Daftar karakter My Little Pony: Friendship Is Magic

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Poster My Little Pony 2011: Friendship Is Magic Comic-Con yang menggambarkan banyak karakter dari musim pertama.

Berikut adalah daftar karakter dari My Little Pony: Friendship Is Magic, sebuah serial televisi animasi berdasarkan alur mainan My Little Pony yang dibuat oleh produsen mainan dan perusahaan multimedia Amerika Hasbro. Serial ini menampilkan karakter dan latar yang dikembangkan oleh Lauren Faust, yang berusaha membuat karakter yang lebih mendalam daripada ikon stereotip "feminin" yang digunakan dalam iterasi waralaba sebelumnya. Serial ini ditayangkan perdana pada 10 Oktober 2010, di Amerika Serikat dan berakhir pada 12 Oktober 2019.

Karakter-karakter tersebut secara umum diterima dengan baik oleh kritikus televisi dan kelompok orang tua, dan disebut-sebut sebagai salah satu alasan mengapa penggemar lama serial ini, yang disebut "brony", menjadi tertarik pada pertunjukan tersebut. Karakter Friendship adalah Magic muncul di banyak media waralaba berputar, termasuk seri buku komik, permainan video Gameloft My Little Pony, seri buku anak-anak, adaptasi film teater dan seri film putaran berjudul My Little Pony: Equestria Girls, di mana beberapa karakter Friendship is Magic direvisi sebagai manusia di lingkungan sekolah menengah.

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Mane Six[sunting | sunting sumber]

Mane Six (Bahasa Indonesia: Enam Surai) adalah sebutan untuk tokoh utama dalam kartun My Little Pony: Friendship Is Magic ini yang terdiri dari enam tokoh utama dan ditambah tokoh seekor bayi naga dan berikut adalah daftarnya:

Putri Twilight Sparkle[sunting | sunting sumber]

Twilight Sparkle merupakan tokoh utama[1][2] dari serial kartun ini yang berdasarkan dari My Little Pony generasi pertama yaitu mainan unicorn Twilight, dia juga tokoh yang pertama kali muncul dalam awal-awal musim My Little Pony generasi ke-empat. Karakter ini memiliki tubuh berwarna ungu dengan surai perpaduan warna biru dongker, indigo dan magenta. Karakter ini digambarkan memiliki sifat pintar, patuh dan dia suka sekali membaca buku sehingga dia cakap dalam mempelajari ilmu sihir unicorn seperti levitasi, teleportasi, dan penciptaan medan gaya. Dia memiliki hewan peliharaan seekor burung hantu yang bernama "Owlowiscious".[3] Elemen yang dimiliki Twilight Sparkle adalah element of magic atau elemen keajaiban.

Ciri karakter Twilight yang paling menentukan adalah kerendahan hatinya. Dia adalah pemimpin yang lahir alami, seorang sarjana yang cerdas dan berbakti, bijaksana melampaui usianya, dengan kecintaan yang besar pada pembelajaran dan penemuan ilmiah. Keterampilannya dalam sihir menyaingi Star Swirl the Bearded, telah menguasai berbagai mantra tingkat lanjut sebelum dia naik ke status alicorn. Dia juga rentan mengalami gangguan saraf saat dihadapkan pada masalah sulit atau hal-hal di luar pemahamannya, meskipun dia secara bertahap mengatasi kebiasaan ini di musim terakhir.

Twilight juga muncul di sebaai karakter utama di dua flm spin-off pertama waralaba My Little Pony: Equestria Girls, yang dimana dia bepergian ke dunia manusia, berteman dengan rekan-rekan manusia dari teman-temannya dan mereformasi Sunset Shimmer, yang akhirnya menjadi guru, mentor, dan penasihatnya.

Spike[sunting | sunting sumber]

Spike adalah salah satu tokoh utama seekor bayi naga berwarna ungu dalam serial kartun My Little Pony: Friendship Is Magic. Spike yatim piatu sebagai telur dan ditetaskan oleh Twilight sebagai bagian dari ujian masuknya untuk akademi Celestia, dan teman baik sekaligus menjadi asisten pribadi Twilight Sparkle. Dia memiliki kemampuan ajaib untuk mengirim dan menerima surat kepada Putri Celestia dengan hembusan nafas api berwarna hijau.

Faust membayangkan karakternya sebagai "anak laki-laki kecil yang sensitif yang memiliki banyak saudara perempuan dan tampaknya lebih akrab dengan perempuan".[4] Tentang peran Spike sebagai naga di luar yang tinggal di antara kuda poni, Meghan McCarthy berkata, "Dia mencoba mencari tahu siapa dia. Apa selain menjadi asisten Twilight adalah perannya di dunia ini? Saya pikir dia benar-benar mencerminkan bagaimana perasaan semua orang di beberapa titik dalam hidup mereka".[5]

Applejack[sunting | sunting sumber]

Applejack adalah poni bumi berwarna oranye dengan surai berwarna kuning pirang yang diikat. Dia digambarkan sebagai sosok "farm girl" yang suka memakai topi koboi dan laso dan berbicara dengan aksen Texas Selatan. Dia bekerja sebagai petani apel di perkebunan Sweet Apple Acres di Ponyville. Dia tinggal dengan neneknya Granny Smith, kakak laki-lakinya Big McIntosh, adik perempuannya Apple Bloom. Orang tua Applejack, Bright Mac dan Pear Butter (disuarakan oleh Bill Newton dan Felicia Day), pertama kali terlihat di "The Perfect Pear", sudah meninggal. Karakter Applejack sendiri adalah karakter yang jujur, pekerja keras dan mudah dipercaya.[2] Dia memiliki hewan peliharaan seekor anjing yang diberi nama "Winona". Elemen yang dimiliki Applejack adalah element of honesty atau elemen kejujuran.

Penulis Begin mengatakan bahwa tanda cutie bertema apel "tidak hanya mewakili namanya tetapi juga merupakan simbol kesederhanaan rumah tangga yang ditemukan dalam buah klasik dan umum". Ketika ditanya apakah Applejack dan Rainbow Dash secara romantis terlibat dalam pengaturan masa depan "The Last Problem", pengawas serial Jim Miller menjawab, "Terserah pemirsa individu untuk memutuskan apa keduanya bagi satu sama lain."[6]

Rainbow Dash[sunting | sunting sumber]

Rainbow Dash adalah kuda pegasus dengan tubuh berwarna biru langit dengan surai berwarna pelangi.[2] Karakter ini berdasarkan dari My Little Pony generasi pertama yaitu Firefly toy. Karakter ini memiliki sifat berani, tegas, tomboy dan kesetiaan terhadap temannya sangat tinggi sekali. Dia bekerja sebagai pengendali cuaca atau pawang hujan di Ponyville. Dia juga memiliki hewan peliharaan seekor kura-kura yang diberi nama "Tank" dan Rainbow Dash adalah salah satu kuda pegasus yang mampu terbang dengan sangat cepat di langit sehingga dia mampu menciptakan fenomena Sonic Rainboom, ledakan sonik berwarna pelangi; itu ditampilkan dalam episode kedua puluh tiga musim pertama "The Cutie Mark Chronicles" Sonic Rainboom pertama Rainbow Dash sebagai anak kuda menyebabkan rangkaian peristiwa yang menghasilkan tanda cutie Mane Six. Elemen yang dimilikinya adalah element of loyalty atau elemen kesetiaan.

Faust berjuang untuk menemukan aspek yang cocok untuk Elemen Harmoni Rainbow Dash, melihat karakter sebagai "egois dan agak tidak bertanggung jawab". Dia akhirnya memilih Elemen Kesetiaan karena "membawa sifat positif [Rainbow Dash]".[7] Ketika ditanya apakah Applejack dan Rainbow Dash terlibat asmara dalam pengaturan masa depan "The Last Problem", pengawas seri Jim Miller menjawab, "Terserah pemirsa individu untuk memutuskan apa keduanya satu sama lain."[6]

Pinkie Pie[sunting | sunting sumber]

Pinkie Pie yang memiliki nama lengkap (Pinkamena Diane Pie), dia adalah poni bumi berwarna merah muda.[2] Karakter ini berdasarkan dari My Little Pony generasi ke tiga dengan nama yang sama. Dia bekerja sebagai konsultan perencana pesta di Sugarcube Corner, selain itu dia juga bekerja sebagai pembuat roti dan bekerja di toko permen di Ponyville. Dia juga mempunyai hewan peliharaan seekor bayi buaya yang diberi nama "Gummy". Karakter Pinkie Pie sendiri adalah karakter yang ceria, humoris, enerjik, hiperaktif dan cakap dalam berbicara. Elemen yang dimilikinya adalah element of laughter atau elemen Keceriaan/elemen tawa.

Di episode awal, Faust bekerja untuk menggambarkan Pinkie sebagai "jiwa bebas" untuk mengatasi masalah karakter yang dianggap terlalu "hiper" dan "bodoh". Saat tim kreatif semakin nyaman dengan karakter dan humor Pinkie, dia menjadi "benar-benar aneh dan hampir gila, dengan sihir kartun aneh miliknya sendiri".[8] Sepanjang acara, tergantung episode atau adegannya, Teman-teman Pinkie bergantian antara tidak menyukai dan menikmati kebersamaannya, keduanya mengabaikannya ketika dia mencoba berbicara dengan mereka, tetapi melakukan hal-hal dengannya seperti membuat lelucon atau bermain bola. Di pengaturan masa depan "The Last Problem", Pinkie terbukti menikah dengan Cheese Sandwich dengan seorang anak bernama Li'l Cheese.

Rarity[sunting | sunting sumber]

Rarity adalah kuda unicorn berwarna putih dengan surai keriting berwarna ungu. Karakter ini berdasarkan dari My Little Pony generasi pertama yaitu ponies Glory dan Sparkler. Dia adalah pecinta fesyen atau fashionista dan dia mengembangkan bisnis butik di Ponyville dengan nama Carousel Boutique. Meskipun dia kadang-kadang mudah putus asa dalam bisnisnya, namun dia dengan murah hati dan terus berusaha untuk terus berinovasi menciptakan gaun yang pas dengan inner beauty pemakainya. Dia memiliki hewan peliharaan seekor kucing persia yang diberi nama "Opalescence" dan biasanya dipanggil "Opal" saja.[2] Elemen yang dimiliki Rarity adalah element of generosity atau elemen kedermawanan.

Ide asli Faust untuk Elemen harmoni Rarity adalah "inspirasi", tetapi diubah menjadi "kedermawanan" setelah tim produksi menganggap yang pertama "terlalu banyak pemikir, terutama untuk anak-anak". Faust senang dengan perubahan itu, mengatakan itu "benar-benar membantu menjauhkan [Rarity] dari stereotip, debutan yang tidak disukai".[7] Dia mengutip Audrey Hepburn sebagai pengaruh terbesarnya untuk Rarity,[9] dan juga mengatakan bahwa penampilan histrionik Tabitha St. Germain "menambahkan humor pada Rarity yang tidak terduga dan luar biasa".[10]

Fluttershy[sunting | sunting sumber]

Fluttershy merupakan kuda pegasus berwarna kuning dengan surai merah muda yang panjang menjuntai. Karakter ini berdasarkan dari My Little Pony generasi pertama yaitu earth pony Posey. Dilihat dari namanya, sudah jelas karakter ini memiliki sifat pemalu, lembut, gaya bicaranya kalem, dan dia penyayang binatang serta pecinta lingkungan. Meskipun dia terlihat memiliki banyak hewan peliharaan di rumahnya namun hewan peliharaan seekor kelinci yang diberi nama "Angel Bunny" adalah peliharaan favoritnya.[2] Elemen yang dimilikinya adalah element of Kindness atau elemen kebaikan.

Faust menikmati menulis untuk Fluttershy yang paling banyak dari karakter acara karena perjuangannya yang "berhubungan" dengan rasa takut, yang menurut Faust membawa potensi "tidak hanya untuk penceritaan yang hebat tetapi [juga] pembuatan film yang hebat".[8] Ketika ditanya apakah Fluttershy dan Discord terlibat secara romantis dalam pengaturan masa depan "The Last Problem", Jim Miller menjawab bahwa itu "terbuka untuk interpretasi."[11]

Tokoh Pendukung[sunting | sunting sumber]

Cutie Mark Crusaders[sunting | sunting sumber]

Cutie Mark Crusaders (Bahasa Indonesia: Pejuang Tanda Istimewa) adalah sebutan untuk kelompok atau geng yang terdiri yang terdiri dari Apple Bloom, Adik perempuan Applejack dan Big McIntosh, Sweetie Belle, Adik perempuan Rarity, dan Scootaloo, seekor anak kuda pegasus yang menderita ketidakmampuan untuk terbang dan mengidolakan Rainbow Dash. Setelah para anak kuda poni berteman satu sama lain dan membentuk klub di "Call of the Cutie", mereka bertualang sambil mencoba menemukan bakat khusus mereka dan mendapatkan tanda cutie mereka. Selanjutnya di "Crusaders of the Lost Mark", mereka akhirnya mendapatkan tanda cutie mereka, dengan bakat mereka untuk membantu kuda poni lain menemukan bakat mereka. Di "Marks for Effort", mereka menjadi tutor untuk Sekolah Persahabatan. Lauren Faust menyatakan bahwa Cutie Mark Crusaders terinspirasi dari serial kartun The Powerpuff Girls yang kebetulan sama-sama terdiri dari tiga karakter dan pernah terlibat dalam pembuatan serial kartun The Powerpuff Girls.[12]

  • Applebloom (disuarakan oleh Michelle Creber) – Applebloom merupakan kuda poni bumi, adik dari Applejack. Dia memiliki surai berwarna merah dan memakai pita di kepalanya. Dalam perjuangannya, akhirnya ia mendapat Cutie Mark (Tanda bakat) berupa tameng yang berwarna merah dan ditengahnya terdapat gambar Apel yang menandakan dirinya sebagai anggota keluarga apple.[13]
  • Swetie Belle (disuarakan oleh Claire Corlett) – Swetie Belle merupakan kuda poni unikorn, adik dari Rarity. Dia berwarna putih seperti kakaknya. Dia juga mendapat tanda bakat berupa tameng yang ditengahnya terdapat bintang dan dalamnya terdapat simbol tangga lagu.
  • Scootaloo (disuarakan oleh Madeleine Peters) – Anak kuda pegasus yang menderita ketidakmampuan terbang, dan sebagai gantinya menggunakan sayapnya untuk menggerakkan skuternya yang dibuat khusus. Dia mengidolakan Rainbow Dash sebagai sosok kakak perempuan tertua, adalah presiden fanclub "Wonderbolt Dash", dan sering mencoba meniru sikap dan keterampilan atletik Rainbow Dash; Rainbow Dash mencintai dan membimbing Scootaloo, memanggilnya "adik perempuan paling mengagumkan yang pernah ada".[13] Scootaloo tinggal bersama Bibi Holiday (disuarakan oleh Jackie Blackmore), seekor kuda poni bumi, dan Bibi Lofty (disuarakan oleh Saffron Henderson), seekor pegasus, sedangkan orang tuanya, Snap Shutter (disuarakan oleh Bill Newton), ayahnya kuda poni bumi dan adik Bibi Holiday, dan Mane Allgood (disuarakan oleh Emily Tennant), ibu pegasusnya, adalah petualang keliling dunia yang mempelajari tumbuhan dan makhluk eksotis untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan pengobatan.

Anggota kehormatan[sunting | sunting sumber]

Selain para trio utama, terdapat yang lain diterima di Cutie Mark Crusaders di seluruh seri:

  • Babs Seed (disuarakan oleh Brynna Drummond) – Sepupu Apple yang "tangguh berbicara dari Manehattan",[13] memulai debutnya di "One Bad Apple". Dia diciptakan sebagai perundung "sisi kosong" dari Cutie Mark Crusaders "yang perilakunya adalah hasil dari ketidakamanan yang dapat dihubungkan oleh para Crusaders dan pada akhirnya membantunya mengatasi". Dia bergabung dengan para Crusaders dan membentuk cabang klubnya sendiri di Manehattan karena, menurut McCarthy, "Kami memiliki tiga Crusaders kami di Ponyville dan tidak ingin menambahkan yang keempat permanen".[13] Babs mendapatkan tanda cutienya sebagai penata rambut di "Bloom & Gloom".
  • Gabby (disuarakan oleh Erin Mathews) – Seekor Griffon wanita yang ramah dan antusias dan orang buangan sosial dari Griffonstone yang bergabung dengan para Crusaders di akhir debutnya di "The Fault in Our Cutie Marks", mengikuti upayanya yang gagal untuk mendapatkan tanda cutienya sendiri. Dia kembali di "Dragon Dropped", ketika dia ditampilkan menjadi sahabat pena dengan Spike.

Karakter Keluarga Kerajaan[sunting | sunting sumber]

Karakter ini terdiri dari 4 tokoh yang sebenarnya 2 tokoh asli yang memiliki gelar kerajaan, dan dua tokoh berikutnya yang memiliki gelar kerajaan karena hubungan pernikahan. Kumpulan karakter ini memiliki komposisi 3 tokoh putri dan 1 tokoh pangeran.

Putri Celestia[sunting | sunting sumber]

Putri Celestia adalah poni Alikorn putih, penguasa Equestria dan mantan mentor Twilight. Celestia telah memerintah Equestria selama lebih dari seribu tahun, dan dia menggunakan sihirnya untuk menaikkan matahari, sementara adik perempuannya Luna menggunakan sihirnya untuk menaikkan bulan untuk memastikan siklus siang dan malam. Selain tanggung jawabnya mengatur peredaran matahari, dia juga menjadi guru Twilight Sparkle dan Sunset Shimmer pada periode yang berbeda, sering menyebut Twilight sebagai "murid yang setia" sambil membimbingnya. Dia memiliki phoenix peliharaan bernama Philomena. Sangat sedikit masa lalunya sebelum kemenangan Celestia atas Discord yang diketahui, kecuali bahwa dia dan Luna menemukan Elemen Harmoni. Dengan artefak ini dan pengusungnya, Putri Celestia telah mengamankan kedamaian relatif selama ribuan tahun untuk sebuah bangsa. Statusnya sebagai alicorn dipandang sebagai simbol keharmonisan antara unicorn, pegasi, dan kuda poni bumi.[14] Dia membimbing Twilight sejak dia masih seekor anak kuda, yang mengarah ke takdir akhirnya sebagai putri Equestria. Celestia masih menjadi teman dekat dan sekutu Twilight setelah dia menjadi alicorn dan putri. Selama musim kesembilan, Celestia dan Luna mulai bersiap untuk pensiun dari Equestria yang berkuasa dan Twilight menggantikan posisi mereka. Di akhir acara, setelah Twilight dinobatkan sebagai penguasa baru Equestria, Celestia dan Luna pensiun ke Silver Shoals.

Putri Luna[sunting | sunting sumber]

Putri Luna adalah alicorn biru tua dan adik perempuan Putri Celestia. Dia menjabat sebagai wakil penguasa Equestria bersama Celestia, menggunakan sihirnya untuk mengangkat bulan dan menjaga mimpi rakyatnya di malam hari. Seribu tahun yang lalu, Luna menjadi pahit karena semua kuda poni bermain di siang hari, sementara mereka tidur sepanjang malam dan mengabaikannya. Kepahitan Luna mengubah dirinya menjadi Nightmare Moon dan dia berusaha menciptakan malam abadi di seluruh Equestria. Celestia dengan enggan menggunakan Elemen Harmoni untuk mengusirnya ke bulan, dan bertanggung jawab untuk mengangkat matahari dan bulan dan menjaga keharmonisan di Equestria. Nightmare Moon pertama kali muncul di premier dua bagian musim pertama "Friendship Is Magic" ketika dia melarikan diri dari bulan dan mencoba untuk melaksanakan rencananya. Twilight dan teman-temannya menggunakan Elemen Harmoni untuk mengalahkan Nightmare Moon dan mengubahnya kembali menjadi Luna, yang berdamai dengan saudara perempuannya dan melanjutkan tugas kerajaannya. Selama musim sembilan, Celestia dan Luna mulai bersiap untuk pensiun dari memerintah Equestria dan Twilight untuk menggantikan mereka. Di akhir acara, setelah Twilight dinobatkan sebagai penguasa baru Equestria, Celestia dan Luna pensiun ke Silver Shoals.

Beberapa episode menggambarkan Luna "kesulitan hidup dalam bayang-bayang kakak perempuannya", seperti beradaptasi dengan kebiasaan Equestria modern dan memperbaiki citra publiknya.[15]

Shining Armor, Putri Cadance dan Flurry Heart[sunting | sunting sumber]

Shining Armor adalah kakak laki-laki Twilight dan mantan kapten Penjaga Kerajaan Canterlot, dan Putri Cadance (nama lengkap Putri Mi Amore Cadenza) adalah istri alicorn Shining Armor dan saudara ipar dan masa kecil Twilight "pengasuh anak kuda", yang memulai debutnya di final dua bagian musim kedua, "A Canterlot Wedding". Twilight memiliki hubungan dekat dengan Shining Armor, dan bahkan menjulukinya dia "Big Brother Best Friend Forever" (B.B.B.F.F.), dan dengan Candance, karena dia adalah pengasuh anak kuda terbaik yang pernah dia miliki. Kemudian di musim ketiga, Cadance dan Armor masing-masing menjadi Permaisuri dan Kaisar Kerajaan Kristal yang baru, untuk menyebarkan harapan dan cinta di seluruh Equestria.[17] Di musim enam, Cadance melahirkan bayi perempuan alicorn mereka, Flurry Heart. Putri Celestia dan Putri Luna keduanya menyatakan bahwa "kelahiran alicorn, adalah sesuatu yang belum pernah dilihat Equestria", dan bahwa itu "bahkan di luar pemahaman mereka". Cadance tidak tahu siapa orang tua kandungnya, dia ditemukan sebagai anak kuda oleh dua kuda poni tua dan mereka membesarkannya sampai Putri Celestia mengadopsinya sebagai keponakan tidak resminya setelah mendapatkan tanda cutienya.[18]

Teman dan sekutu[sunting | sunting sumber]

Starlight Glimmer[sunting | sunting sumber]

Starlight Glimmer adalah kuda poni unikorn perempuan dan ditandai dengan karakter yang tidak tetap, pada awalnya dia berperan sebagai antagonis tetapi akhirnya protagonis dalam beberapa seri. Dia pertama kali muncul di My Little Pony: Friends Forever Issue episode 14 dan pertama muncul sebagai pemutaran perdana lima musim. Dari Cutie Re-Mark - Part 2 ke Celestia Advice, dia adalah murid Twilight Sparkle dalam hal persahabatan.

Karakter Ponyville[sunting | sunting sumber]

  • Trixie Lulamoon

Trixie (disuarakan oleh: Kathleen Barr), atau Trixie Lulamoon, adalah kuda poni unikorn wanita dan ahli sulap keliling, serta karakter pendukung My Little Pony: Friendship Is Magic dan My Little Pony: Equestria Girls. Dia adalah antagonis utama Boast Busters dan Magic Duel dan mendukung antagonis utama dalam buku-buku tentang Twilight Sparkle dan Crystal Heart Ese. Selain menjadi antagonis, ia adalah seorang tritagonis dalam seri Forgotten Friendship. Ia cenderung berbicara sendiri sebagai orang ketiga dan menyebut dirinya "Trixie Hebat dan Kuat".

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Libman memberikan suara nyanyian Pinkie Pie untuk beberapa lagu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Umum
Spesifik
  1. ^ Twilight Sparkle di Wikia
  2. ^ a b c d e f Daftar tokoh karakter My Little Pony: Friendship Is Magic di Wikipedia Bahasa Inggris
  3. ^ Hewan peliharaan Twilight Sparkle di Wikia
  4. ^ Snider (2013), hlm. 79
  5. ^ Snider (2013), hlm. 19
  6. ^ a b Jim Miller (2019-10-13). "@CitizenArtist55 It's up to the individual viewer to decide what those two are to each other. Gotta leave you with some things to debate!". Twitter. Diakses tanggal 2019-10-25. 
  7. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama EoH-Elements
  8. ^ a b Snider (2013), hlm. 76–77
  9. ^ Sethisto (May 27, 2013). "Lauren Faust Answers a Bunch of Questions". Equestria Daily. Diakses tanggal November 13, 2015. 
  10. ^ Tekaramity (September 16, 2011). "Exclusive Season 1 Retrospective Interview with Lauren Faust". Equestria Daily. Diakses tanggal November 8, 2015. 
  11. ^ Jim Miller (2019-10-13). "@99akadams @CitizenArtist55 Open to interpretation". Twitter. Diakses tanggal 2019-10-25. 
  12. ^ Facts About My Little Pony di Youtube
  13. ^ a b c d Snider (2013), hlm. 38–39
  14. ^ Rogers, Amy Keating (2014). My Little Pony: Friendship Is Magic: The Journal of the Two Sisters: The Official Chronicles of Princesses Celestia and Luna. Boston, New York: Little, Brown and Company. ISBN 978-0-316-28224-6. 
  15. ^ Snider (2013), hlm. 36
  16. ^ Heldman, Breanne L. (January 28, 2016). "'My Little Pony: Friendship Is Magic': First Look at Baby Flurry Heart Will Warm Your Soul". Yahoo!. Diakses tanggal January 28, 2016. 
  17. ^ Snider (2013), hlm. 71
  18. ^ Twilight Sparkle and the Crystal Heart Spell

Pranala luar[sunting | sunting sumber]