Z (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Z (film)
CostaGavrasZ.jpg
Sutradara Costa-Gavras
Produser Jacques Perrin
Ahmed Rachedi
Penulis Vassilis Vassilikos
Jorge Semprún
Pemeran Jean-Louis Trintignant
Yves Montand
Irene Papas
Jacques Perrin
Distributor Cinema V (USA)
Durasi 127 menit


Film Z adalah sebuah thriller politik 1969 yang disutradarai oleh Costa-Gavras, dengan skenario dalam bahasa Prancis oleh sang sutradara, berdasarkan novel dengan judul yang sama karya Vassilis Vassilikos.

Film ini menyajikan sebuah kisah yang hampir bukan fiktif tentang kejadian-kejadian sekitar pembunuhan atas seorang politikus demokratis Yunani, Gregoris Lambrakis pada 1963. Dengan pandangannya yang satir tentang politik Yunani, rasa humornya yang gelap, dan bagian penutupnya yang mengerikan, film ini menangkap kemarahan terhadap diktatur militer yang memerintah Yunani pada masa itu.

Film ini dibintangi oleh Jean-Louis Trintignant sebagai hakim penyelidik (Christos Sartzetakis). Meskipun Yves Montand dan Irene Papas adalah bintang-bintang terkenal dengan reputasi internasional, mereka hanya tampil sebentar di layar dibandingkan dengan tokoh-tokoh lainnya. Jacques Perrin, yang ikut memproduksi film ini, memainkan sebuah peranan penting.

Plot[sunting | sunting sumber]

Yves Montand berperan sebagai Gregoris Lambrakis.

Lokasi film ini tidak pernah diungkapkan secara jelas, namun terdapat sejumlah petunjuk (mis. sebuah mesin tik Yunani) yang menunjukkan bahaw kisah ini berlangsung di Yunani pada awal 1960-an. Pengambilan film sebagian besar dilakukan di Aljir.

Pada bagian pembukaan, terdapat pernyataan tanggung jawab yang terbalik, yang berbunyi (terjemahan dari bahasa Prancis): "Apabila ada persamaan dengan kejadian-kejadian yang sesungguhnya, dengan orang-orang yang masih hidup atau sudah meninggal, itu bukanlah kebetulan. Semuanya DISENGAJA."

Cerita ini dimulai dengan pemimpin polisi keamanan dari suatu pemerintahan sayap kanan yang didominasi militer, yang menggambarkan program pemerintah untuk melawan kelompok kiri, dengan menggunakan metafora tentang "lumut pikiran", suatu infiltrasi dari "isme", atau "bercak di matahari".

Adegan beralih kepada persiapan-persiapan untuk anggota Parlemen (Montand) yang akan datang untuk menyampaikan pidato pada sebuah rapat umum pihak oposisi. Setelah menyampaikan pidatonya, sang anggota Parlemen ditabrak oleh sebuah truk pengiriman barang dan menderita luka yang fatal pada otaknya. Hakim pemeriksa (Trintignant), dengan bantuan wartawan foto (Perrin) mengungkapkan cukup bukti untuk menuntut bukan hanya dua orang anggota militan sayap kanan yang melakukan pembunuhan itu, tetapi juga empat perwira polisi militer yang berpangkat tinggi. Aksi film ini ditutup dengan salah seorang dari rekan sang anggota parlemen bergegas menemui janda si anggota parlemen (Papas) untuk menyampaikan berita yang mengejutkan kepadanya.

Namun bukannya hasil positif yang diharapkan, jaksa penuntut umum malah secara misterius disingkirkan dari kasus ini, para saksi utama meninggal dengan cara yang membangkitkan kecurigaan, para pembunuh, meskipun dinyatakan bersalah melakukan pembunuhan, menerima hukuman yang (relatif) singkat, para perwira hanya mendapatkan peringatan administratif, rekan-rekan dekat sang anggota parlemen meninggal atau dideportasi, dan si wartawan foto dipenjarakan karena mengungkapkan dokumen-dokumen resmi.

Pada bagian penutupnya, bukannya mendaftarkan para bintang dan kru pembuat film, sutradara mendaftarkan hal-hal yang dilarang oleh junta. Antara lain gerakan perdamaian, mogok, serikat buruh, rambut gondrong, The Beatles, berbagai jenis musik modern dan pop ("la musique populaire"), Sophokles, Leo Tolstoy, Aeschylus, tulisan yang menyatakan bahwa Sokrates seorang homoseksual, Eugene Ionesco, Jean-Paul Sartre, Anton Chekhov, Mark Twain, Samuel Beckett, perhimpunan pengacara, sosiologi, ensiklopedia internasional, kebebasan berbicara, matematika baru. Yang juga dilarang adalah huruf Z, yang ditulis di tepi jalan sebagai gambar terakhir film ini, sebagai lambang peringatan bahwa "semangat perlawanan hidup terus" (zi dalam bahasa Yunani= "ia hidup").


Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Z dinominasikah untuk berbagai penghargaan penting, termasuk Oscar untuk Film Terbaik dan Golden Globe untuk Film Asing Terbaik, dan dipilih sebagai film terbaik New York Film Critics Circle Awards dan National Society of Film Critics Awards. Film ini juga dinominasikan untuk penghargaan Golden Palm di Festival film Cannes. Film ini memperoleh hadiah Oscar dalam kategori penyuntingan dan film asing. Musiknya, oleh Mikis Theodorakis, juga menjadi sangat terkenal.