Mazda Motor Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mazda Motor Indonesia
Anak perusahaan
IndustriOtomotif
NasibDistribusi kendaraan Mazda diambil alih oleh Eurokars Group
Didirikan1985 (dengan nama PT. National Motor/NM, sebagai bentuk joint venture dengan Indomobil Group)
2006 (dengan nama PT. Mazda Motor Indonesia/MMI)
Ditutup1 Februari 2017
Kantor
pusat
Jakarta, Indonesia
Wilayah operasi
Indonesia
ProdukMobil
IndukMazda Motor Corporation
Situs webmazda.co.id

PT. Mazda Motor Indonesia dulunya adalah distributor resmi dari Mazda Motor Corporation mulai tahun 2006 hingga tahun 2017. Perusahaan ini menggantikan joint venture antara Mazda Motor Corporation dan Indomobil Group sebelumnya, yakni PT. National Motors. Perusahaan ini berkantor pusat di Jakarta, Indonesia dan pernah merakit dua model mobil berdasarkan pada Mazda Familia.[1] National Motors didirikan pada tahun 1985 dan dibubarkan pada tahun 1997.

PT. National Motors kemudian digantikan oleh PT. Mazda Motor Indonesia, yang dimiliki langsung oleh Mazda Motor Corporation. Pada tahun 2015, laba perusahaan ini sebagian besar berasal dari Mazda CX-5 (48%) dan Mazda2 (32%).[2]

Pada tanggal 14 Oktober 2016, diumumkan bahwa distribusi kendaraan Mazda diambil alih oleh Eurokars Group mulai tanggal 1 Februari 2017.

Gambaran umum model saat ini[sunting | sunting sumber]

Gambaran umum model terdahulu[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mazda launches new locally-produced passenger car for Indonesian market. (Mazda MR90) (product announcement) (site unavailable)". HighBeam Research: Online Press Releases. PR Newswire Association. December 4, 1990. [pranala nonaktif]
  2. ^ Galiartha, Gilang (February 10, 2016). Radja, Aditia Maruli, ed. "Penjualan Mazda naik dua persen pada 2015". ANTARA News. Antara News.