Dmitri Shostakovich

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dmitri Shostakovich
Dmitri1.jpg
Dmitri Shostakovich l.k. 1942
Latar belakang
Nama lahir Dmitri Shostakovich
Lahir 25 September 1906
Asal St. Petersburg, Rusia
Meninggal 9 Agustus 1975
Moskwa, Rusia
Pekerjaan Komponis

Dmitri Dmitrievich Shostakovich Tentang suara ini listen (bahasa Rusia: Дмитрий Дмитриевич Шостакович, Dmitrij Dmitrievič Šostakovič) (25 September [K.J.: 12 September] 19069 Agustus 1975) adalah seorang komponis Rusia dari masa Soviet. Ia mempunyai hubungan yang kompleks denagn pemerintah Rusia, karena dua kali, pada 1936 dan 1948, musiknya resmi dikecam oleh pemerintah dan beberapa kali sempat dilarang. Pada saat yang sama, ia tetap merupakan komponis Soviet yang paling populer dari generasinya dan menerima banyak pujian dan penghargaan negara, dan pernah duduk di Dewan Tertinggi Soviet.

Setelah melalui tahap modernis pada awalnya, Shostakovich menulis denagn berbagai gaya yang merentang dari neo-klasik (dengan pengaruh Stravinski) hingga pasca-romantik (dengan pengaruh Mahler). Pada umumnya orang menganggap bahwa karya-karyanya yang terbesar adalah simfoni-simfoninya serta kuartet geseknya, yang masing-masing berjumlah 15. Karya-karyanya yang lain mencakup opera, enam concerto dan sejumlah besar musik film. David Fanning menyimpulkan dalam Grove bahwa:

"Di tengah-tengah tekan-tekanan yang saling berlawanan dari tntutan-tuntutan resmi, penderitaan massal saudara-saudara setanahairnya, dan cita-cita ideal kemanusian pribadinya serta pelayanan kepada masyarakat, ia berhasil menciptakan sebuah bahasa musik dengan kekuatan emosional yang kolosal."[1]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Tempat kelahiran Shostakovich (kini Sekolah No. 267). Plakat peringatan di sebelah kiri.

Shostakovich dilahirkan di 2 Podolskaya Ulitsa di St. Petersburg, Rusia. Ia adalah anak kedua dari tiga orang anak yang dilahirkan dalam keluarga Dmitri Boleslavovich Shostakovich dan Sofiya Vasilievna Shostakovich. Secara politik keluarganya liberal (salah seorang pamannya adalah seorang Bolshevik, tetapi di keluarganya juga terdapat sejumlah ekstremis sayap kanan). Dmitri adalah seorang anak yang jenius, baik sebagai seorang pianis maupun komponis. Bakatnya menjadi kelihatan setelah ia mulai mengambil pelajaran piano pada usia 9 tahun. Pada 1918, ia mengarang sebuah mars pemakaman untuk mengenang dua pemimpin dari Partai Kadet, yang dibunuh oleh para pelaut Bolshevik. Pada 1919, ia diizinkan masuk ke Konservatorium Petrograd, yang saat itu dipimpin oleh Alexander Glazunov. Namun, ia menderita karena kurang memiliki semangat politik dan mula-mula gagal dalam ujian metodologi Marxisnya. Sukses musik pertamanya yang besar adalah Simfoni No. 1 (pertama kali dimainkan pada 1926), yang ditulisnya sebagai karya untuk kelulusannya.

Setelah lulus, mulanya ia ingin mengembangkan karier ganda sebagai pianis konser dan komponis, tetapi gaya bermainnya yang kering seringkali kurang dihargai. Namun demikian, ia sempat memenangi "penghargan" pada Kompetisi Piano Internasional Warsawa 1927. Setelah kompetisi itu, Shostakovich bertemu dengan dirigennya, Bruno Walter, yang begitu terkesan oleh karya Shostakovich, Simfoni No. 1 sehingga ia memimpin pertunjukan perdananya di Berlin belakangan tahun itu. Setelah itu, Shostakovich berkonsentrasi penuh pada komposisi dan tak lama kemudian membatasi pertunjukan-pertunjukannya terutama pada karya-karyanya sendiri. Pada 1927, ia mengarang Simfoni No.2-nya yand diberinya sub-judul Bagi Oktober). Ketika mengarang simfoni ini, ia juga mulai menulis opera satirisnya, Hidung, yang didasarkan pada cerita karya Gogol. Pada 1929, opera ini dikritik sebagai "formalis" oleh RAPM, organisasi musikus Stalinis. Pertunjukannya mendapatkan tinjauan yang buruk pada 1930.

Tahun 1927 juga menandai awal hubungan sang komponis dengan Ivan Sollertinsky, yang tetap menjadi teman terdekatnya hingga Sollertinsky meninggal dunia pada 1944. Sollertinsky memperkenalkan Shostakovich kepada musik Gustav Mahler, yang mempunyai pengaruh yang kuat kepada musinya mulai Simfoni keempatnya. Pada 1932 ia menikah dengan istrinya yang pertama, Nina Varzar. Kesulitan-kesulitan awal menyebabkan mereka menempuh proses perceraian pada 1935, namun keduanya kemudian rujuk kembali.


Pada akhir 1920-an dan awal 1930-an ia bekerja di TRAM, seuah teater pemuda proletar. Meskipun ia tidak banyak bekerja dalam posisi ini, hal ini melindunginya dari serangan ideologis. Banyak dari masa ini dilaluinya dengan mengarang operanya Lady Macbeth dari Distrik Mtsensk. Karyanya ini pertama kali dipertunjukan pada 1934 dan langsung sukses, baik di tingkat masyarakat umum maupun di tingkat resmi. Opera ini dikatakan sebagai "hasil dari sukses umum dari pembangunan Sosialis, dari kebijakan yang tepat dari Parati" dan bahwa opera seperti ini "hanya dapat ditulis oleh seorang komponis Soviet yang dibesarkan dalam tradisi terbaik dari budaya Soviet."[2]


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Grove hlm. 280.
  2. ^ Dmitrii Shostakovich, Shostakovich: About Himself and His Times, disusun oleh L. Grigoryev dan Ya. Platek, terj. Angus dan Neilian Roxburgh (Moskwa: Progress Publishers, 1981), 33.