Monster Spageti Terbang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo Monster Spageti Terbang yang terinspirasi oleh Ichthys.

Monster Spageti Terbang (Bahasa Inggris: Flying Spaghetti Monster, FSM) adalah sosok dewa pencipta sebuah agama parodi[1][2], The Church of the Flying Spaghetti Monster,[3] yang diciptakan oleh Bobby Henderson pada tahun 2005 sebagai protes sindiran terhadap keputusan Badan Pendidikan Negara Bagian Kansas yang mengharuskan diajarkannya teori perancangan cerdas sebagai teori alternatif terhadap evolusi. Oleh karena gerakan perancangan cerdas menggunakan rujukan yang ambigu terhadap 'Perancang Cerdas' yang tidak disebutkan dengan jelas untuk menghindari putusan pengadilan yang melarang adanya pengajaran kreasionisme sebagai sains, hal ini membuka peluang terhadap adanya kemungkinan berbagai macam sosok imajinasi yang dapat mengisi peran Perancang Cerdas ini.

Pada sebuah surat terbuka yang dikirimkan kepada komite pendidikan, Henderson memarodikan konsep perancangan cerdas dengan memeluk suatu kepercayaan terhadap sebuah sosok pencipta supernatural yang berpenampilan mirip dengan spageti dan bakso.[4] Ia kemudian lebih jauh lagi menyerukan diajarinya teori penciptaan "Pastafarian" di ruang kelas sains.[5]

Oleh karena kepopuleran dan publikasi media yang besar, Monster Spageti Terbang sering kali digunakan oleh para ateis, agnostik (oleh para Pastafarian disebut sebagai "spagnostics"), dan lainnya sebagai versi modern dari teko Russell[6] dan Unicorn Merah Muda yang Tak Tampak.

Asal usul[sunting | sunting sumber]

"The Church of the Flying Spaghetti Monster (CoFSM)" bermula pada Januari 2005 sewaktu Bobby Hendersen yang mengaku sebagai warga yang peduli mengirimkan selembar surat terbuka mengenai FSM kepada Komite Pendidikan Negara Bagian Kansas. Surat ini dikirimkan sebelum acara dengar pendapat sebagai argumen menentang pengajaran perancangan cerdas dalam pelajaran Biologi di kelas. Teori perancangan cerdas dianggap sebagai suatu cara untuk mengajarkan kreasionisme di sekolah tanpa menyebutkan kata "Tuhan". Henderson menyatakan bahwa baik teorinya maupun perancangan cerdas memiliki validitas yang setara, ia mengatakan:

"I think we can all look forward to the time when these three theories are given equal time in our science classrooms across the country, and eventually the world; One third time for Intelligent Design, one third time for Flying Spaghetti Monsterism, and one third time for logical conjecture based on overwhelming observable evidence."[4]
"Saya pikir di waktu yang akan datang kita dapat mengharapkan teori-teori ini diberikan waktu yang sama dalam kelas sains kita di seluruh negeri, dan pada akhirnya di seluruh dunia; Sepertiga untuk Perancangan cerdas, sepertiga untuk Monsterisme Spageti Terbang, dan sepertiga untuk konjektur logis yang didasarkan pada bukti-bukti terpantau yang sangat banyak."

Hendersen menjelaskan, "Saya tidak memiliki masalah dengan agama. Apa yang saya permasalahkan adalah agama yang berlagak sebagai sains. Jika Tuhan itu ada dan Ia cerdas, maka saya tebak Ia juga memiliki rasa humor."[7]

Komite pendidikan memberikan respon setelah Henderson memajangkan suratnya pada situs web pribadinya dan menarik publik luas.[8] Henderson kemudian mempublikasikan respon yang ia dapat dari anggota Komite tersebut[9].

Seiring dengan menyebarnya pemberitaan mengenai tantangan Henderson kepada Komite tersebut, situs web Henderson dan gerakannya mendapatkan dukungan dan perhatian yang luas. Argumen-argumen bernada sindiran yang dicetuskan Henderson membuat Monster Spageti Terbang populer.[10] Dengan cepat media massa kemudian mengutip fenomena Monster Spageti Terbang ini sebagai simbol penolakan pengajaran teori perancangan cerdas dalam pendidikan sekolah.[11][12][13] Henderson sendiri terkejut dengan kesusesan ini, ia menyatakan bahwa ia "menulis surat ini sebagai hiburan."[14]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The dangers of creationism in education". Council of Europe Parliamentary Assembly. Diakses 2007-10-22. 
  2. ^ Dan Vergano (March 26, 2006). ""Spaghetti Monster" is noodling around with faith". USA Today. 
  3. ^ "But Is There Intelligent Spaghetti Out There?". New York Times Arts article. Diakses 2007-02-05. 
  4. ^ a b Henderson, Bobby (2005). "Open Letter To Kansas School Board" (HTML). Diakses 2007-01-09. 
  5. ^ "Verbatim: Noodle This, Kansas". Washington Post. August 28, 2005. 
  6. ^ Wolf, Gary (November 14, 2006). "The Church of the Non-Believers". Wired News. 
  7. ^ "Church of the Flying Spaghetti Monster". James Randi Educational Foundation article September 16, 2005. Diakses 2007-02-05. 
  8. ^ "Discussion of the Open Letter". Henderson, Bobby. Diakses 2007-04-07. 
  9. ^ "Kansas School Board Responses to the Open Letter". Henderson, Bobby. June 25 2005. Diakses 2006-01-09. 
  10. ^ "A Tangled Tale of a Pasta-based Prophet". Der Spiegel. 2005-08-24. Diakses 2007-09-08. "[FSM] has certainly caught the imagination of the online community [...] Henderson receives over 150 emails from supporters every day." 
  11. ^ "The Flying Spaghetti Monster". New Scientist. 6-08-2005. 
  12. ^ Rothschild, Scott (August 24, 2005). "Evolution debate creates monster". Lawrence Journal-World. 
  13. ^ Boxer, Sarah (August 29, 2005). "But Is There Intelligent Spaghetti Out There?". New York Times. 
  14. ^ ""Spaghetti Monster" is noodling around with faith". USA Today Science & Space article. Diakses 2007-02-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

News articles