Music (album)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Music
Album studio oleh Madonna
Dirilis 19 September, 2000
Direkam 1999-2000
Genre Pop
Durasi 44:37 (U.S. Edition)
49:18 (Standard Edition)
54:48 (Japanese & Australian Edition)
Label Maverick, Warner Bros.
Produser Madonna, Mirwais Ahmadzaï, William Orbit, Guy Sigsworth, Mark "Spike" Stent, Talvin Singh
Penilaian profesional
Kronologi Madonna
Ray of Light
(1998)
Music
(2000)
GHV2
(2001)


Music adalah album studio kedelapan karya penyanyi pop Amerika Serikat, Madonna. Album ini dirilis pada tanggal 19 September 2000 oleh Maverick Records. Album ini langsung menduduki peringkat satu di 15 negara dan telah terjual lebih dari 14 juta keping di seluruh dunia. Di Amerika Serikat sendiri lagu ini menduduki posisi 1 untuk 2 minggu, dan telah dianugerahi Triple Platinum untuk penjualannya disana yang sudah mencapai 3 juta.

Single[sunting | sunting sumber]

  • "Music" adalah singel pertama yang dirilis dari album ini. Singel ini merupakan komersial yang sangat sukses, menduduki posisi puncak di lebih dari 50 negara didunia. Ditahun 2000, penjualan singel ini sepenuhnya sudah 8 juta unit diseluruh dunia, menjadikan lagu ini "World Single of Year" untuk tahun 2000. Di tangga lagu Britania Raya lagu ini menyimpan 5 minggu diposisi puncak, 6 minggu di Australia, 3 minggu di Selandia Baru, 9 minggu di Hungaria, dan 4 minggu di Amerika Serikat. Secara dunia, lagu ini adalah singel tersukses kedua dari Madonna, setelah "Like a Prayer" dengan total penjualan sebanyak 9 juta unit diseluruh dunia.
  • "Don't Tell Me" adalah singel kedua yang dirilis dari album ini. Sebenarnya, singel ini tidak akan dilepas di Amerika Serikat, namun karena penjualannya diseluruh dunia meledak, jadilah singel ini dirilis di Amerika Serikat pada Januari 2001. Singel ini tidak sesukses "Music", namun masih menyimpan tangga lagu yang sukses, seperti nomor 3 di Inggris, 4 di Amerika Serikat, 4 di Australia, dan 8 di Selandia Baru. Penjualan singel ini seluruhnya sudah 4,5 juta kopi, merupakan penjualan singel terbaik ketiga pada tahun 2001 setelah "Lady Marmalade", kolaborasi antara Christina Aguilera, Lil' Kim, Mya, & Pink, dan juga "I'm Real" dari penyanyi Jennifer Lopez.
  • "What It Feels Like For a Girls" adalah singel ketiga dan terakhir yang dirilis dari album ini. Singel ini gagal mendapatkan kesuksesan yang didapat oleh "Music" dan "Don't Tell Me". Namun, musik videonya lumayan sukses ditangga musik video dunia. Musik video singel ini adalah musik video tersukses ketiga dari Madonna, setelah "Ray of Light" dan "Music".

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  1. "Music" (Madonna, Mirwais Ahmadzaï) - 3:44
  2. "Impressive Instant" (Madonna, M. Ahmadzaï) - 3:39
  3. "Runaway Lover" (Madonna, William Orbit) - 4:48
  4. "I Deserve It" (Madonna, M. Ahmadzaï) - 4:24
  5. "Amazing" (Madonna, W. Orbit) - 3:44
  6. "Nobody's Perfect" (Madonna, M. Ahmadzaï) - 5:00
  7. "Don't Tell Me" (Madonna, M. Ahmadzaï, Joe Henry) - 4:40
  8. "What It Feels Like for a Girl" (Madonna, Guy Sigsworth, David Torn) - 4:45
  9. "Paradise (Not For Me)" (Madonna, M. Ahmadzaï) - 6:29
  10. "Gone" (Madonna, Damian Le Gassick, Nik Young) - 3:30
  11. "American Pie" (Dari album album The Next Best Things
    "
  12. "CyberRaga" (B-Side Album Single Music (single)
    "
  13. "Lo Que Siente La Mujer/What It Feels Like For A Girl"