Mercury Tujuh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Baris belakang: Shepard, Grissom, Cooper; Baris depan: Schirra, Slayton, Glenn, Carpenter tahun 1960.[1]
(Kiri ke Kanan) Cooper, Schirra, Shepard, Grissom, Glenn, Slayton and Carpenter


Mercury Tujuh atau Mercury Seven adalah sebutan bagi kelompok pertama astronot Amerika serikat yang tergabung dalam Proyek Mercury. Nama "Mercury Seven" berasal dari jumlah anggotanya yang terdiri dari 7 orang, yang dipilih dengan kriteria yang sangat ketat oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Mereka secara resmi diperkenalkan pada tanggal 9 April 1959.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Diawali pada 7 Oktober 1958, Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) yang baru dibentuk, mengumumkan Proyek Mercury. Proyek ini yang memiliki 3 misi:

  • Menempatkan wahana berawak di orbit sekitar bumi.
  • Mengamati kinerja manusia dalam kondisi di orbit bumi.
  • Mengembalikan ke Bumi dengan selamat.

Untuk itu, NASA membentuk sebuah komite, untuk mencari orang yang memiliki kualifikasi tertentu untuk terbang dengan modul Mercury. Karena keterbatasan ruang di dalam wahana Mercury, maka kandidat tidak boleh lebih tinggi dari 180 cm, dan beratnya tidak lebih dari 82 Kg. Persyaratan lain adalah, tidak boleh lebih dari umur 40 tahun, memiliki gelar sarjana strata 1 dan memiliki kualifikasi terbang dengan pesawat jet minimum 1.500 jam terbang.

Pada bulan Januari 1959, komite ini menerima 508 kandidat, dan dari 508 kandidat tersebut di saring menjadi 110 kandidat. Melalui berbagai ujian fisik, tertulis dan wawancara, 32 kandidat lolos untuk tes lebih lanjut. Setiap kandidat mengalami pemeriksaan fisik, psikologis, dan mental lebih ketat lagi, termasuk tes x-ray, latihan kognitif, dan serangkaian wawancara. Dari 32 calon, 18 direkomendasikan untuk Proyek Mercury. Akhirnya pada konferensi pers di Washington DC, 9 April 1959, NASA memperkenalkan Mercury Tujuh kepada publik. Pers dan publik segera mengadopsi mereka sebagai pahlawan, mewujudkan semangat baru eksplorasi ruang angkasa.

Anggota Mercury Seven[sunting | sunting sumber]

Misi:MR-3 (Freedom 7), Apollo 14

Misi:MR-4 (Liberty Bell 7), Gemini 3, Apollo 1

Misi:MA-6 (Friendship 7), STS-95

Misi:MA-7 (Aurora 7)

Misi:MA-8 (Sigma 7), Gemini 6A, Apollo 7

Misi:MA-9 (Faith 7), Gemini 5

Misi:Proyek tes Apollo-Soyuz

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Slayton, Donald K.; Cassutt, Michael (1994). Deke!. New York: Forge. hlm. 87. ISBN 0312-85918-X. 

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]