada 21 Januari 1966 ketika The Beatles sedang berada di puncak kepopuleran.[3] Eric Clapton yang waktu itu menjadi teman Harrison juga jatuh cinta dengannya. Pattie bercerai dengan Harrison pada 9 Juni 1977 untuk menikah dengan Clapton pada 27 Maret 1979, namun bercerai kembali pada bulan Juni 1988.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Geoffrey Giuliano, Dark Horse: The Life and Art of George Harrison. URL diakses 12 Agustus 2007.
  2. ^ Tony Barrow, John, Paul, George, Ringo And Me: The Real Beatles Story. URL diakses 12 Agustus 2007.
  3. ^ The Daily Mail, Pattie Boyd: 'My hellish love triangle with George and Eric' - Part One. URL diakses 11 Agustus 2007.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]