Waktu di Australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Waktu standar diperkenalkan ke Australia pada tahun 1890-an ketika semua koloni mengadopsi waktu standar. Sebelum berganti ke waktu standar, semua kotamadya lokal bebas menetapkan waktu lokalnya sendiri, yang disebut waktu lokal. Australia memiliki tiga zona waktu standar dari GMT: timur (UTC+10), tengah (UTC+9:30) dan barat (UTC+8).[1] Juga ada sejumlah wilayah yang menggunakan zona tak resmi "barat tengah" (UTC+8:45). Kebanyakan teritori luar Australia juga menggunakan zona waktu berbeda.

Nama yang cocok untuk zona waktu Australia bermacam. Di dunia internasional sering disebut Australian Eastern Standard Time (AEST; Waktu Standar Timur Australia), Australian Central Standard Time (ACST; Waktu Standar Tengah Australia), Australian Western Standard Time (AWST; Waktu Standar Barat Australia), and Australian Central Western Standard Time (ACWST; Waktu Standar Barat Tengah Australia). Di dalam negeri, kata "Australian" dihapus.

New South Wales (NSW), Teritorial Ibukota Australia (ACT), Victoria (Vic), Australia Selatan (SA), dan Tasmania menggunakan waktu musim panas setiap tahun. Australia Barat, Queensland dan Teritorial Utara tidak menggunakan waktu musim panas.

Meskipun negara bagian dan teritori mempunyai kekuasaan untuk menetapkan jenis waktu, waktu standar masing-masing ditetapkan sesuai Waktu Universal Terkoordinasi (UTC), sebagaimana ditentukan Lembaga Berat dan Ukuran Internasional dan disebutkan di bagian 8AA National Measurement Act 1960 Persekutuan Australia.

Zona waktu[sunting | sunting sumber]

Zona waktu Australia ketika menggunakan waktu standar

Standardisasi waktu di Australia dimulai tahun 1892, ketika surveyor dari koloni Australia bergabung di Melbourne untuk Konferensi Surveyor Antarkoloni. Delegasi-delegasi menerima saran Konferensi Meridian Internasional 1884 untuk mengadopsi Waktu Greenwich (GMT) sebagai dasar waktu standar, dan sama dengan seluruh dunia, menggunakan sistem zona waktu dengan perbedaan beberapa jam dari GMT. Koloni-koloni memberlakukan undang-undang ini, yang berlaku bulan Februari 1895. Australia Barat mendahului GMT 8 jam, Australia Selatan 9 jam, dan Queensland, New South Wales, Victoria dan Tasmania 10 jam. Tiga zona waktu ini dikenal sebagai Waktu Standar Barat, Tengah dan Timur.

Bulan Mei 1899, Australia Selatan mempercepat Waktu Standar Tengah menjadi 30 menit. Usaha tahun 1986 dan 1994 untuk memundurkan atau memajukan 30 menit lagi gagal[butuh rujukan].

Ketika Teritorial Utara berpisah dari Australia Selatan, wilayah ini memperoleh Waktu Standar Tengah; sebagaimana ketika Teritorial Ibukota Australia dibentuk, wilayah itu memperoleh Waktu Standar Timur.

Sejak itu, satu-satunya perubahan besar adalah penggunaan Waktu Standar Tengah di Broken Hill, New South Wales, dan penggunaan GMT+10:30 di Lord Howe Island.

Beberapa kota di Eyre Highway di ujung tenggara Australia Barat, dari perbatasan Australia Selatan hampir ke Caiguna, menggunakan sebuah zona waktu tak resmi - Waktu Standar Barat Tengah - yang maju 45 menit dari Waktu Standar Barat yang resmi.[butuh rujukan]

Peraturan negara bagian[sunting | sunting sumber]

Di Victoria, Australia Selatan, Tasmania dan ACT, tanggal awal dan akhir waktu musim panas ditetapkan resmi oleh proklamasi, deklarasi atau regulasi yang dibuat oleh gubernur negara bagian atau menteri yang bertanggung jawab. Instrumen seperti itu hanya berlaku untuk satu tahun dan sehingga bagian ini hanya merujuk pada undang-undang. Di New South Wales dan Australia Barat, tanggal awal dan akhir ditetapkan oleh peraturan.

Western Standard Time (AWST) - UTC+8 jam

Central Standard Time (ACST)- UTC+9:30 jam

Eastern Standard Time (AEST) - UTC+10 jam

Anomali[sunting | sunting sumber]

Kota Broken Hill (di Yancowinna County), di barat jauh New South Wales, mengikuti waktu Australia Selatan.

Sejumlah kota di Eyre Highway di ujung tenggara Australia Barat, antara perbatasan Australia Selatan hingga Caiguna, tidak mengikuti waktu resmi Australia Barat. Tetapi, mereka menggunakan Waktu Standar Barat Tengah yang tidak resmi, yang merupakan setengah jalan antara waktu Barat dan Timur--UTC+8:45. Wilayah ini mempertahankan perbedaannya dari UTC ketika waktu musim panas diperkenalkan di Australia Selatan. Selama percobaan waktu musim panas di Australia Barat dari 2006-2009, wilayah Barat Timur juga menetapkan jamnya maju satu jam pada musim panas lokal

Kota yang mengikuti zona ini adalah Madura, Mundrabilla, Eucla dan Border Village di Australia Selatan. Jumlah penduduk wilayah ini diperkirakan 200 jiwa.[12]

Kereta api Indian Pacific memiliki zona waktunya sendiri - disebut "waktu kereta" ketika bepergian antara Kalgoorlie dan Port Augusta yang masuk dalam UTC+9 jam sepanjang November 2005 ketika waktu musim panas digunakan di timur. Ini dikarenakan perbedaan 2 1/2 jam antara Australia Selatan dan Australia Barat.

Sejumlah resor pulau di Queensland Utara secara tidak resmi mengadopsi waktu musim panas untuk aktivitas dan acara di sana.

Teritori luar[sunting | sunting sumber]

Banyak teritori luar Australia mengikuti zona waktunya sendiri.

Teritori Standar DST
Kepulauan Heard dan McDonald UTC+5 tanpa DST
Kepulauan Cocos (Keeling) UTC+6:30 tanpa DST
Pulau Natal CXT UTC+7 tanpa DST
Pulau Lord Howe UTC+10:30 setengah jam
Pulau Norfolk NFT UTC+11:30 tanpa DST
Teritori Antarktika Australia - Mawson UTC+6  ?
Teritori Antarktika Australia - Davis UTC+7  ?
Teritori Antarktika Australia - Casey UTC+8  ?

Waktu musim panas[sunting | sunting sumber]

Zona waktu Australia selama waktu musim panas (dari musim semi selatan hingga musim gugur selatan)

Pilihan untuk menggunakan waktu musim panas (DST) atau tidak itu bergantung pada negara bagian dan teritori masing-masing. Tetapi selama Perang Dunia I dan Perang Dunia II semua negara bagian dan teritori menggunakan waktu musim panas. Tahun 1968 Tasmania menjadi negara bagian pertama sejak perang untuk menggunakan waktu musim panas.

New South Wales, Teritorial Ibukota Australia, Victoria, Tasmania dan Australia Selatan menggunakan DST setiap tahun. Ini mengakibatkan tiga zona waktu bertambah menjadi lima selama periode musim panas. Waktu Australia Selatan menjadi UTC+10:30, disebut Central Summer Time (CST; Waktu Musim Panas Tengah) atau Central Daylight Time (CDT), kemungkinan dengan awalan "Australian" (ACST atau ACDT). Waktu di negara bagian tenggara menjadi UTC+11, menggunakan "Eastern" di nama zona waktunya daripada "Central", dengan singkatan EST, EDT, AEST, atau AEDT.

Secara resmi, perubahan ke dan dari DST terjadi pada pukul 2:00 siang waktu standar lokal (yaitu 3:00 siang DST) pada hari Minggu tertentu.

Di negara bagian pengguna DST, sebagian besar memulainya di Minggu terakhir bulan Oktober, dan berakhir Minggu terakhir bulan Maret, hingga tahun 2008. Tasmania, karena terletak di lintang selatan yang lebih jauh, memulai DST lebih awal, di Minggu pertama bulan Oktober, dan berakhir Minggu pertama bulan April.

Tanggal 12 April 2007, New South Wales, Victoria, Tasmania dan Teritorial Ibukota Australia setuju memulai dan mengakhiri tanggal untuk DST. Sejak periode 2008/09, awal DST di negara bagian ini dan di Australia Selatan berawal pada Minggu pertama bulan Oktober dan berakhir Minggu pertama bulan April.

Queensland (AEST), Teritorial Utara (ACST) dan Australia Barat (AWST) tidak menggunakan DST.

Negara bagian/Teritori Awal DST Akhir DST
Australia Barat N/A N/A
Australia Selatan Minggu pertama Oktober Minggu pertama April
Teritorial Utara N/A N/A
Queensland N/A N/A
New South Wales Minggu pertama Oktober Minggu pertama April
Teritorial Ibukota Australia Minggu pertama Oktober Minggu pertama April
Victoria Minggu pertama Oktober Minggu pertama April
Tasmania Minggu pertama Oktober Minggu pertama April

Debat mengenai waktu musim panas - Percobaan dan Referenda[sunting | sunting sumber]

Opini publik mengenai waktu musim panas di Queensland bermacam-macam. Warga dan perkantoran di daerah perbatasan Queensland-New South Wales mengeluh ketidaknyamanan yang disebabkan perbedaan waktu di perbatasan. Queensland dan Teritorial Utara belum menggunakan waktu musim panas karena perbedaan musim di musim panas semakin berkurang karena semakin dekat dengan khatulistiwa. Bekas Premier Queensland Peter Beattie mengklaim bahwa waktu musim panas di Queensland dapat meningkatkan jumlah penderita kanker kulit di negara bagian ini, sebuah klaim yang tidak ada buktinya menurut Queensland Cancer Fund.[13]

Australia Barat telah melaksanakan pembicaraan mengenai waktu musim panas, dengan diadakan empat kali pemungutan suara: tahun 1975, 1984, 1992, dan 2009. Semuanya dikalahkan. Pemilih menyuarakan "tidak" sebesar 54.57% tahun 2009, yang tertinggi dari semua pemungutan suara. Setiap referendum mengikuti satu periode percobaan di mana negara bagian menggunakan waktu musim panas. Tiga pertama mengikuti percobaan satu tahun, sementara Western Australian Daylight Saving Bill (No. 2) 2006 menetapkan awal percobaan waktu musim panas pada 3 Desember 2006 dan berjalan selama tiga tahun.[14]

Acara khusus[sunting | sunting sumber]

Tahun 2000, semua yurisdiksi timur yang menggunakan waktu musim panas — New South Wales, Victoria, Teritorial Ibukota Australia dan Tasmania — memulai waktu musim panas lebih awal, karena Olimpiade Musim Panas 2000 di Sydney. Yurisdiksi ini berubah 27 Augstus 2000. Australia Selatan tidak berubah hingga waktu reguler, di mana pada tahun itu jatuh pada tanggal 29 Oktober.

Tahun 2006, semua negara bagian yang mengikuti waktu musim panas (negara bagian yang disebutkan di atas termasuk Australia Selatan) menunda kembalinya Waktu Standar selama seminggu, karena 2006 Commonwealth Games di Melbourne. Waktu musim panas berakhir tanggal 2 April 2006.

Akurasi dan standar[sunting | sunting sumber]

Meskipun Australia telah mempertahankan versi waktu atom Coordinated Universal Time (UTC) sejak 1990-an, Greenwich Mean Time (GMT) masih menjadi dasar formal untuk waktu standar semua negara bagian hingga 2005. Bulan November 2004, jaksa umum negara bagian dan teritori mengeluarkan proposal dari Australian National Measurement Institute untuk menggunakan UTC sebagai standar semua waktu standar Australia, dan menghapus efek sedikit perbedaan terhadap rotasi Bumi yang lebih menonjol pada waktu matahari. Semua negara bagian telah mengadopsi standar UTC, dimulai 1 September 2005.

Aturan yang berkaitan dengan waktu[sunting | sunting sumber]

Dalam beberapa hal, waktu ketika sesuatu harus diselesaikan sudah jelas: yaitu waktu standar atau waktu musim panas yang ditetapkan di bawah peraturan negara bagian akan dijalankan.

Aturan ini adalah bila sesuatu harus diselesaikan dalam waktu tertentu, untuk orang yang diminta melakukan sesuatu agar dapat selesai tepat waktu. Contohnya, bila seseorang membuat tawaran ("penawar"), katakanlah, menjual sesuatu dan menetapkan waktu kapan tawaran ini harus diterima, orang yang menerima tawaran ini harus menyampaikan penerimaan kepada penawar di mana penawar berada dan pada waktu yang ditentukan oleh penawar, di mana penawar berada. Hal ini memiliki signifikansi ketika waktu lokal dua pihak berbeda.

Sebagai aturan umum, seseorang yang diminta untuk melakukan sesuatu (contohnya membayar uang) harus menjamin bahwa kelakuannya itu dilakukan tepat waktu. Bila ia tak dapat melakukannya tepat waktu, katakanlah, kantor di mana uang tersebut harus dibayarkan ditutup karena akhir pekan atau hari libur umum, kemudian orang tersebut harus melakukannya sebelum kantor tersebut tutup. Hal ini berlaku khususnya pada kantor-kantor pemerintah, yang hanya buka selama waktu-waktu tertentu.

Juga umum untuk memperjelas dalam kontrak bahwa waktu ketika sesuatu harus dilakukan jatuh pada akhir pekan atau hari libur umum, kemudian sesuatu itu harus dilakukan di hari bisnis berikutnya, atau di hari bisnis sebelum akhir pekan atau hari libur umum.

Waktu nasional[sunting | sunting sumber]

Tetapi, ada situasi di mana sebuah waktu nasional beroperasi. Dalam hal aktivitas bisnis, sebuah waktu nasional dapat berlaku. Contohnya, seorang prospektus untuk masalah saham suatu perusahaan akan menetapkan waktu penutupan saham di beberapa tempat (contohnya Sydney) sebagaimana waktu ketika tawaran harus diterima, terlepas dari sumber tawaran. Sama, tender biasanya menetapkan waktu pada tempat-tempat tertentu di mana mereka harus diterima untuk dipertimbangkan. Contoh lainnya adalah Australian Stock Exchange yang beroperasi pada AEST.

Di sisi lain, peraturan Persekutuan mendorong waktu standar buatan negara bagian di sejumlah situasi. Contohnya, dalam waktu kerja normal karyawan Persekutuan, pengakuan hari libur umum, dll. Secara signifikan, aturan ini juga bergantung pada waktu lokal untuk pemilihan federal, sehingga waktu pengambilan suara di Australia Barat tutup, dua jam setelah negara bagian di pantai timur. Seperti itu juga, dokumen yang perlu dikirim ke Pengadilan Federal harus dikirimkan berdasarkan waktu lokal; dengan berlakunya apabila ada kesalahan untuk mengirimkan dokumen tepat waktu di negara bagian timur, dokumen ini masih bisa dikirimkan (dalam dua jam) ke Australia Barat.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Official government website[1]
  2. ^ http://www.slp.wa.gov.au/statutes/swans.nsf/5d62daee56e9e4b348256ebd0012c422/584023b76077504a482570bb002576e3/$FILE/Standard%20Time%20Act%202005.PDF
  3. ^ http://www.legislation.sa.gov.au/LZ/C/A/Standard%20Time%20Act%202009.aspx
  4. ^ http://www.legislation.sa.gov.au/LZ/C/A/DAYLIGHT%20SAVING%20ACT%201971.aspx
  5. ^ http://notes.nt.gov.au/dcm/legislat/legislat.nsf/d989974724db65b1482561cf0017cbd2/5e76fcb5843998606925706f0023b1da?OpenDocument
  6. ^ http://www.legislation.qld.gov.au/LEGISLTN/CURRENT/S/StandTimeA1894.pdf
  7. ^ http://www.legislation.nsw.gov.au/viewtop/inforce/act+149+1987+FIRST+0+N/?autouery=(FragmentSGML%3D((%22Standard%22%20AND%20%22Time%22%20AND%20%22Act%22%20AND%201987%20AND%20%22No%22%20AND%20149)))%20AND%20((RecordType%3D%22ACTFRAG%22%20and%20Repealed%3D%22N%22)%20OR%20(RecordType%3D%22SRFRAG%22%20and%20Repealed%3D%22N%22))&dq=Document%20Types%3D%22Acts,%20Regs%22,%20All%20Words%3D%22Standard%20Time%20Act%201987%20No%20149%22,%20Search%20In%3D%22Text%22&fullquery=(((%22Standard%22%20AND%20%22Time%22%20AND%20%22Act%22%20AND%201987%20AND%20%22No%22%20AND%20149)))
  8. ^ http://www.legislation.act.gov.au/a/1972-34/default.asp
  9. ^ http://www.dms.dpc.vic.gov.au/Domino/Web_Notes/LDMS/PubLawToday.nsf/2184e627479f8392ca256da50082bf3e/F78FB3D5D1D4D406CA2570690016B43F/$FILE/72-8297a012.pdf
  10. ^ http://www.thelaw.tas.gov.au/tocview/index.w3p;cond=;doc_id=4%2B%2B1895%2BGS1%2FEN%2B20071102000000;histon=;prompt=;rec=;term=
  11. ^ http://www.thelaw.tas.gov.au/tocview/index.w3p;cond=ALL;doc_id=77%2B%2B2007%2BAT%40EN%2B20090415050000;histon=;prompt=;rec=;term=
  12. ^ Border sign
  13. ^ "Daylight saving cancer claim disputed". The Sydney Morning Herald (dalam bahasa English) (Fairfax Media). 2006-10-24. Diakses 2007-07-07. 
  14. ^ http://www.parliament.wa.gov.au/parliament/bills.nsf/9A1B183144403DA54825721200088DF1/$File/Bill175-1B.pdf

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]