My Little Pony: Friendship is Magic (musim 8)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
My Little Pony: Friendship is Magic
Musim 8
Negara asalAmerika Serikat
Kanada
Jml. episode26
Rilis
Jaringan asliDiscovery Family
Tanggal disiarkan24 Maret (2018-03-24) –
13 Oktober 2018 (2018-10-13)
Kronologi Musim
← Sebelumnya
Musim 7
Berikutnya →
Musim 9
Daftar episode

Musim kedelapan serial animasi televisi My Little Pony: Friendship Is Magic, dikembangkan oleh Lauren Faust, awalnya ditayangkan di saluran Discovery Family di Amerika Serikat. Serial ini didasarkan pada mainan dan karya animasi My Little Pony Hasbro dan sering disebut oleh para kolektor sebagai generasi keempat, atau "G4", dari warabala My Little Pony. Musim 8 dari serial animasi ditayangkan pada 24 Maret 2018, di Discovery Family, sebuah saluran televisi berbayar Amerika sebagian dimiliki oleh Hasbro, dan selesai pada 13 Oktober.

Musim ini berfokus pada Twilight menjalankan School of Friendship terbarunya untuk mengajarkan para kuda poni dan para makhluk dari Equestria dan lebih jauh tentang manfaat persahabatan dengan teman-temannya yang menjabat sebagai guru. Namun, salah satu siswa, seekor pegasus yang tampaknya tidak bersalah bernama Cozy Glow, diam-diam berkomplot melawan mereka.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada 25 Mei 2017, direktur pengawas Jim Miller mengumumkan melalui Twitter sebuah musim kedelapan untuk serial.[1] Pada konvensi bertema sendiri pertama Hasbro (tepat bernama HasCon) pada 9 September, sebuah animasi dari episode yang akan datang ditampilkan.[2]

Pada 8 Februari 2018, Siaran pers Discovery Family Maret menyatakan bahwa musim ini, "para penonton akan menyaksikan tonggak utama yang menampilkan pengenalan orang tua Starlight Glimmer dan debut akting besar Putri Celestia. Sebagai tambahan, Mane 6 Twilight Sparkle, Rarity, Applejack, Pinkie Pie, Rainbow Dash dan Fluttershy ditemani oleh enam makhluk baru termasuk Ocellus si Changeling, Silverstream si Hippogriff/Poni laut, Smolder si Dragon, Gallus si Griffin, Yona si Yak dan Sandbar si Kuda poni, bergabung dengan mereka dalam petualangan epik di seluruh negeri baru dan familiar seperti Gunung Aris, Hutan Everfree, Las Pegasus dan banyak lainnya. Karakter favorit penggemar Maud Pie, Spike, Cutie Mark Crusaders, Ratu Chrysalis dan Discord kembali dengan alur cerita yang seru dan penuh dengan keajaiban.[3]

Pemeran suara[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Kecil[sunting | sunting sumber]

Peran tunggal[sunting | sunting sumber]

Peran ganda[sunting | sunting sumber]

  • Ingrid Nilson sebagai Maud Pie, Limestone Pie, dan Marble Pie
  • Peter New sebagai Big McIntosh[nc 1] dan Goldie Delicious
  • Tabitha St. Germain sebagai Nenek Smith, Mrs. Cake, Putri Flurry Heart, dan Muffins
  • Kathleen Barr sebagai Ratu Chrysalis dan Trixie Lulamoon
Catatan[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Memiliki peran berbicara yang tidak dikreditkan dalam "Fake It 'Til You Make It".

Berulang[sunting | sunting sumber]

  • Young Six[4]
    • Vincent Tong sebagai Sandbar
    • Gavin Langelo sebagai Gallus
    • Katrina Salisbury sebagai Yona
    • Shannon Chan-Kent sebagai Smolder
    • Lauren Jackson sebagai Silverstream
    • Devyn Dalton sebagai Ocellus
  • Kelly Sheridan sebagai Starlight Glimmer
  • Nicole Oliver sebagai Putri Celestia
  • Tabitha St. Germain sebagai Putri Luna
  • Cutie Mark Crusaders

Bintang tamu[sunting | sunting sumber]

Peran tunggal[sunting | sunting sumber]

Peran ganda[sunting | sunting sumber]

  • Tariq Leslie sebagai Big Bucks dan Hoo'Far

Episode[sunting | sunting sumber]

No.
total
No.
musim
JudulSutradaraPenulis skenarioTanggal tayang asli
1701"School Daze" (Part 1)Denny Lu dan Mike MyhreMichael Vogel dan Nicole Dubuc24 Maret 2018 (2018-03-24)
Tidak lama setelah kekalahan Storm King, Twilight dan teman-temannya kembali ke rumah untuk menemukan bahwa petanya telah meluas untuk mencakup daerah di luar Equestria. Menyadari banyak makhluk yang tidak mengetahui tentang persahabatan, Twilight memutuskan untuk membuka sebuah sekolah dimana mereka dapat datang untuk mempelajari semua hal tentang persahabatan dan menerima persetujuan dari Equestria Education Association, yang mengharapkannya melakukan dengan cara mereka. Dia juga menunjuk teman-temannya sebagai guru dan menyambut lima siswa dari seluruh kerajaan untuk hadir: Gallus, seekor griffon yang sarkastik; Yona, seekor yak yang pemalu; Smolder, seekor naga yang sombong; Ocellus, changeling yang pemalu; dan Silverstream, hippogriff yang periang. Para murid awalnya menikmati sekolahnya, tapi bosan dengan pedoman pengajaran yang ketat dari EEA, jadi mereka memutuskan untuk membolos kelas dengan teman kelas kuda poni mereka Sandbar. Saat mereka menjadi teman, mereka secara tidak sengaja membuat kekacauan selama evaluasi yang dilakukan oleh Kanselir Neighsay, ketua dari EEA. Meyakini bahwa murid bukan kuda poni sangat berbahaya, Neighsay dengan segera menutup sekolah.
1712"School Daze" (Part 2)Denny Lu dan Mike MyhreMichael Vogel dan Nicole Dubuc24 Maret 2018 (2018-03-24)
Twilight menjadi depresi karena sekolahnya tidak terakreditasi hingga Starlight menyemangatinya untuk mencoba lagi tanpa mengikuti aturan EEA. Dia dan teman-temannya untuk meyakinkan para pemimpin kerajaan lainnya untuk membiarkan murid-murid mereka kembali ke sekolah, hanya untuk mengetahui bahwa para siswa telah pergi dari rumah, tidak mau berpisah satu sama lain. Mereka menemukan bahwa Sandbar telah menyembunyikan para siswa di Kastil Dua Saudari didalam Hutan Everfree, dimana mereka sedang diserang oleh oleh gerombolan seperti landak pukwudgies. Para murid setuju memberikan sekolah kesempatan kembali setelah Twilight dan teman-temannya meyakinkan mereka bahwa segalanya akan berbeda. Kanselir Neighsay confronts Twilight menghadapi Twilight untuk pembukaan kembali sekolah yang tidak diizinkan, tapi dia menegaskan otoritasnya sebagai Putri Persahabatan dan menulis aturan sekolahnya sendiri. Teman-teman Twilight menggunakan teknik mengajar dengan unik untuk membuat sekolah lebih menarik, dan para pemimpin mengizinkan para murid mereka untuk belajar di Equestria.
1723"The Maud Couple"Denny Lu dan Mike MyhreNick Confalone31 Maret 2018 (2018-03-31)
Pinkie Pie mempelajari bahwa kakak perempuannya Maud sedang berkencan dengan seekor kuda jantan bernama Mudbriar, yang mempunyai minat di batang kayu mirip dengan minat Maud pada batu, dan secara lahiriah membosankan dan tumpul seperti dia. Meski Maud dan Mudbriar bahagia bersama, Pinkie gagal untuk menyadari kesamaanya, menemukan kepribadian dan kebiasaan Mudbriar menyebalkan dan aneh. Tidak dapat memahami hubungan mereka, Pinkie akhirnya menjadi yakin bahwa Maud lebih memilih Mudbriar daripada dia dan melarikan diri ke peternakan batu keluarganya dengan putus asa. Setelah para saudarinya Limestone dan Marble membantu dia menyadari bahwa kebahagiaan Maud dengan Mudbriar adalah yang terpenting, Pinkie kembali dan berdamai dengan Mudbriar, bertahan dengannya demi Maud.
1734"Fake It 'Til You Make It"Denny Lu dan Mike MyhreJosh Hamilton07 April 2018 (2018-04-07)
Rarity meninggalkan Fluttershy dalam tanggung jawab dari butiknya di Manehattan saat dia keluar kota untuk peragaan busana di Canterlot. Fluttershy diintimidasi oleh pelanggan yang memaksa, jadi Rarity menyarankannya memakai pakaian untuk menambah kepercayaan dirinya. Menerima nasihat Rarity dalam hati, Fluttershy mulai berdandan dan memerankan karakter yang berbeda agar sesuai dengan kepribadian pelanggannya, yang membantu penjualan tokonya. Namun, dia melakukan bermain perannya terlalu jauh hingga dia mulai mengusir pelanggan dengan perilaku kasarnya, menyingkirkan pembantu rakunnya juga. Para rakun membantu teman-teman Fluttershy untuk membantu, tetapi dia mengeluarkan mereka keluar dari toko. Teman-temannya kemudian beralih ke Rarity, yang memecat Fluttershy, membawanya kembali ke akal sehatnya. Fluttershy meminta maaf kepada teman-temannya, dan Rarity meyakinkan bahwa dia sudah mempunyai kekuatan untuk menjadi sukses.
1745"Grannies Gone Wild"Denny Lu dan Mike MyhreGillian M. Berrow14 April 2018 (2018-04-14)
Rainbow Dash sangat ingin menaiki Wild Blue Yonder, sebuah roller coaster terkenal di Las Pegasus, sebelum itu tutup permanen. Applejack setuju untuk membawa kelasnya di School of Friendship jika dia menemani Nenek Smith dan kerabat lanjut usianya untuk liburan tahunan Las Pegasus mereka, dengan ketat menginstruksikannya untuk tidak pernah membiarkan mereka memaksakan diri atau meninggalkan pandangannya. Rainbow Dash dengan enggan menerima, dan mencoba untuk meyakinkan para nenek untuk istirahat di hotel mereka jadi mereka punya waktu untuk sendiri. Namun, para nenek menyelinap pergi sementara Rainbow Dash menemukan barisan panjang rollecoasternya, memaksanya untuk menghabiskan sebagian besar hari mengikuti mereka dan mengganggu aktivitas seru mereka, sangat mengganggu mereka. Saat Rainbow Dash meminta maaf untuk mengacaukan kesenangan mereka dan menjelaskan bahwa dia hanya mengikuti instruksi Applejack, para nenek menertawakan Applejack yang terlalu protektif dan mengundang Rainbow Dash untuk naik coaster bersama mereka, menggunakan kartu VIP mereka untuk melewati barisan.
1756"Surf and/or Turf"Denny Lu dan Mike MyhreBrian Hohlfeld21 April 2018 (2018-04-21)
Saat peta mengirim para Cutie Mark Crusaders untuk menyelesaikan masalah persahabatan di kerajaan Hipoggrif diatas Gunung Aris, dimana setengah penduduk memutuskan untuk hidup di rumah bawah air Seaquestria sebagai kuda poni laut, mereka bertemu saudara laki-laki Silverstream Terramar, yang tidak bisa memutuskan apakah dia termasuk di darat dengan ayahnya atau dibawah air dengan ibunya. Para Crusader tidak dapat setuju di antara mereka sendiri, dengan Sweetie Belle memperdebatkan pemandangan gunung yang menawan sementara Scootaloo menyukai kesenangan berenang dengan makhluk laut, yang membuat Terramar semakin bimbang. Para Crusader mengatur pertemuan para hippogriff dan para kuda poni laut di garis pantai untuk Terramar, yang orang tuanya mengatakan kepadanya bahwa dia tidak terbatas pada memilih satu tempat tinggal. Terdorong, Terramar memutuskan untuk hidup sebagai hippogriff dan kuda poni laut.
1767"Horse Play"Denny Lu dan Mike MyhreKaita Mpambara28 April 2018 (2018-04-28)
Twilight menyelenggarakan drama panggung menghormati peringatan Putri Celestia menerbitkan matahari pertama kali. Mengetahui bahwa Celestia tidak pernah bermain drama meskipun dia menyukai teater, Twilight menawarkannya untuk peran utama, banyak kegembiraan Celestia. Saat Rainbow Dash dengan bersemangat menyebarkan berita ke seluruh Equestria, namun, Twilight merasa malu dengan keterampilan akting Celestia yang buruk dan takut bahwa dia akan mempermalukan dirinya sendiri di depan rakyatnya. Applejack menyarakan ke Twilight bahwa dia harus memberitahu Celestia kebenarannya, tetapi dia menolak mendengar karena dia tidak ingin menyakiti perasaan Celestia. Saat hari drama panggung tiba dan performa Celestia belumm meningkat, Twilight panik dan tanpa disadari melampiaskan rasa frustrasinya dengan Celestia, yang mendengar semua yang dia katakan, menyebabkan dia pergi karena Twilight tidak jujur padanya. Twilight meminta maaf kepada Celestia untuk berbohong dan mengakui dia hanya bermaksud untuk membalasnya atas bimbingannya selama bertahun-tahun. Celestia setuju untuk menolong Twilight menyelamatkan drama dengan mengarahkan aktor lain dari belakang panggung, membuatnya sukses.
1778"The Parent Map"Denny Lu dan Mike MyhreDave Rapp05 Mei 2018 (2018-05-05)
Starlight dan Sunburst kecewa saat peta mengirim mereka untuk menyelesaikan masalah persahabatan di kota rumah lama mereka, Sire's Hollow, karena hubungan mereka yang tegang dengan orang tua mereka: Firelight, Ayah Starlight yang terlalu sayang, dan Stellar Flare, Ibunya yang terlalu mnegatur Sunburst. Mereka semakin kecewa ketika misi mereka tampaknya menyelesaikan perselisihan antara orang tua mereka, tetapi menyadarinya setelah mereka dengan cepat mengehntikan pertengkaran. Starlight dan Sunburst mencoba untuk menghindari orang tua mereka sebanyak mungkin sementara mereka mencoba untuk mencari masalah sebenarnya, hanya untuk orang tua mereka yang terus-menerus mencampuri pencarian mereka. Setelah akhirnya membentak orang tua mereka karena gangguan yang tidak diinginkan, Starlight dan Sunburst menyadari keterasingan mereka dari mereka adalah masalah yang mereka dipanggil untuk dipecahkan. Mereka menyelesaikan misi mereka dengan meminta maaf kepada orang tua mereka, yang setuju untuk memberi mereka lebih banyak kebebasan.
1789"Non-Compete Clause"Denny Lu dan Mike MyhreKim Beyer-Johnson12 Mei 2018 (2018-05-12)
Applejack dan Rainbow Dash bersaing dengan satu sama lain untuk menerima penghargaan "Teacher of the Month" di School of Friendship. Twilight memilih mereka untuk memimpin karyawisata bersama untuk mengajarkan murid mereka tentang kerja sama, tetapi pertengkaran mereka yang terus-menerus tentang kegiatan mana yang harus mereka lakukan menciptakan masalah. Membujuk Twilight untuk memberikan mereka kesempatan lain, mereka melanjutkan perjalanan dengan membiarkan yang lain memimpin, yang mengambil lebih banyak fokus mereka daripada mengajar siswa mereka. Ketika argumen sopan mereka tentang membuat jembatan membuat mereka terjebak di atas sungai, para murid bekerja sama menolong mereka. Para siswa menjamin mereka sebagai teacher of the month dengan memberi tahu Twilight bahwa mereka sengaja berdebat untuk mengajari mereka cara bekerja yang salah sebagai sebuah tim, tetapi mengetahui kebenaran, menyebabkan Applejack dan Rainbow Dash berdebat lagi.
17910"The Break Up Break Down"Denny Lu dan Mike MyhreNick Confalone19 Mei 2018 (2018-05-19)[nb 1]
Pada Hari Hearts and Hooves, Big Mac mengirim Sugar Belle sebuah paket romantis, tapi hilang di tempat pos dan dikirim ke Sweetie Belle karena kesalahan. Saat Big Mac meyadari Sugar Belle di Sugarcube Corner kemudian, dia sengaja mendengar dia berbicara dengan Ny. Cake tentang mengakhiri hubungan dengan seseorang, dan menyimpulkan bahwa dia bermaksud putus dengannya, yang menyakiti hatinya. Spike dan Discord mencoba menghibur Big Mac, dengan Discord menyarankan dia menegaskan dirinya dengan putus dengan Sugar Belle sebelum dia melakukannya. Setelah dia melakukannya, menghancurkan hatinya, Big Mac menyadari bahwa dai telah membiarkan rasa frustasinya dan kembali ke Sugar Belle untuk melakukan percakapan yang tepat tentang perpisahan mereka. Sugar Belle mengungkapkan bahwa dia tidak pernah mendapatkan paket Big Mac dan sebenarnya telah merencanakan untuk mengakhiri hubungan bisnisnya dengan sepupunya sehingga dia dapat mulai bekerja di Ponyville. Menyadari miskomunikasi mereka, mereka kembali bersama sambil belajar pelajaran tentang komunikasi yang tepat daripada berasumsi dan menguping.
18011"Molt Down"Denny Lu dan Mike MyhreJosh Haber26 Mei 2018 (2018-05-26)[nb 1]
Spike mulai mengalami perubahan tubuh yang aneh seperti noda seperti jerawat, kehilangan kendali atas napas apinya, dan mengeluarkan bau busuk. Smolder menjelaskan bahwa Spike berganti kulit, yang dialami semua naga selama remaja, dan dia menambahkan bahwa proses ganti kulit biasanya menyebabkan naga diusir dari rumah mereka, yang Spike takutkan adalah kasus ketika Twilight memberitahunya untuk meninggalkan kastil agar dia tidak secara tidak sengaja membakar barang-barang mereka. Saat dia mengunjungi Zecora untuk sebuah solusi, baunya tanpa disadari menarik pemangsa roc yang menangkap Zecora, dan Rarity. Spike meranggas semua kulitnya untuk menemukan bahwa dia telah menumbuhkan sepasang sayap, yang memungkinkan dia untuk menangkis roc dan menyelamatkan teman-temannya. Setelah itu, Twilight meyakinkan Spike bahwa dia tidak berniat menyingkirkannya, dan berjanji untuk membantunya terbiasa dengan perubahannya.
18112"Marks for Effort"Denny Lu dan Mike MyhreNicole Dubuc02 Juni 2018 (2018-06-02)[nb 1]
Bosan dengan kelas mereka yang biasa-biasa saja, Para Cutie Mark Crusader mencoba untuk mendaftar di School of Friendship yang lebih menarik, tapi Twilight menolaknya, berkata bahwa mereka sudah tahu tentang persahabatan. Para Crusader kemudian bertemu dengan murid muda dari sekolah bernama Cozy Glow, yang kesusahan dengan tugas rumahnya, dan membayangkan bahwa membantunya sama baiknya dengan menghadiri sekolah Twilight. Cozy menyelesaikan tugasnya di bawah pengawasan mereka, dan menanyakan mereka untuk membantunya bersiap untuk ujian mendatang. Ketika Cozy gagal dalam ujian dan menjelaskan keterlibatan para Crusader, Twilight mempercayai mereka memberikan panduan yang buruk dengan sengaja dan melarang mereka dari halaman sekolah. Kemudian, Cozy mengaku bahwa dia gagal dalam ujiannya dengan sengaja untuk membuat Twilight mempertimbangkan menerima para crussader sebagai murid yang mereka inginkan. Setelah Cozy meminta maaf kepada para Crussader, Twilight, dalam tindakan penebusan dosa atas penilaiannya yang buruk, mengizinkan mereka kembali ke sekolah dan memberi mereka ijazah kehormatan, memberi mereka posisi di sekolah sebagai tutor pertemanan resmi.
18213"The Mean 6"Denny Lu dan Mike MyhreMichael Vogel09 Juni 2018 (2018-06-09)[nb 1][nb 2]
Ratu Chrysalis membuat klon dari Twilight dan teman-temannya untuk menguasai Elemen Harmoni dan membalaskan dendamnya pada Starlight. Chrysalis dan para klonnya mencari untuk Elemen di Hutan Everfree, saat Twilight dan teman-temannya sedang dalam perjalanan kemah. Mengembara dari satu sama lain, para teman-temannya menghadapi para klon, yang menyakiti dan menghina mereka. Mengira klon untuk teman mereka yang sebenarnya, mereka terlibat pertengkaran sengit ketika mereka akhirnya berkumpul kembali. Namun, Twilight dengan cepat menyelesaikan argumen, dan mereka dengan senang melanjutkan perjalanan mereka. Sementara itu, Chrysalis dan para klon menemukan Pohon Harmoni, tapi Elemen menghancurkan para klon dalam upaya untuk menggunakan mereka untuk mengkhianati Chrysalis, yang sekali lagi bersumpah untuk membalas dendam kepada Starlight.
18314"A Matter of Principals"Denny Lu dan Mike MyhreNicole Dubuc04 Agustus 2018 (2018-08-04)[nb 3]
Setelah peta mengirim Twilight dan teman-temannya untuk menyelesaikan masalah persahabatan jauh dari Ponyville, Twilight meninggalkan Starlight untuk menjalankan sekolah dan melakukan perburuan saat mereka pergi. Discord muncul dan menawarkan untuk membantu, tetapi Starlight menolak. Discord memulai menimbulkan kekacauan di sekolah dengan Starlight mencoba mengendalikan setiap situasi. Dia muak dengan kejenakaannya, dan menghilangkannya dari halaman sekolah. Perburuannya berlangsung setelahnya, tetapi Discord, bermanifestasi sebagai hantu, menyabotasenya. Starlight menyadari apa yang dilakukan kepada Discord salah dalam menolak tawarannya untuk membantu, dan meminta maaf kepadanya. Dia mengembalikan Discord dan menawarinya posisi wakil kepala sekolah. Dia menerimanya dan membantu kembali melakukan perburuan. Namun, Twilight dan teman-temannya kembali dan mengungkapkan bahwa Discord membuat misi persahabatan palsu untuk membawa mereka pergi, tetapi terima kasih kepada Starlight untuk membantu menjalankan sekolah.
18415"The Hearth's Warming Club"Denny Lu dan Mike MyhreBrian Hohlfeld04 Agustus 2018 (2018-08-04)[nb 4]
Saat School of Friendship akan pergi liburan musim dingin, sosok berjubah menutupi dekorasi Hearth's Warming Eve dengan warna ungu. Twilight, Rainbow Dash, dan Spike mengejar sosok itu ke asrama para siswa, tetapi tidak melihatnya pergi, mengarahkan mereka menyimpulkan salah satu dari mereka yang bertanggung jawab. Salah satu yang bersalah harus tinggal selama istirahat untuk pelajaran persahabatan ekstra, dan jika tidak ada dari mereka yang mengaku, semua dari mereka akan tinggal dan melewatkan liburannya. Saat para murid mulai membersihkan dan Rainbow Dash memanggil mereka untuk diinterogasi, mereka menggambarkan cara budaya masing-masing merayakan liburan. Tidak satupun dari mereka mengaku, mengarah ke tuduhan dan argumen yang akhirnya mendorong Gallus untuk mengakui bahwa dia melakukan lelucon itu, karena dia ingin menetap di kampus dengan teman-temannya daripada pulang kerumah di Griffonstone dan perayaannya yang suram. Setelah mendengar, Twilight bertetima kasih kepadanya untuk kejujurannya, tetapi berkata dia harus menetap untuk menghadapi hukuman. Siswa lain secara sukarela tinggal bersama Gallus, dan Twilight mengundang semua grup untuk merayakan Hearth Warming dengannya dan teman-temannya.
18516"Friendship University"Denny Lu dan Mike MyhreChris "Doc" Wyatt dan Kevin Burke11 Agustus 2018 (2018-08-11)[nb 5]
Saat Twilight belajar bahwa sekolha persahabatan baru telah dibuka di Las Pegasus, dia dan Rarity pergi untuk mengeceknnya. Sekolah, Friendship University, dijalankan oleh Flim dan Flam dan telah di daftarkan Star Swirl, untuk keterkejutan Twilight, dan Kanselit Neighsay memberikannya akreditasi penuh. Twilight dan Rarity mulai untuk menginvestigasi, dengan Rarity mengambil kelas dan Twilight menyelinap ke kantor kedua saudara untuk mencari bukti bahwa sekolah tersebut adalah penipuan. Mereka menangkapnya saat beraksi dan mengancam akan mempublikasikan foto pembobolan untuk merusak reputasinya. Twilight menerima pada awalnya dalam menghadapi ketidaksetujuan Star Swirl, tapi Rarity membujuknya agar dia tidak menyerah, dan Twilight menyadari reputasinya bernilai apa pun jika dia tidak membela apa yang benar. Mereka segera menemukan bahwa kedua saudara memungut biaya tinggi untuk lembar kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas kursus, berdasarkan salinan kurikulum Twilight yang dicuri, dan berencana menggunakan uang itu untuk memperluas resor mereka. Saat Star Swirl mempelajari skema, dia mengintimidasi untuk mengembalikan uang para siswa dan menutup Universitas Persahabatan. Dia berjanji untuk menghadiri School of Friendship jika dia butuh untuk pelajaran di masa depan, tapi Twilight dan Rarity tetap bertanya-tanya bagaimana Flim dan Flam bisa mendapatkan rencana pelajaran Twilight.
18617"The End in Friend"Denny Lu dan Mike MyhreGillian M. Berrow18 Agustus 2018 (2018-08-18)[nb 6]
Sementara membantu Twilight mengajar kelas tentang berkompromi, Rainbow Dash dan Rarity berdebat tentang bagaimana menghabiskan hari libur mereka. Twilight dan para murid menemani mereka untuk praktek demonstrasi, tetapi tidak ada yang menunjukkan banyak minat dalam pengejaran yang lain, dan mereka menjadi sangat kesal antara satu sama lain yang mereka nyatakan persahabatan mereka akan berakhir. Starlight mencoba dengan sia-sia untuk mendamaikan mereka, tetapi menerima sebuah kata bahwa sebuah artefak magis dicuri dari sekolah. Rainbow Dash dan Rarity dikirim untuk melacaknya, tetapi terus memperburuk satu sama lain saat mereka mengikuti jejak artefak ke rawa. Bekerja sama, mereka menyeberang dengan selamat ke pantai seberang, mengikuti jejak ke-atas sebuah gunung, dan menemukan jalan rahasia yang mengarah kembali ke kampus. Mereka disana belajar bahwa Twilight, Starlight dan Spike memalsukan pencuriannya untuk mengingatkannya dari persahabatan mereka. Setelah mengembangkan apresiasi baru untuk kepentingan satu sama lain, Rainbow Dash dan Rarity pergi berbelanja untuk beberapa peralatan bermain buckball baru dan pakaian penggemar.
18718[11]"Yakity-Sax"Denny Lu dan Mike MyhreMichael P. Fox dan Wil Fox25 Agustus 2018 (2018-08-25)[nb 7]
Pinkie Pie telah mengambil yovidaphone, sebauh instrumen popuelr di Yakyakistan, tetapi latihannya yang tidak kompeten menjadi gangguan bagi penduduk Ponyville. Teman-temannya membiarkan dia terus melakukannya, berharap dia akan meningkat, namun, permainannya tetap buruk seperti biasanya dan mulai mengganggu kehidupan sehari-hari mereka. Dia meninggalkan instrumen atas desakan mereka, di luar ceria tapi diam-diam patah hati. Saat yang lain menyadari keadaan emosinya yang sebenarnya, mereka mencoba dengan sia-sia untuk melibatkannya kembali dalam kegiatan yang dia sukai dan dia kuasai. Beberapa hari kemudian, mereka belajar dari Maud bahwa Pinkie pindah ke Yakyakistan dan berpergian kesana untuk menemukan dia mendengarkan ke sebuah penampilan dari ahli yovidaphone. Musiknya malah membuat semakin depresi, sejak dia diyakinkan dia tidak dapat memainkannya dengan baik. Dengan sedikit semangat dari teman-temannya, Pinkie memainkan yovidaphone sang ahli, dan meskipun permainannya sumbang seperti sebelumnya, dia mendapatkan kembali temperamennya yang bahagia dan mendapat tepuk tangan meriah dari para yak di antara penonton, sejak sang ahli menjelaskan seluruh inti dari yovidaphone adalah untuk membawa kegembiraan bagi mereka yang memainkannya.
18819"Road to Friendship"Denny Lu dan Mike MyhreJosh Haber01 September 2018 (2018-09-01)[nb 8]
Setelah pertunjukan sihir yang sukses di Ponyville, Trixie memutuskan untuk melakukan sebuah tur di Saddle Arabia dan bersama membawa Starlight. Mereka rukun pada awalnya, tapi mulai kesal satu sama lain begitu mereka mencapai desa gurun Somnambula. Pengeluaran sembrono Starlight membuat mereka kekurangan uang, dan mereka menghabiskan seluruh malam di kereta sempit Trixie sejak semua penginapan penuh. Mereka berkelahi satu sama lain sepanjang malam, dan hari berikutnya berubah menjadi pertukaran hinaan. Hari berikutnya, Starlight menukar gerobak Trixie dengan yang lebih besar tanpa sepengatahuannya. Sangat marah, Trixie mengirimnya pulang kerumah dan mencoba untuk melanjutkan tur nya sendiri. Starlight akhirnya kembali untuk meminta maaf karena melakukan perdagangan, dan mereka membujuk pemilik aslinya, seekor unikorn Saddle Arabian bernama Hoo'Far, yang menikmati pertunjukan di Ponyville, untuk mengembalikan gerobak Trixie dengan mempermalukan diri mereka sendiri di depannya demi persahabatan. Kembali ke Ponyville, Trixie dan Starlight senang karena setidaknya telah mencoba dan belajar bahwa mereka tidak boleh melakukannya lagi.
18920"The Washouts"Denny Lu dan Mike MyhreNick Confalone08 September 2018 (2018-09-08)[nb 9]
Saat Rainbow Dash mengetahui bahwa Scootaloo tertarik pada tim akrobat yang disebut Washouts, dia takut akan kehilangan penggemar nomor satunya. Pertunjukan tim diisi oleh trik berbahaya yang mengesankan Rainbow Dash terlepas dari dirinya sendiri, dan dia menemukan bahwa semua anggotanya adalah buangan dari Wonderbolts, termasuk saingan lamanya Lightning Dust. Penolakan mereka untuk mengikuti protokol keamanan dasar mengkhawatirkan Rainbow Dash, tapi baik dia maupun Spitfire tidak bisa menghilangkan ketertarikan Scootaloo dengan Washouts. Dalam keadaan pemberontakan, Scootaloo bergabung dengan tim jadi dia mendapat kesempatan untuk melakukan sesuatu dengan hebat meski tak bisa terbang. Lightning Dust menekannya untuk melakukan lompatan tanjakan yang sangat berbahaya dan belum teruji dengan skuter bertenaga roket, tetapi Rainbow Dash menyelamatkannya tepat waktu dan skuternya menyeret Lightning Dust jauh ke langit. Mereka saling meminta maaf, Scootaloo karena tidak melihat bahaya Lightning Dust yang di akibatkan dan Rainbow Dash karena tidak menjadi panutan yang lebih baik dan membuat Scootaloo merasa dia tidak akan menjadi sehebat dirinya, dan dia memulai klub penggemar baru untuk menghormati Scootaloo.
19021"A Rockhoof and a Hard Place"Denny Lu dan Mike MyhreKaita Mpambara15 September 2018 (2018-09-15)[nb 10]
Setelah Rockhoof menyebabkan kerusakan pada situs desa lamanya selama penggalian arkeologi, Twilight merekrutnya sebagai guru di School of Friendship. Meskipun para siswa terpikat oleh ceritanya tentang pertempuran dengan sebuah Ursa Major, dia tidak sengaja menggangu pelajaran di seluruh kampus sambil menceritakannya dan melawan apa yang dia pikir adalah api yang tidak terkendali. Twilight dan teman-temannya berusaha mencarikan Rockhoof pekerjaan di Ponyville, tanpa kesuksesan, dan dia dan Applejack membawa dia untuk mengunjungi Pilar lain dan lihat bagaimana mereka beradaptasi dengan masyarakat modern. Kunjungannya meninggalkan Rockhoof lebih sedih, dan setelah secara tidak sengaja mengarahkan kapal angkatan laut hippogriff kandas, dia memutuskan untuk membuat Twilight mengubahnya menjadi patung. Yona membujuknya untuk mempertimbangkan kembali dengan membacakan esai tentang kepahlawanan yang dia tulis untuk kelas, dan dia menemukan bahwa seluruh kota sangat ingin mendengar sisa cerita Ursa Major-nya. Mengakui bahwa Rockhoof dapat berfungsi sebagai koneksi hidup ke masa lalu Equestria, Twilight menunjuknya sebagai Penjaga Cerita di dunia ini.
19122"What Lies Beneath"Denny Lu dan Mike MyhreMichael Vogel22 September 2018 (2018-09-22)[nb 11]
Para Young Six kekhawatiran tentang ujian yang akan datang diperparah oleh komentar Cozy Glow persahabatan itu bertentangan dengan sifat siswa non-poni. Saat cahaya bersinar dari jeruji lantai di perpustakaan School of Friendship mengarahkan mereka ke sebuah jaringan gua, sebuah gambar dari Twilight menempatkan mereka ke serangkaian ujian yang mereka harus lewati untuk melarikan diri. Setiap siswa dihadapkan pada ketakutan terburuknya, tetapi mereka saling membantu untuk mengatasi ini dan membuktikan kepada hantu Twilight, yang sebenarnya adalah Pohon Harmoni, bahwa mereka memahami sifat persahabatan. Saat mereka kembali ke perpustakaan, kelelahan dari petualangan malam, Cozy memninta maaf atas perkataannya sebelumnya dan mengatur agar mereka mendapatkan perpanjangan ujian mereka.
19223"Sounds of Silence"Denny Lu dan Mike MyhreGregory Bonsignore29 September 2018 (2018-09-29)[nb 12]
Saat peta mengirim Applejack dan Fluttershy untuk memecahkan masalah persahabatan di Peaks of Peril, mereka menemukan desa berpenghuni oleh makhluk tenang yang bernama Kirin, yang tidak berbicara dan menunjukan emosi apapun. Kirin buangan yang banyak bicara bernama Autumn Blaze menjelaskan kepada Applejack bahwa pertengkaran antara Kirin pernah menyebabkan mereka berubah menjadi marah, makhluk berapi yang disebut Nirik dan membakar desa mereka. Mereka mandi di aliran ajaib yang mendinginkan emosi mereka, tetapi juga memelankan suara mereka. Autumn kemudian menemukan bunga yang memungkinkan dia dapat berbicara kembali, tetapi warga desa menjadi jengkel dengan obrolannya dan mengasingkannya. Applejack dan Fluttershy berdebat tentang kebijaksanaan memberikan obat kepada orang lain, memimpin Kirin untuk membawa mereka menuju sungai, tapi Autumn datang saat Nirik menghentikan mereka. Kembali ke bentuk Kirin, dia meyakinkan yang lain bahwa mereka dapat menyalurkan kemarahan apa pun yang mereka rasakan ke saluran yang tidak merusak. Setelah sebuah grup tupai memimpin Applejack dan Fluttershy ke bunga yang Autumn gunakan untuk obat, para Kirin mendapatkan kembali suaranya dan mempersilahkan Autumn kembali ke desa.
19324"Father Knows Beast"Denny Lu dan Mike MyhreJosh Haber06 Oktober 2018 (2018-10-06)[nb 13]
Saat Twilight mulai khawatir bahwa didikan Spike di antara kuda poni mungkin telah menahannya dalam menjelajahi warisan naganya,seekor naga bernama Sludge jatuh mendarat di Ponyville. Spike membawanya ke kastil jadi dia dan teman-temannya dapat memulihkan dia dari cederanya, dan Sludge mengungkap bahwa dia adalah ayah Spike dan telah mencoba mencarinya bertahun-tahun. Saat Spike dan Sludge menghabiskan waktu bersama, Sludge membujuk Spike untuk melepaskan gaya hidupnya yang nyaman di kastil, sementara dengan diam-diam pindah dan menikmati kemewahannya untuk sendiri. Ketika Twilight mengungkapkan keprihatinannya, Spike menuduhnya cemburu bahwa dia adalah orang tua asli di kehiudpan, yang menyakiti perasaan Twilight, dan Smolder tidak terkesan dengan kemalasan Sludge dan memberitahu Spike bahwa naga seharusnya tidak bersikap seperti itu. Dengan bantuannya, Spike menipu Sludge untuk berpikir bahwa keduanya akan pindah dari kastil dan masuk ke dalam gua. Sludge mengaku bahwa dia bukan ayah Spike dan pergi, dan Spike meminta maaf kepada Twilight dan mengakuinya sebagai keluarganya.
19425"School Raze" (Part 1)Denny Lu dan Mike MyhreNicole Dubuc13 Oktober 2018 (2018-10-13)[nb 14]
Setelah mantra yang tidak berfungsi membahayakan para siswa, Twilight dan teman-temannya menemukan bahwa sihir menghilang di seluruh Equestria. Atas saran Cozy Glow, mereka pergi ke Tartarus untuk menginterogasi Lord Tirek. Di sekolah, Cozy mengasumsikan peran kepala sekolah meskipun Twilight menunjuk Starlight. Kanselir Neighsay kemudian merebut kendali darinya dan menahan para Young Six, mempercayai mereka yang bertanggung jawab atas menghilangnya sihir. Memalsukan sebuah pengkhianatan untuk melarikan diri, Sandbar meminta bantuan dari para Cutie Mark Crusaders. Namun, Tirek mengungkapkan bahwa dia telah bertukar surat dengan anak didiknya untuk membantunya membalas dendam pada Twilight dan teman-temannya dengan memerangkap mereka di Tartarus. Dibawah sekolah, Sandbar dan para Crusaders menemukan bawhwa Cozy telah menggunakan artefak magis untuk memenjara Starlight dan mneguras semua sihir dari Equestria, berniat untuk memerintahnya sebagai Permaisuri Persahabatan.
19526"School Raze" (Part 2)Denny Lu dan Mike MyhreJosh Haber13 Oktober 2018 (2018-10-13)[nb 15]
Di sekolah, Cozy Glow mengubah para murid menghadapi Kanselir Neighsay, menjebak di kantornya dan meraih kembali kontrol dari sekolah. Sandbar membebaskan sisa para Young Six lainnya yang membebaskan Neighsay dan merumuskan rencana untuk menyingkirkan artefak untuk mematikan mantra pemakan sihir. Cozy mengubah para murid lainnya menghadapi Young Six dengan mengklaim bahwa mereka yang telah menyebabkan hilangnya sihir. Dalam perjuangan, para Young Six terjebak dalam pusaran mantra, tetapi diselamatkan dengan sihir Pohon Harmoni. Menyingkirkan artefak, mantra dimatikan dan sihir di mana-mana dipulihkan. Setelah melarikan diri dari Tartarus dengan memaksa bantuan Tirek, Twilight dan teman-temannya mencegah Cozy melarikan diri dan Twilight berusaha untuk menjelaskan kepadanya bahwa meraih kekuatan bukan tujuan dari persahabatan dan meminta maaf padanya karena tidak bisa mengajarinya pelajaran itu. Neighsay mengembalikan kontrol sekolah kepada Twilight, setelah mengetahui bahwa bukan kuda poni sama-sama mampu berteman. Sekarang terpenjara di Tartarus, Cozy menanyakan Tirek jika dia ingin berteman dengannya.

Perilisan DVD[sunting | sunting sumber]

Equestria Daily melaporkan bahwa sementara Shout! Factory belum merilis juga musim 8 pada DVD dan Blu-ray di Amerika Utara, Myth Entertainment merilis seluruh musim dalam bentuk DVD di Malaysia sendiri pada tanggal 18 Desember 2019.[21]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Dub Finlandia untuk episode ini dirilis melalui Ruutu on Demand pada 16 Mei 2018 di Finlandia.[5]
  2. ^ Episode ini tayang perdana di Tiny Pop pada 6 Juni 2018 di Inggris Raya.[6]
  3. ^ Episode ini tayang perdana di Boomerang pada 29 Juli 2018 di Australia.[7]
  4. ^ Episode ini tayang perdana di Boomerang pada 8:25am AEST, tujuh belas jam sebelum ditayangkan di Discovery Family, di Australia pada 4 Agustus 2018 .[8]
  5. ^ Episode ini tayang perdana di Boomerang pada 5 Agustus 2018 di Australia .[9]
  6. ^ Episode ini tayang perdana di Boomerang pada 11 Agustus 2018 di Australia.[10]
  7. ^ Episode ini ditayangkan pada 20 Juli 2018 sebagai bagian dari blok program "Summer Surprises" Discovery Family.[12]
  8. ^ Episode ini tayang perdana di Boomerang di Australia pada 18 Agustus 2018.[13]
  9. ^ Episode ini tayang perdana di Boomerang pada 19 Agustus 2018 di Australia.[14]
  10. ^ Episode ini tayang perdana di Boomerang pada 25 Agustus 2018 di Australia.[15]
  11. ^ Episode ini tayang perdana di Nickelodeon pada 23 Agustus 2018 di Denmark.[16]
  12. ^ Episode ini tayang perdana di Nickelodeon pada 24 Agustus 2018 di Denmark.[17]
  13. ^ Episode ini tayang perdana di Nickelodeon pada 27 Agustus 2018 di Denmark.[18]
  14. ^ Episode ini tayang perdana di Nickelodeon pada 28 Agustus 2018 di Denmark.[19]
  15. ^ Episode ini tayang perdana di Nickelodeon pada 29 Agustus 2018 di Denmark .[20]
  1. ^ Arielle Tuliao menyediakan suara nyanyian Scootaloo di "Surf and/or Turf" daripada Peters.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Miller, Jim [@TheBiggestJim] (2017-05-25). "["Friendship is Magic: Season 8" coming in 2018 confirmation]" (Tweet). Diakses tanggal 2017-05-25 – via Twitter. 
  2. ^ Sethisto (2017-09-09). "Season 8 of My Little Pony – Major Animatic Released!". Equestria Daily. Diakses tanggal 2017-09-09. 
  3. ^ Albert, Jared (2018-02-08). "The School of Friendship Is Officially Open! Season Eight of My Little Pony: Friendship Is Magic Premieres Saturday, March 24 on Discovery Family" (PDF) (Siaran pers). Miami, Florida: Discovery, Inc. Diakses tanggal 2018-02-08. 
  4. ^ Miller, Jim [@TheBiggestJim] (2018-03-25). "We refer to them as the "Young Six" internally" (Tweet). Diakses tanggal 2018-03-25 – via Twitter. 
  5. ^ "My Little Pony: Ystävyyden taikaa". 
  6. ^ Sethisto (2018-06-05). "Season 8 Episode 13 (The Mean Six) is Airing in the UK Tonight". Equestria Daily. Diakses tanggal 2018-06-05. 
  7. ^ Calpain (2018-07-28). "(AUS) My Little Pony Season 8 Episode 14 – Matter of Principals – Stream / Discussion". Equestria Daily. Diakses tanggal 2018-07-28. 
  8. ^ Calpain (2018-08-03). "(AUS) My Little Pony Season 8 Episode 15 – The Hearth's Warming Club – Stream / Discussion". Equestria Daily. Diakses tanggal 2018-08-03. 
  9. ^ Calpain (2018-08-04). "(AUS) My Little Pony Season 8 Episode 16 – Friendship University – Stream / Discussion". Equestria Daily. Diakses tanggal 2018-08-04. 
  10. ^ Calpain (2018-08-10). "(AUS) My Little Pony Season 8 Episode 17 – The End in Friend – Stream / Discussion". Equestria Daily. Diakses tanggal 2018-08-10. 
  11. ^ Miller, Jim (2018-07-20), [Confirmation of "Yakity-Sax" Being Season Eight's Episode 18], Twitter, diakses tanggal 2018-07-20 
  12. ^ Sethisto (2018-07-20). "My Little Pony Season 8 Episode 18 – Yakity-Sax – Stream / Discussion". Equestria Daily. Diakses tanggal 2018-07-20. 
  13. ^ Calpain (2018-08-17). "(AUS) My Little Pony Season 8 Episode 19 – On the Road to Friendship – Stream / Discussion". Equestria Daily. Diakses tanggal 2018-08-17. 
  14. ^ Calpain (2018-08-18). "(AUS) My Little Pony Season 8 Episode 20 – The Washouts – Stream / Discussion". Equestria Daily. Diakses tanggal 2018-08-18. 
  15. ^ Calpain (2018-08-24). "(AUS) My Little Pony Season 8 Episode 21 – A Rockhoof and a Hard Place – Stream / Discussion". Equestria Daily. Diakses tanggal 2018-08-24. 
  16. ^ Sethisto (2018-08-22). "(Updated) Danish MLP S8 Episode Airing Tonight – What Lies Beneath". Equestria Daily. 
  17. ^ Sethisto (2018-08-23). "Season 8 Episode 23 "Sounds of Silence" Airing Tonight in Denmark". Equestria Daily. 
  18. ^ Sethisto (2018-08-26). "Season 8 Episode 24 – Father Knows Best – Denmark Release Tonight". Equestria Daily. 
  19. ^ Sethisto (2018-08-27). "Season 8 Episode 25 – School Raze – Denmark Release Tonight". Equestria Daily. 
  20. ^ Sethisto (2018-08-28). "Season 8 Episode 26 – School Raze Part 2 – Denmark Release Tonight". Equestria Daily. 
  21. ^ Sethisto (18 December 2019). "My Little Pony Friendship Is Magic Season 8 DVD". Equestria Daily. Diakses tanggal 7 May 2020.