Mikis Theodorakis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mikis Theodorakis
Mikis Theodorakis in 2004
Lahir(1925-07-29)29 Juli 1925
Khios, Yunani
Meninggal2 September 2021(2021-09-02) (umur 96)
Athena, Yunani
Pekerjaan
  • Komposer
  • aktivis politik
Karier musik
GenreMusik klasik abad ke-20
Tahun aktif1943–2021
Label
Anggota Parlemen Yunani
Masa jabatan
1981–1993
Informasi pribadi
Partai politikPartai Komunis Yunani
Afiliasi politik
lainnya
Demokrasi Baru (1989–1993)
Suami/istriMyrto Altinoglou
Anak2
Situs webwww.mikis-theodorakis.net

Mikis Theodorakis (bahasa Yunani: Μίκης Θεοδωράκης) (29 Juli 1925 – 2 September 2021) barangkali adalah komponis musik Yunani terpenting pada abad ke-20, dan salah satu yang paling menonjol di dunia. Secara politik, hingga runtuhnya junta militer pada 1974, ia mengidentifikasikan dirinya dengan pihak kiri; pada 1990 ia menjadi anggota parlemen dengan partai kanan-tengah Demokrasi Baru. Secara konsisten ia telah melawan rezim-rezim yang menindas. Theodorakis dilahirkan di Pulau Chios di Yunani, dan melewati masa kanak-kanaknya di berbagai kota provinsi Yunani seperti Mytilene, Cephallonia, Pyrgos, Patras, dan Tripolis. Ayahnya berasal dari Kreta dan ibunya dari Asia Kecil. Ia mendapatkan sejumlah penawaran untuk menjadi Presiden Yunani, namun ia menolak semua tawaran itu. Ia dikenal di dunia internasional karena lagu-lagunya dalam film Hollywood, Zorba the Greek(1964) dan Serpico (1973).

Biografi[sunting | sunting sumber]

Tahun-tahun awal, Perang Dunia II, dan karya-karya pertamanya[sunting | sunting sumber]

Theodorakis mulai tertarik dengan musik pada masa kecilnya. Ia belajar sendiri mengarang lagu-lagu pertamanya tanpa akses ke alat musik. Di Pyrgos dan Patras ia mengambil pelajaran musiknya yang pertama, dan di Tripolis, Peloponnese, ia membentuk sebuah paduan suara dan mempersembahkan konser pertamanya pada usia 17 tahun.

Pada Perang Dunia II ia aktif dalam gerakan perlawanan terhadap pasukan-pasukan pendudukan Italia dan Jerman fasis, menolong anak-anak yang kelaparan dan para pengungsi Yahudi. Hal ini menyebabkan ia tertangkap dan kemudian disiksa di Tripolis (1942) dan di Athena (1943–1944). Pada Perang Saudara Yunani ia dibuang ke Pulau Ikaria dan Makronissos, dan di sana ia dipukuli hampir mati dan dua kali dikubur hidup-hidup.

Belakangan ia belajar di Konservatorium Athena di bawah Philoktitis Economidis, dan di Konservatorium Paris; di sana ia belajar analisis musk di bawah Olivier Messiaen serta direksi di bawah Eugene Bigot. Masa tinggalnya di Paris, 1954–1959, merupakan masa penciptaan artistik yang paling intensif baginya.

Karya-karya simfoninya dari masa ini, sebuah piano concerto, suitenya yang pertama dan simfoninya yang pertama, mendapatkan pujian internasional. Pada 1957 ia memenangi Medali Emas pada Festival Musik Moskwa. Pada 1959, Darius Milhaud mengajukan namanya untuk Penghargaan Musik American Copley sebagai Komponis Eropa Terbaik Tahun Ini, setelah pertunjukan-pertunjukannya yang sukses dari baletnya Antigone di Taman Covent di London.

Karya-karya penting hingga 1960[sunting | sunting sumber]

  1. Musik kamar: Trio untuk piano, biola, cello; Preludes, Little Suite dan Sonatina untuk Piano; Sonatines No.1 et 2 untuk biola dan piano
  2. Musik simfoni: "The Feast of Assi-Gonia"; Simfoni No.1 ("Proti Simfonia"); Suites No.1, 2 dan 3 untuk Orkestra; "Life and Death" (untuk vokal dan musik gesek); "Oedipus Tyrannos" (untuk musik gesek), Concerto untuk Piano
  3. Musik balet: "Greek Carnival"; "Les Amants de Téruel" (Para Kekasih dari Teruel); "Antigone"

Kembali ke akar Yunani — penghargaan[sunting | sunting sumber]

Theodorakis kembali ke Yunani dan akarnya dalam musik asli Yunani, dan bersama siklus lagunya "Epitaphios" ia memberikan sumbangan bagi revolusi kebudayaan di negaranya. Dengan karya-karyanya yang paling penting dan berpengaruh yang didasarkan pada puisi terbesar Yunani dan dunia – "Epiphania", "Little Kyklades", "Axion Esti", "Mauthausen", "Romiossini", dan "Romancero Gitano"… – ia berusaha mengembalikan martabat musik Yunani yang katanya telah lenyap. Dalam mengembangkan konsepnya tentang simfoni metamusik, ia dengan segera mendapatkan pengakuan internasional, dan memperoleh pujian sebagai komponis Yunani terbesar yang ada sekarang.

Ia mendirikan Orkestra Kecil Athena dan Perhimpunan Musik Piraeus, dan memberikan banyak konser. Ia terlibat dalam politik di negaranya, dan setelah pembunuhan atas Gregoris Lambrakis pada 1963 ia mendirikan Pemuda Demokratis Lambrakis dan terpilih sebagai presidennya. Setelah pemilihan umum 1964, ia menjadi anggota Parlemen Yunani, dan berasosiasi dengan partai EDA sayap kiri.

Pada 1963, ia menulis tema musik dasar untuk film Michael Cacoyiannis "Zorba the Greek" yang, sejak saat itu, menjadi sebuah merek dagang untuk Yunani dalam seni dunia. Musik ini juga dikenal sebagai 'dansa Syrtaki'; yang diambil dan disunting oleh Theodorakis dari sebuah tarian tradisional lama Kreta.

Karya-karya utama dari periode ini[sunting | sunting sumber]

  1. Siklus lagus: "Epitaphios" (Yannis Ritsos); "Archipelagos", "Politia A & B", "Epiphania" (George Seferis, Nobel Prize 1963), "Mauthausen" (Yakovos Kabanellis), "Romiossini" (Yannis Ritsos)
  2. Musik untuk Panggung: "The Hostage" (Brendan Behan); "Ballad of the Dead Brother" (Theodorakis); "Maghiki Poli (Kota Magis)"; "I Gitonia ton Angelon" (Serambi Malaikat, Kabanellis)
  3. Musik film: "Electra" dan "Zorba the Greek" (Michalis Cacoyannis)
  4. Oratorio: "Axion Esti" (Odysseas Elytis, Hadiah Nobel 1979)

Pemerintahan junta — gerakan di bawah tanah — dipenjarakan — pembuangan[sunting | sunting sumber]

Pada 21 April 1967 sebuah junta fasis ( Rezim Kolonel) merebut kekuasaan leawt sebuah kudeta. Theodorakis bersembunyi di bawah tanah dan mendirikan Front Patriotik. Para Kolonel menerbitkan Dekret Militer No. 13, yang melarang musiknya dimainkan atau bahkan didengarkan. Theodorakis sendiri ditangkap pada 21 Agustus 1967 dan dipenjarakan selama lima bulan. Setelah dibebaskan pada 1968, ia dibuang ke Zatouna bersama istrinya Myrto dan kedua anak mereka, Margarita dan Yorgos. Belakangan ia ditahan di kamp konsentrasi Oropos. Sebuah gerakan solidaritas internasional, yang dipimpin oleh tokoh-tokoh seperti Dmitri Shostakovich, Leonard Bernstein, Arthur Miller, dan Harry Belafonte berhasil membuat Theodorakis dibebaskan. Atas permintaan politikus Prancis Jean-Jacques Servan-Schreiber, Theodorakis diizinkan pergi ke pengasingan pada 13 April 1970.

Karya-karya utama di bawah pemerintahan diktatur[sunting | sunting sumber]

  1. Siklus lagus: "O Ilios ke o Chronos" ("Matahari dan Waktu", Theodorakis); "Ta Laïka"("Lagu-lagu Populer ", M. Elefteriou); Arcadies I-X; Lagu-lagu untuk Andreas (Theodorakis); "Nichta Thanatou" ("Malam-malam Maut", M. Elefteriou)
  2. Oratorio: "Ephiphania Averoff" (Seferis), "State of Siege" (Marina-Rena Hadjidakis), "March of the Spirit" (Angelos Sikelianos), "Raven" (Seferis, menurut Edgar Allan Poe)
  3. Latar film: "Z" (Costa-Gavras).

Pembuangan — perlawanan[sunting | sunting sumber]

Di pembuangan, Theodorakis berjuang selama empat tahun untuk penggulingan para kolonel. ia menyumbangkan ribuan konser di seluruh dunia sebagai bagian dari perjuangannya untuk pemulihan demokrasi di Yunani, bertemu dengan Pablo Neruda dan Salvador Allende, Gamal Abdel Nasser dan Tito, Yigal Allon dan Yasser Arafat, François Mitterrand dan Olof Palme. Bagi jutaan orang, ia menjadi lambang universal bagi perlawanan terhadap pemerintahan diktatur.

Karya-karya utama yang ditulis di pembaungan[sunting | sunting sumber]

  1. Siklus lagu: "Lianotragouda" ("18 Lagu untuk Tanah Air yang Pahit ", Yannis Ritsos); "Ballades" (Manolis Anagnostakis)
  2. Oratorio: "Canto General" (Pablo Neruda)
  3. Ilustrasi film: "The Trojan Women" (M. Cacoyannis); "State of Siege" (Costa-Gavras); "Serpico" (S. Lumet)

Kembali to Yunani — aktivisme — penulis yang subur[sunting | sunting sumber]

Setelah kejatuhan para Kolonel, Theodorakis kembali ke Yunani pada 24 Juli 1974 untuk melanjutkan pekerjaannya dan tur-tur konsernya, baik di dalam maupun di luar negeri. Pada saat yang sama ia ikut serta dalam masalah-masalah publik: ia terpilih beberapa kali sebagai anggota Parlemen Yunani (1981–1986 dan 1989–1993) dan selama dua tahun, dari 1990 hingga 1992, ia menjadi menteri dalam pemerintahan Constantine Mitsotakis. Ia kemudian diangkat menjadi Direktur Musik Umum dari Orkestra Simfoni dan Paduan Suara Radio Televisi Yunani untuk dua tahun lagi.

Theodorakis telah selalu menggabungkan bakat artistik yang luar biasa dengan kecintaannya yang mendalam bagi negerinya. Ia juga mempunyai komitmen yang tinggi untuk meningkatkan kesadaran internasional tentang hak asasi manusia, tentang masalah-masalah lingkungan hidup, dan tentang pentingnya perdamaian. Karena alasan inilah maka ia, bersama-sama dengan musikus dan penyanyi Turki terkenal Zülfü Livaneli, mendirikan Perhimpunan Persahahabatan Yunani–Turki. Theodorakis memperoleh gelar Doctor Honoris Causa dari beberapa universitas, termasuk Montreal, Thessaloniki, dan Kreta, dan dinominasikan untuk Hadiah Nobel Perdamaian Dunia pada 2000. Saat ini ia tinggal di sebuah tempat pensiunan, menerbitkan karya-karya musik, kebudayaan, dan politik. Tetapi pada kesempatan-kesempatan penting ia tidak pernah enggan untuk mengambil sikap, seperti pada 1999, menentang keterlibatan NATO dalam Perang Kosovo, dan pada 2003 menentang Perang Irak. Pada 2005, ia dianugerahi "Penghargaan St Andrew Pertama Internasional Rusia" dan "Penghargaan Musik Internasional IMC UNESCO".

Karya-karya utama setelah 1974[sunting | sunting sumber]

  1. Siklus lagu: "Ta Lyrika", "Dionysos", "Phaedra", "Beatrice in Zero Street", "Mia Thalasssa" ("Laut Penuh dengan Musik"), "Os archeos Anemos" ("Seperti Angin dari Purbakala "), "Lyrikotera" ("The More-Than-Lyric Songs"), "Lyrikotata" ("The Most Lyric Songs"), "Erimia" ("Solitude")
  2. Musik untuk panggung: "Orestia" (dir.: Spyros Evangelatos); "Antigone" (dir.: M. Volanakis); "Medea" (dir.: Spyros Evangelatos)
  3. Ilustrasi film: "Iphigenia" (M. Cacoyannis), "The Man with the Carnation" (N. Tzimas)
  4. Oratorios: "Missa Greca", "Liturgia 2", "Requiem"
  5. Musik simfoni dan kantata: Simfoni no. 2, 3, 4, 7, "According to the Sadducees", "Canto Olympico", Rhapsody Gitar (1996), Rhapsody Cello (1997)
  6. Opera: "Kostas Karyotakis", "Medea", "Elektra", "Antigone", "Lysistrata".
  7. Musik pop: "Von Tag Zu Tag", album dengan penyanyi Italia Milva (1979) diterbitkan di beberapa negara, hadiah emas di Jerman untuk hasil penjualan terbaik.

Karyanya seumur hidup: sinopsis[sunting | sunting sumber]

Lagu dan siklus lagu[sunting | sunting sumber]

Theodorakis telah menulis lebih dari 1,000 lagu dan siklus lagu, yang melodi-melodinya telah menjadi bagian dari warisan musik Yunani. "Sto Perigiali", "Kaimos", "Aprilis", "Doxa to Theo", "Sotiris Petroulas", "Lipotaktes", "Stis Nichtas to Balkoni", "Agapi mou", "Pou petaxe t'agori mou", "Anixe ligo to parathiro", "O Ipnos se tilixe", "To gelasto pedi", "Dendro to dendro", "O Andonis", dan banyak lagu lainnya.

Lagu siklusnya didasarkan pada puisi-puisi oleh para pengarang Yunani terkenal, serta oleh Lorca dan Neruda: "Epitaphios", "Archipelagos", "Politia", "Epiphania", "The Hostage", "Mykres Kyklades", "Mauthausen", "Romiossini", "Sun dan Time", "Songs untuk Andreas", "Mythology", "Night of Death", "Ta Lyrika", "The Quarters of the Dunia", "Dionysos", "Phaedra", "Mia Thalassa", "Ta Lyrikotera", "Ta Lyrikotata", "Erimia".

Karya simfoni[sunting | sunting sumber]

  • 1952: Piano Concerto "Helikon"
  • 1953: Simfoni No 1 ("Proti Simfonia")
  • 1954–1959: 3 Suite Orkestra
  • 1958: Concerto Piano
  • 1981: Simfoni No 2 ("The Song of the Earth"; teks: Mikis Theodorakis) untuk paduan suara anak-anak, piano, dan Orkestra)
  • 1981: Simfoni No 3 (teks: D. Solomos; K. Kavafis; Himne Bizantium) untuk soprano, paduan suara, dan Orkestra
  • 1983: Simfoni No 7 ("Spring-Simfoni"; teks: Yannis Ritsos; Yorgos Kulukis) untuk empat solois, paduan suara, dan Orkestra
  • 1986–87: Simfoni No 4 ("Of Paduan suaras") untuk soprano, mezzo, narrator, paduan suara, dan Orkestra simfoni tanpa musik gesek
  • 1995: Rhapsody untuk Gitar dan Orkestra
  • 1996: Rhapsody untuk Cello dan Orkestra

Musik kamar[sunting | sunting sumber]

  • 1942: Sonatina untuk piano
  • 1945: Elegy No 1, untuk cello dan piano
  • 1945: Elegy No 2, untuk biola dan piano
  • 1946: To Kimitiro (The Cemetery), untuk string kuartet
  • 1946: Kuartet Gesek No 1
  • 1946: Duetto, untuk dua biola
  • 1947: Trio, untuk biola, cello dan piano
  • 1947: 11 Prelude, untuk piano
  • 1947: Sexteto, untuk piano, flute dan kuartet gesek
  • 1949: Study, untuk dua biola dan cello
  • 1952: Syrtos Chaniotikos, untuk piano dan perkusi
  • 1952: Sonatina No 1, untuk biola dan piano
  • 1955: Little Suite, untuk piano
  • 1955: Passacaglia, untuk dua piano
  • 1959: Sonatina No 2, untuk biola dan piano
  • 1989: Choros Assikikos (Galant Dances) untuk cello solo

Kantata dan oratorio[sunting | sunting sumber]

  • 1960: "Axion Esti" (teks: Odysseas Elytis)
  • 1969: "The March of the Spirit" (teks: Angelos Sikelianos)
  • 1971–82: "Canto General" (teks: Pablo Neruda)
  • 1981–82: "Kata Saddukaion Pathi" (Pasion-Saduki; teks: Michalis Katsaros) untuk tenor, bariton, bass, paduan suara, dan Orkestra
  • 1982: Liturgy No 2 ("To children, killed in War"); teks: Tassos Livaditis, Mikis Theodorakis) untuk paduan suara
  • 1982–83: "Lorca" untuk suara, solo gitar, paduan suara, dan Orkestra (berdasarkan "Romancero Gitan")
  • 1992: "Canto Olympico"

Himne[sunting | sunting sumber]

  • 1970: Himne untuk Nasser
  • 1973: Himne untuk Gerakan Sosialis di Venezuela
  • 1973: Himne untuk Mahasiswa. Dipersembahkan kepada para korban Sekolah Politeknik di Athena (18.11.)
  • 1977: Himne Partai Sosialis Prancis
  • 1978: Himne untuk Malta
  • 1982: Himne P.L.O.
  • 1991: Himne Pertandingan Olahraga Mediterania
  • 1992: "Hellenisme" (Himne Yunani untuk upacara pembukaan Olimpiade Barcelona

Balet[sunting | sunting sumber]

  • 1953: "Greek Carnival" (koreografi: Rallou Manou)
  • 1958: "Le Feu aux Poudres" (koreografi: Paul Goubé)
  • 1958: "Les Amants de Teruel" (koreografi: Milko Sparembleck)
  • 1959: "Antigone" (koreografi: John Cranko)
  • 1972: "Antigone in Jail" (koreografi: Micha van Hoecke)
  • 1979: "Elektra" (koreografi: Serge Kenten)
  • 1983: "Sept Danses Grecques" (koreografi: Maurice Béjart)
  • 1987–88: "Zorba il Greco" (koreografi: Lorca Massine)

Opera[sunting | sunting sumber]

  • 1984–85: "Kostas Karyotakis"
  • 1988–90: "Medea"
  • 1992–93: "Elektra"
  • 1995–96: "Antigone"
  • 1999–2001: "Lysistrata"

Musik untuk panggung[sunting | sunting sumber]

Tragedi klasik[sunting | sunting sumber]

  • 1959–60: "Phinisses" (Euripides)
  • 1960–61: "Ajax" (Sofokles)
  • 1965: "Troades" (Euripides)
  • 1966–67: "Lysistrata" (Aristofanes)
  • 1977: "Iketides" (Aeskhilus)
  • 1979: "Ippies" (Aristophanes)
  • 1986–88: "Oresteia": "Agamemnon", "Choephores", "Eumenides" (Aeschylus)
  • 1987: "Ekavi" (Euripides)
  • 1990: "Antigone" (Sofokles)
  • 1992: "Prometheus Desmotis" (Aeskilus)
  • 1996: "Oedipus Tyrannos" (Sofokles)
  • 2001: "Medea" (Euripides)

Drama modern[sunting | sunting sumber]

  • 1960–61: "To Tragoudi tou Nekrou Adelfou" ("Badala Saudara-saudara yang Mati "), Tragedi Musik (teks: Mikis Theodorakis)
  • 1961–62: "Omorphi Poli" ("Kota yang Indah"), revue (Bost, Christodoulou, Christofelis, et al.)
  • 1963: "I Gitonia ton Angelon" ("The Quarter of Angels"), Drama musik (Iakovos Kabanellis)
  • 1963: "Magiki Poli" ("Enchanted City"), revue (Theodorakis, Pergialis, Katsaros)
  • 1971: "Antigoni stin Filaki" ("Antigone di dalam Penjara"), drama (Yannis Ritsos)
  • 1974: "Prodomenos Laos" ("Orang-orang yang Dikhianati "), musik untuk teater (Vangelis Goufas)
  • 1975: "Echtros Laos" ("Rakyat Musuh "), drama (Iakovos Kabanellis)
  • 1975: "Christophorus Kolumbus", drama (Nikos Kazantzakis)
  • 1976: "Kapodistrias", drama (Nikos Kazantzakis)
  • 1977: "O Allos Alexandros" ("Alexander yang Lain"), drama (Margarita Limberaki)
  • 1979: "Papflessas", drama (Spiros Melas)

Teater internasional[sunting | sunting sumber]

Ilustrasi film penting[sunting | sunting sumber]

  • 1960: "Ill Met by Moonlight"
  • 1960: "Honeymoon"
  • 1960: "Faces in the Dark"
  • 1961: "The Shadow of the Cat"
  • 1961: "Phaedra"
  • 1961–62: "Les Amants de Téruel"
  • 1961–62: "Five Miles to Midnight"
  • 1961–62: "Elektra"
  • 1964: "Zorba the Yunani"
  • 1967: "The Day the Fish came out"
  • 1969: "Z"
  • 1972: "State of Siege"
  • 1973: "Serpico"
  • 1974: "The Rehearsal"
  • 1976: "Actas de Marousia"
  • 1977–78 "Iphigenia"
  • 1980: "The Man with the Carnation"

Referensi: Guy Wagner. Ketua Yayasan Theodorakis Internasional FILIKI. Daftar karya berdasarkan riset oleh Asteris Koutoulas.

Pandangan politik[sunting | sunting sumber]

Theodorakis terkenal karena pandangan-pandangan kirinya, yang telah diungkapkannya secara terbuka (terutama, khususnya, pada masa diktatur junta). Ia telah berkampanye untuk banyak masalah hak asasi manusia dan perdamaian, seperti misalnya pertikaian Siprus, ketegangan antara Turki dan Yunani yang disebabkan oleh pertikaian Aegea, serangan NATO terhadap Yugoslavia, penculikan dan perlakuan atas Abdullah Öcalan, atau konflik Israel-Palestina. Baru-baru ini ia menimbulkan kontroversi karena mengungkapkan kritik yang tajam terhadap George W. Bush dan pemerintahannya, serta kebijakan-kebijakan pemerintah Ariel Sharon. Kritiknya terhadap Sharon dan negara Israel telah ditafsirkan oleh sejumlah pendukung Zionisme sebagai anti-Semitik.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Mikis Theodorakis: Journals of Resistance. Terj. dari bahasa Prancis oleh Graham Webb, Hart-Davis MacGibbon, London, 1973
  • Mikis Theodorakis: Musik dan Theater, Terj. oleh George Giannaris, Athens, 1983
  • George Giannaris: Mikis Theodorakis. Music and Social Change, Pengantar oleh Mikis Theodorakis. G. Allen, London, 1972
  • Gail Holst: Myth & Politics in Modern Greek Music, Adolf M. Hakkert, Amsterdam, 1980

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Jean Boivin, Messiaen's Teaching at the Paris Conservatoire: A Humanist Legacy, in Siglind Bruhn, Messiaen's Language of Mystical Love (New York, Garland, 1998), 5–31: 10
  • George Giannaris: Mikis Theodorakis. Music and Social Change, Foreword by Mikis Theodorakis. G. Allen, London, 1972
  • Gail Holst: Myth & Politics in Modern Greek Music, Adolf M. Hakkert, Amsterdam, 1980
  • Mikis Theodorakis: Journals of Resistance. Translated from the French by Graham Webb, Hart-Davis MacGibbon, London, 1973
  • Mikis Theodorakis: Music and Theater, Translated by George Giannaris, Athens, 1983
  • Asteris Koutoulas: O Mousikos Theodorakis / Theodorakis the Musician (in Greek). "Nea Synora – A. A. Livami, 1998. ISBN 978-960-236-916-6
  • Guy Wagner: Mikis Theodorakis. Mia Zoi yia tin Ellada. Typothito – Giorgos Dardanos, 2002. ISBN 960-402-008-0 (The biography exists also in French: Mikis Theodorakis. Une Vie pour la Grèce. Editions Phi, Luxembourg, 2000; and in German: Mikis Theodorakis. Ein Leben für Griechenland. Editions Phi, Luxembourg, 1995)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Bibliografi – Karya-karya terbitannya sendiri[sunting | sunting sumber]

  • Dalam bahasa Yunani oleh Theodorakis [1] Diarsipkan 2007-10-25 di Wayback Machine.
  • Μελοποιημένη Ποίηση Ι Τραγούδια
  • Μελοποιημένη ποίηση ΙΙ
  • Οι δρόμοι του αρχαγγέλου V
  • Οι δρόμοι του αρχαγγέλου ΙΙΙ
  • Οι δρόμοι του αρχάγγελου IV
  • Οι δρόμοι του αρχάγγελου Ι
  • Οι δρόμοι του αρχαγγέλου ΙΙ
  • Μελοποιημένη ποίηση ΙΙΙ
  • Για την ελληνική μουσική
  • Ζητείται αριστερά
  • 20 τραγούδια για πιάνο και αρμόνιο
  • Να μαγευτώ και να μεθύσω
  • Ανατομία της μουσικής
  • Πού να βρω την ψυχή μου... A'
  • The best of M. Theodorakis
  • Αντιμανιφέστο
  • Πού πάμε;
  • Το τραγούδι του νεκρού αδελφού
  • Ο κύκλος
  • Η Βεατρίκη στην οδό Μηδέν
  • Μια θάλασσα γεμάτη μουσική
  • Μπαλάντες
  • Πού να βρω την ψυχή μου... Β'
  • Χαιρετισμοί
  • Les Eluard
  • Τα λυρικώτερα
  • Τα λυρικώτατα
  • Τα πρόσωπα του Ήλιου
  • Φαίδρα
  • Λιποτάκτες
  • Θαλασσινά φεγγάρια
  • Ασίκικο πουλάκη
  • Romancero Gitano (για πιάνο - φωνή)
  • Τα Λυρικά
  • Ταξίδι μέσα στη νύχτα
  • Μικρές Κυκλάδες
  • Διόνυσος
  • Επιφάνια
  • Πνευματικό Εμβατήριο
  • Επιτάφιος
  • Πνευματικό Εμβατήριο (Δεμένο) (Oratorio Musik Lengkap)
  • Αξιον Εστί (Δεμένο) (Oratorio Musik Lengkap)
  • Ζορμπάς (Δεμένο) (Suite - Ballet Musik Lengkap)
  • Καρναβάλι (Δεμένο) (Suite - Ballet Musik Lengkap)
  • Adagio (Musik Lengkap) - Sinfonietta (Musik Lengkap) (Δεμένο)
  • Επιφάνια Αβέρωφ (Cantata) (δεμ.)
  • Canto Olympico (Oratorio) (Δεμένο)
  • Adagio. Sinfonietta
  • Zorbas. Suite-Ballet: Musik Lengkap
  • Λιποτάκτες
  • Μπαλάντες. Κύκλος τραγουδιών για πιάνο και φωνή
  • Πνευματικό εμβατήριο. Ορατόριο
  • Χαιρετισμοί. Κύκλος τραγουδιών για πιάνο και φωνή
  • Το μανιφέστο των Λαμπράκηδων
  • Τα λυρικώτατα
  • Τα λυρικώτερα
  • Τα πρόσωπα του ήλιου
  • Δημοκρατική και συγκεντρωτική αριστερά
  • Οι μνηστήρες της Πηνελόπης
  • Περί τέχνης
  • Που να βρω την ψυχή μου... Γ'
  • Ραψωδία για βιολοντσέλο και ορχήστρα
  • Επιφάνια Αβέρωφ
  • Ένα όμηρος - Εικαστικά εξώφυλλα δίσκων
  • Όπως στον Πινόκιο
  • I had three lives
  • Μάνου Χατζιδάκι εγκώμιον
  • The Gates of Eden