True Blue

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
True Blue
Album studio karya Madonna
Dirilis30 Juni 1986
Direkam1985–1986
GenrePop, rock, dance
Durasi40:25
LabelSire, Warner Bros.
ProduserMadonna, Stephen Bray, Patrick Leonard
Kronologi Madonna
Like a Virgin
(1984)Like a Virgin1984
True Blue
(1986)
Who's That Girl
(1987)Who's That Girl1987

True Blue adalah album studio ketiga karya penyanyi pop berkebangsaan Amerika Serika, Madonna. Album ini dirilis pada tanggal 30 Juni 1986 di bawah label Sire Records.

Informasi album[sunting | sunting sumber]

Madonna bekerja sama dengan Stephen Bray dan Patrick Leonard untuk album ini, yang mana ia menjadi co-writer seluruh lagu. Album ini memiliki tema cinta, pekerjaan, impian, kekecewaan, kebebasan, maupun masalah sosial seperti kehamilan remaja/aborsi pada lagu "Papa Don't Preach." Album ini terinspirasi dan didedikasikan Madonna untuk suaminya kemudian Sean Penn.

True Blue sukses mencapai posisi puncak tangga album di sejumlah negara termasuk Amerika Serikat, Britania Raya, Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, dan negara-negara Eropa lainnya. Penjualan album ini di seluruh dunia mencapai lebih dari 24 juta kopi, 7 juta di antaranya terjual di Amerika Serikat dan disertifikasi 7x Platinum oleh Recording Industry Association of America, menjadikan "True Blue" sebagai album terlaris ketiga Madonna di Amerika setelah "Like a Virgin" and "The Immaculate Collection.

Album ini merilis lima buah single: "Live to Tell," "Papa Don't Preach," "Open Your Heart," yang mencapai posisi satu di Billboard Hot 100 serta "True Blue" dan "La Isla Bonita," yang mencapai peringkat Top 5. True Blue tercatat sebagai album yang menjadikan Madonna superstar di seluruh penjuru dunia. "Live To Tell" adalah lagu yang dirilis pertama dari album ini. Album ini melakukan debutnya di nomor 65 Billboard Hot 100, dan mendapatkan posisi puncak setelah sebelas minggu. Meskipun lagu ini hanya menyimpan satu minggu di puncak Hot 100, tetapi singel ini adalah singel sendu tersukses ketiga dari Madonna, setelah "Take a Bow" dan "Secret" pada tahun 1994. "Papa Don't Preach" adalah singel kedua yang dirilis dari album, yang menceritakan tentang aborsi. Lagu ini melakukan debutnya di posisi 26, minggu berikutnya singel ini langsung melompat ke posisi 10. Tiga minggu berikutnya, lagu ini menjadi singel nomor satu keempat Madonna, dan kedua dari True Blue. "True Blue" adalah singel yang dirilis ketiga dari album ini. Singel ini adalah singel pertama dari album yang gagal menduduki posisi puncak di Hot 100, tepatnya di posisi 3. Meskipun begitu, di UK singel ini menduduki posisi pertama untuk dua minggu. "Open Your Heart" adalah singel keempat yang dirilis dari album, kembali membuat Madonna menambah koleksi nomor satunya di Hot 100. Singel ini merajai tangga lagu tersebut setelah tujuh minggu dari perilisannya, sedikit lebih lambat daripada "Papa Don't Preach," tetapi lebih cepat daripada "Live To Tell." "La Isla Bonita" adalah singel yang dirilis kelima sekaligus terakhir dari album. Singel ini menjadi singel kedua Madonna yang luput ke posisi puncak, tetapi masih memegang posisi top 5, tepatnya 4. Dan juga, walaupun singel ini tidak sesukses singel lainnya di US, di UK singel ini adalah singel terlaris ketiga Madonna dari album, setelah "Papa Don't Preach" dan "Live To Tell".

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  1. "Papa Don't Preach" (Madonna, Brian Elliot) - 4:29
  2. "Open Your Heart" (Madonna, Gardner Cole, Peter Rafelson) - 4:13
  3. "White Heat" (Madonna, Patrick Leonard) - 4:40
  4. "Live to Tell" (Madonna, Patrick Leonard) - 5:52
  5. "Where's the Party" (Madonna, S. Bray, P. Leonard) - 4:21
  6. "True Blue" (Madonna, Stephen Bray) - 4:18
  7. "La Isla Bonita" (Madonna, P. Leonard, Bruce Gaitsch) - 4:02
  8. "Jimmy Jimmy" (Madonna, Stephen Bray) - 3:55
  9. "Love Makes the World Go Round" (Madonna, Patrick Leonard) - 4:35
  10. "True Blue (The Color Mix)" (Madonna, S. Bray Shep Pettibone) - 6:37 (Remastered version bonus track)
  11. "La Isla Bonita (Extended Remix)" (Madonna, P. Leonard, Bruce Gaitsch Chris Lord-Alge) - 5:25 (Rmastered version bonus track)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Power, Tony (January 1, 1986). "Review: True Blue". Blender. Alpha Media Group, Inc. Diakses tanggal 2009-07-27. [pranala nonaktif permanen]