Orang Boholano

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Orang Boholano
Mga Bol-anon
Seorang pria Boholano menjajakan jajanan landak laut.
Jumlah populasi
2.278.495 di Filipina[1]
Daerah dengan populasi signifikan
Filipina Filipina
(Bohol, Leyte Selatan, timur laut Mindanao)
Bahasa
Bisaya (terutama dialek Boholano dan Cebuano Standar), Filipino, Inggris
Agama
Sebagian besar Katolik Roma
Kelompok etnik terkait
Cebuano

Orang Boholano, juga disebut Bol-anon, adalah suku asli provinsi Bohol. Mereka merupakan bagian dari kelompok etnolinguistik Bisaya yang lebih besar, yang merupakan kelompok etnolinguistik terbesar di Filipina. Orang Boholano berbicara dialek Boholano, yang merupakan dialek bahasa Cebuano.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Orang Bohol dikatakan sebagai keturunan dari kelompok pintados ("yang bertato").[2] Bohol berasal dari kata bo-ol,[3] suatu tanaman yang tumbuh subur di pulau itu. Pulau Bohol menjadi lokasi perjanjian perdamaian dan persatuan internasional antara raja Datu Sikatuna, dan penakluk Spanyol, Miguel López de Legazpi pada 16 Maret 1565 melalui perjanjian darah yang sekarang dikenal oleh banyak orang Filipina sebagai sandugo.[4]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Terdapat 2.278.495 orang Boholano pada tahun 2010.[5] Mereka terkonsentrasi di Bohol, meskipun beberapa juga tinggal di Leyte Selatan dan Mindanao (terutama di bagian timur laut). Mayoritas penduduknya adalah penganut Katolik Roma atau aliran Kristen lainnya. Minoritas Boholano mempraktikkan agama tradisional.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "2010 Census of Population and Housing, Report No. 2A: Demographic and Housing Characteristics (Non-Sample Variables) - Philippines" (PDF). Philippine Statistics Authority. 
  2. ^ Bohol-The Island Province www.aenet.org Retrieved 15 November 2006.
  3. ^ Origin of the name Diarsipkan 2006-12-06 di Wayback Machine. www.bohol.gov.ph Retrieved 15 November 2006.
  4. ^ A Short History of Bohol (Part 1) www.bohol.ph Retrieved 15 November 2006.
  5. ^ "2010 Census of Population and Housing, Report No. 2A: Demographic and Housing Characteristics (Non-Sample Variables) - Philippines" (PDF). Philippine Statistics Authority. Diakses tanggal 19 May 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]