NTT DoCoMo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
NTT DoCoMo, Inc.
株式会社エヌ・ティ・ティ・ドコモ
Jenis KK terbuka (anak perusahaan NTT)
Industri/jasa Telekomunikasi nirkabel
Didirikan Agustus 1991
Kantor pusat Jepang
Tokoh penting Ryuji Yamada, Presiden & CEO
Produk PDC, i-mode, W-CDMA, FOMA, HSDPA, PHS
Pendapatan US$45,183 miliar (2005)
Laba bersih US$6,972 miliar (2005)
Karyawan 21.527 (2005)
Induk Nippon Telegraph and Telephone Corporation (60,24%)
Situs web www.nttdocomo.com

NTT DoCoMo, Inc. (株式会社エヌ・ティ・ティ・ドコモ Kabushiki-gaisha Enutiti Dokomo?, TYO: 9437, NYSE: DCM, LSE: NDCM) adalah nama perusahaan operator telekomunikasi seluler di Jepang, sekaligus merek layanan telekomunikasi seluler perusahaan tersebut. NTT DoCoMo adalah anak perusahaan Nippon Telegraph and Telephone (NTT).

NTT DoCoMo merupakan salah satu operator telekomunikasi seluler yang utama di Jepang. Populer dengan sebutan DoCoMo yang merupakan singkatan dari "Do Communications Over The Mobile Network". Selain itu, DoCoMo dalam bahasa Jepang berarti "di mana saja", dengan maksud telepon genggam DoCoMo bisa digunakan di mana saja.

Selain sebagai operator telepon genggam, DoCoMo juga menyediakan layanan PHS (Personal Handy-phone System). Layanan PHS tidak lagi menerima pelanggan baru sejak 30 April 2005, dan dihentikan pada 7 Januari 2008. Pada 31 Agustus 2006, DoCoMo meluncurkan HSDPA dalam bentuk layanan FOMA High Speed.

Diluncurkan bulan Agustus 1991, DoCoMo menyediakan layanan 3G dan 2G yang memungkinkan pengguna mengunduh video serta menjelajahi internet dengan kecepatan tinggi.

Pada tanggal 29 Juli 2010, DoCoMo mengumumkan layanan jaringan generasi berikutnya, yaitu berbasis LTE dan diberi nama Xi™ (dibaca : Crossy). Layanan ini dijadwalkan akan diluncurkan pada bulan Desember 2010. Layanan Xi™ berbasis LTE ini pada awalnya menawarkan kecepaan downlink hingga 75 Mbps, 10 kali lebih cepat dibandingkan jaringan 3G FOMA™ dan 37.5 Mbps di area lainnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Telecommunications