Orang Filipina keturunan Spanyol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Orang Filipina keturunan Spanyol
Jumlah populasi
Jumlah imigran dalam sejarah tidak diketahui, namun Pusat Statistik Nasional Spanyol mengabarkan bahwa warga negara Spanyol yang tinggal di Filipina berjumlah 3,110 orang pada 1 Januari 2012.[1]
Marya Filipina terkenal dengan keturunan Spanyol: Infante, Malonda, Garchitorena, Jacob, Cuenca, Centenera, Imperial, Toral
Daerah dengan populasi signifikan
Metro Manila, Kota Cebu, Kota Iloilo, Kota Naga, Tigaon, Kota Iriga
Bahasa
Kebanyakan bahasa Filipina dan bahasa Inggris, beberapa pemakai bahasa Spanyol masih ada dan bahasa-bahasa asli Filipina lainnya
Agama
Katolik Roma
Kelompok etnik terkait
Orang Spanyol, Filipina, mestizo Filipina

Spanyol Filipina adalah orang Filipina yang berdarah Spanyol secara keseluruhan atau sebagian. Orang-orang Filipian tersebut kebanyakan adalah keturunan dari para migran di Filipina (sebuah koloni Spanyol dari akhir abad ke-15 sampai 1898), yang menikah dengan kelompok etnis Austronesia pribumi di kepulauan tersebut seperti orang Tagalog, orang Cebuano dan orang Ilokano, dan lain-lain.

Persentase sebenarnya dari orang Filipina keturunan Spanyol modern di dalam dan di luar Filipina tidak diketahui, karena semuanya adalah jenis lain dari mestizo (Asia, Amerika, Hispanik, dll). Hal ini karena pemerintah dan Pusat Statistik Nasional modern tidak memiliki catatan tentang latar belakang atau keturunan dari seorang individual ketika mengumpulkan data data.

Bahasa dan Budaya[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan orang sekarang umumnya menggunakan bahasa Tagalog (dengan beberapa kata yang diserap dari bahasa Spanyol), dan bahasa Inggris, yang digunakan dalam ranah publik. Beberapa orang Filipina lainnya juga berbicara menggunakan bahasa-bahasa Filipina lainnya.

Sekarang, hanya sedikit orang Filipina yang memakai bahasa Spanyol, hanya beberapa orang mestizo dari generasi tua, yang memiliki hubungan dengan Spanyol, Amerika atau wilayah yang menggunakan bahasa Spanyol lainnya dan para imigran saat ini, yang menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa yang dituturkan sehari-hari[2]

Selain itu, bahasa Chavacano (sebuah bahasa kreole yang sebagian besar berdasarkan pada pengucapan Spanyol) digunakan di selatan Filipina dan menjadi salah satu bahasa utama di Semenanjung Zamboanga dan Basilan.

Tokoh terkenal[sunting | sunting sumber]

Di Filipina, terdapat beberapa orang yang memiliki garis keturunan dengan para pemukim Spanyol pertama di negara tersebut beserta marga-marga mereka.[3] Karena pengenalan Catálogo alfabético de apellidos pada pertengahan abad ke-19, klaim keturunan yang valid menjadi sulit dibuat oleh orang-orang yang bermarga Spanyol.[4] Sekarang, beberapa orang yang memiliki garis keturunan tersebut dapat ditemukan di bidang politik, komersial, seni, industri hiburan dan olahraga profesional. Yang lainnya beremigrasi dan kemudian datang atau bermukim di negara lainnya.

Beberapa orang Filipina terkenal yang secara langsung berdarah Spanyol adalah:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Badan Pendaftaran Penduduk Spanyol (PERE). Data dari 1 Januari 2012, 2012-01-01 
  2. ^ "Race Mixing and Westernisation in Latin America and the Philippines". Analitica.com Venezuela. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-07-15. Diakses tanggal 2002-08-23. 
  3. ^ France-Presse, Agence. "Spain's Queen Sofia arrives in Philippines". 2 Juli 2012. Diakses tanggal 24 Agustus 2013. 
  4. ^ "The semantics of 'mestizo'". 27 July 2012. GMA News. Diakses tanggal 24 Agustus 2013.