Daniel Dennett

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Daniel Clement Dennett
Lahir28 Maret 1942 (umur 81)
Boston, Massachusetts
AlmamaterUniversitas Harvard (B.A.)
Universitas Oxford (D.Phil.)
EraAbad ke-20 dan ke-21
KawasanFilsafat barat
AliranFilsafat analitis
Minat utama
Filsafat budi
Filsafat biologi
Filsafat ilmu pengetahuan
Sains kognitif
Gagasan penting
Heterofenomenologi
Pendirian intensional
Pompa intuisi
Model Draf Ganda
Reduksionisme tamak
Teater Cartes

Daniel Clement Dennett (lahir 28 Maret 1942)[1][2] adalah filsuf, penulis, dan ilmuwan kognitif Amerika Serikat, yang berfokus pada bidang filsafat budi, filsafat ilmu pengetahuan, dan filsafat biologi, terutama jika bidang-bidang tersebut berkaitan dengan biologi evolusioner dan sains kognitif. Ia adalah co-direktur Center for Cognitive Studies, Professor Filsafat Austin B. Fletcher, dan Professor Universitas di Universitas Tufts. Dennett adalah seorang ateis dan sekularis, anggota Secular Coalition for America,[3] dan juga pendukung pergerakan Brights. Dennett dijuluki sebagai salah satu dari "Empat Penunggang Kuda Ateisme Baru" bersama dengan Richard Dawkins, Sam Harris, dan Christopher Hitchens.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Daniel Clement Dennett III lahir pada tanggal 28 Maret 1942, di Boston, Massachusetts, putra dari pasangan Ruth Marjorie (née Leck; 1903-1971) dan Daniel Clement Dennett Jr (1910-1947).[4] Dennett menghabiskan sebagian masa kecilnya di Lebanon, dimana, selama Perang Dunia II, ayahnya, yang memiliki gelar Phd dalam Studi Islam dari Universitas Harvard, adalah seorang agen kontra-intelijen rahasia di Office of Strategic Services yang menyamar sebagai atase kebudayaan di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Beirut.

Dennet lulus dari Phillips Exeter Academy pada tahun 1959, dan menghabiskan satu tahun di Universitas Wesleyan sebelum menerima gelar Sarjana Seni di bidang filsafat di Universitas Harvard pada tahun 1963. Di sana, ia menjadi murid W.V. Quine. Pada tahun 1965, ia menerima gelar Doktor Filsafat di Bidang filsafat di Universitas Oxford, di mana ia belajar di bawah bimbingan Gilbert Ryle dan menjadi anggota Hertford College.[5]

Dennet mengatakan bahwa ia pertama kali diperkenalkan dengan gagasan filsafat saat menghadiri perkeman musim panas di usia 11 tahun, ketika seorang konselor perkemahan berkata kepadanya, "Kamu tahu siapa dirimu, Daniel? Kamu adalah seorang filsuf." Dalam salah satu bukunya yang telah diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia yang berjudul Ragam Akal Budi, Dennet juga mengutarakan bahwa dirinya merupakan seorang filsuf bukan seorang Saintis dimana seorang filsuf sangat pandai mengajukan pertanyaan ketimbang menyediakan jawaban. Beliau berpandangan bahwa para filsuf dapat memberi sumbangan yang baik dalam penyelidikan untuk memahami diri sendiri dan dunia dalam proyek besar umat manusia dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang lebih baik untuk diajukan, serta melepaskan diri dari kebiasaan dan tradisi bertanya yang lama. Contohnya ketika beliau mengajukan beberapa pertanyaan seperti dibawah ini untuk memahami dan mengenali akalbudi kita sendiri.[6]

  • Bisakah kita betul-betul mengetahui apa yang sedang terjadi dalam akalbudi orang lain?
  • Bisakah seorang perempuan benar-benar tahu bagaimana rasaya menjadi laki-laki?
  • Pengalaman apa yang dimiliki bayi dalam peristiwa kelahiran?
  • Pengalaman apa jika ada, yang dimiliki janin di dalam rahim ibunya?
  • Bagaimna dengan akalbudi nonmanusia?
  • Apa yang dipikirkan kuda?
  • Mengapa burung bangka tidak mual gara-gara bangkai busuk yang dia makan?

Dan seterusnya. Dennett juga menggambarkan dirinya sebagai seorang autodidak atau lebih tepatnya, penerima manfaat dari ratusan jam tutorial informal di semua bidang yang menarik minatnya, dari beberapa ilmuwan terkemukan di dunia.

Kumpulan Karya[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Autobiography
  2. ^ About the Author
  3. ^ "Secular Coalition for America Advisory Board Biography". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-07. Diakses tanggal 2011-06-20. 
  4. ^ Shook, John R (2005), Dictionary of Modern American Philosophers, A&C Black, ISBN 978-1843710370
  5. ^ "In-depth interview with Daniel Dennett". High Profiles (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-12. 
  6. ^ Dennett, Daniel C (2021). Ragam Akalbudi -Memahami Kesadaran-. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia). hlm. 1–2. ISBN 978-602-481-398-7.