Apollo 14

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Apollo 14 Launch - GPN-2000-000633.jpg

Apollo 14 adalah sebuah misi pesawat ruang angkasa berawak kedelapan dalam program Apollo Amerika Serikat, dan yang ketiga untuk mendarat di Bulan. Itu adalah misi yang terakhir dari pendaratan "misi H" yang ditargetkan dengan dua hari tetap di Bulan dengan dua lunar EVA, atau moonwalks.

Komandan Alan Shepard, Command Module Pilot Stuart Roosa, dan Lunar Module Pilot Edgar Mitchell diluncurkan pada misi sembilan hari mereka pada tanggal 31 Januari 1971 16:04:02 waktu setempat setelah 40 menit, 2 detik delay karena pembatasan situasi cuaca, penundaan pertama seperti dalam program Apollo.

Shepard dan Mitchell membuat pendaratan lunar mereka pada tanggal 5 Februari dalam Fra Mauro. Ini awalnya menjadi sasaran yang dibatalkan pada misi Apollo 13.

Selama di dalam dua lunar EVA, 42 kilogram (93 pon) batu bulan dikumpulkan dan beberapa eksperimen permukaan, termasuk studi seismik. Shepard terkenal memukul dua bola golf di permukaan bulan dengan klub darurat yang dibawanya dari Bumi. Shepard dan Mitchell menghabiskan sekitar 33 jam di Bulan, dengan sekitar 9 ½ jam pada EVA.

Sementara Shepard dan Mitchell berada di permukaan, Roosa tetap di orbit lunar kapal Modul Command/Service, melakukan eksperimen ilmiah dan memotret Bulan. Dia mengambil beberapa ratus biji pada misi, banyak yang berkecambah pada kembali, sehingga disebut pohon Bulan. Shepard, Roosa, dan Mitchell mendarat di Samudra Pasifik pada 9 Februari.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

NASA reports

Multimedia