Mi minyak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mi minyak Shanghai

Mi minyak (bahasa Inggris: oil noodles) atau mi yang dimasak (cooked noodles) adalah jenis mi Tiongkok. Hal ini kadang-kadang digunakan dalam masakan Kanton.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Mi minyak dibuat dari tepung terigu, telur, putih telur, garam, minyak jagung, dan natrium benzoat. Di Hong Kong, Amerika Serikat dan Kanada, mi ini disebut yow mein jika mi tersebut berbentuk silinder, dan berpenampang melingkar atau bulat. Jika mi tersebut berbentuk persegi, maka disebut mein. Di Singapura, mi ini disebut dengan mee. Apabila digunakan dalam hidangan bahasa Melayu dan Indonesia, mi ini disebut mee dalam pengucapan kata dalam bahasa Hokkien. Di Asia Tenggara, jenis mi ini sering disajikan dengan masakan laut atau daging unggas dan daging babi, sementara di Hong Kong dan di Tiongkok, mi ini sering disajikan di gerobak di pinggir dan disebut chei zai main, atau "mi keranjang". Mi ini pernah disajikan dengan ayam di Hong Kong. Di Taiwan, seperti di Tiongkok berbahasa Mandarin, dikenal sebagai mian. Di Taiwan Hoklo asli, mi ini disebut sebagai mi, sebagai lawan dari lebah yang berarti "biji-bijian padi" mentah.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar mi minyak perlu direbus atau dimasak. Beberapa di antaranya dapat dibeli dalam bentuk yang sudah dimasak. Makanan itu dapat disajikan panas atau dingin. Saus, daging, kaldu, atau sayuran dapat ditambahkan kemudian.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]