Mauna Loa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mauna Loa
Mauna Loa
Mauna Loa dilihat dari udara; Hualālai terlihat di latar belakang.
Ketinggian 13.679 ft (4.169,4 m) [1]
Ketinggian topografi 7.079 ft (2.157,7 m) [1]
Lokasi
Mauna Loa is located in Hawaii
Mauna Loa
Pegunungan Kepulauan Hawaii
Koordinat Serikat_ 19°28′46,3″LU 155°36′9,6″BT / 19,46667°LU 155,6°BB / 19.46667; -155.60000Koordinat: Serikat_ 19°28′46,3″LU 155°36′9,6″BT / 19,46667°LU 155,6°BB / 19.46667; -155.60000
Topografi USGS Mauna Loa
Geologi
Jenis Perisai
Umur batuan 700.000–1 juta
Busur/sabuk vulkanik Hawaiian-Emperor seamount chain
Letusan terakhir Maret hingga April 1984
Pendakian
Pertama didaki Zaman purba
Rute termudah Jalan Ainapo

Mauna Loa adalah satu dari lima gunung berapi yang membentuk Pulau Hawaii di negara bagian Hawaii, Amerika Serikat yang berada Samudera Pasifik. Kata "Mauna Loa" berasal dari Bahasa Hawaii yang berarti "pegunungan panjang". Mauna Loa termasuk gunung berapi tipe perisai dengan perkiraan volume sekitar 18.000 mil kubik (75.000 km ³), puncaknya hanya setinggi 120 kaki (37 m) yang lebih rendah dari Mauna Kea. Erupsi lava dari Mauna Loa sangat cair dan miskin silika dengan letusan yang cenderung tidak eksplosif serta gunung api memiliki lereng yang dangkal.

Mauna Loa diprediksi telah mengalami erupsi sejak 700.000 tahun yang lalu dan mungkin telah muncul di atas permukaan laut sejak 400.000 tahun yang lalu. Batuan tertua yang berhasil ditemukan berusia kurang dari 200.000 tahun. Magma berasal dari hotspot Hawaii yang membentuk Pulau Hawaii sekitar 10 juta tahun. Pergerakan tektonik dari Lempeng Pasifik akan membawa Mauna Loa menjauh dari hotspot antara 500.000 hingga 1 juta tahun dari sekarang dan menyebabkan gunung ini akan punah.

Letusan terakhir Mauna Loa terjadi pada 24 Maret 1984 sampai 15 April 1984.[2] Tidak ada letusan terbaru yang menyebabkan kerugian fatal, namun demikian, erupsi pada 1926 dan 1950 menghancurkan beberapa desa dan kota Hilo yang sebagian besar dibangun diatas hasil pergerakan lava pada akhir abad ke-19. Mauna Loa termasuk dalam daftar Gunung Api Dekade Ini yang mendorong studi yang paling berbahaya dari gunung berapi. Mauna Loa telah dipantau intensif oleh Observatorium Gunung Berapi Hawaii sejak 1912. Pengamatan yang dilakukan meliputi suasana atmosfir di Observatorium Mauna Loa, dan pada Matahari di Observatorium Surya Mauna Loa, keduanya terletak dekat dengan puncak. Taman Nasional Gunung Api Hawaii meliputi puncak dan tenggara dari lereng gunung berapi ini, termasuk gunung berapi yang terpisah, Kīlauea.

Geologi[sunting | sunting sumber]

Letak[sunting | sunting sumber]

Posisi Mauna Loa di Pulau Hawaii
Posisi Mauna Loa di Pulau Hawaii
mosaik lansat;erupsi terbaru ditampilkan dengan warna hitam
mosaik lansat;erupsi terbaru ditampilkan dengan warna hitam

Seperti gunung berapi lainnya di Hawaii, Mauna Loa terbentuk dari lempeng tektonik pasifik yang bergerak ke arah Hawaiian hotspot di bagian mantel bumi. Gunung - gunung berapi di Pulau Hawaii adalah hanya bukti terbaru dari proses tersebut, yang terjadi lebih dari 70 juta tahun lalu, yang menciptakan Hawaiian-Emperor seamount chain sepanjang 6.000 km.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Mauna Loa adalah gunung api terluas kedua di dunia setelah Tamu Massif. Mauna Loa meliputi area seluas 5.271 km2 dengan membentang sepanjang 120 km. Diperkirakan mengandung 65.000 hingga 80.000km3 batu keras yang menutup hampir setengah dari area Pulau Hawaii. Jika digabungkan dengan lereng yang terletak di bawah laut (5.000m hingga ke dasar laut) dan 4.170 m tinggi di darat, Mauna Loa memiliki ketinggian 9.170m dari kaki hingga ke puncak gunung, melebihi tinggi Gunung Everest yang memiliki ketinggian 8.848 m atau 29.029 kaki dari dasar hingga ke puncak gunungnya. Sebagai tambahan, banyak bagian dari gunung yang tidak terlihat bahkan di dalam laut sekalipun; massa Mauna Loa menekan kerak dibawahnya dengan bentuk seperti gunung terbalik, berarti tinggi Mauna Loa dari sejak awal sejarah letusannya hingga saat ini sekitar 17.170 m (56.000 kaki).

Erupsi umumnya terjadi di tiga wilayah di gunung: di puncak dalam dua celah dan memperluas zona timur laut dan barat daya dari puncak. Sekitar 38% dari erupsi dalam dua ratus tahun terakhir telah terjadi di puncak, 31% di wilayah timur laut renggang, dan 25% pada zona barat daya renggang. Sisanya 6% yang terjadi dari ventilasi ke arah barat laut dari puncak, jauh dari zona renggang. Kaldera yang mungkin dibentuk 1,000-1,500 tahun lalu ketika letusan yang sangat besar dari timur laut membuat keretakan di kamar magma yang dangkal yang kemudian roboh. [6]

Data gelombang seismik dapat mengungkapkan lokasi dari kamar magma di bawah gunung api yang beraktivitas. Beberapa jenis gelombang seismik, yang dikenal sebagai "S-gelombang," tidak dapat berjalan, sehingga kamar magma melemparkan 'bayangan' dalam data seismik. Bayangan seismik mengungkapkan tentang magma chamber 1,75 mil (3 km) di bawah puncak dan badan-badan kecil magma di bawah zona renggang.

Perdagangan angin bertiup dari barat ke timur di seluruh pulau Hawaii, dan adanya Mauna Loa sangat memengaruhi iklim lokal. Rendah di elevations, sebelah timur (angin) samping volcano menerima hujan deras, dan kota Hilo adalah wettest di Amerika Serikat. Curah hujan mendukung forestation luas. Barat (di bawah angin) samping memiliki banyak iklim kering. Tinggi di elevations, jumlah hujan turun, dan langit sangat sering jelas. Temperatur yang sangat rendah berarti hujan sering terjadi dalam bentuk salju, dan puncak dari Mauna Loa digambarkan sebagai periglacial wilayah, di mana pembekuan dan thawing memainkan peran penting dalam membentuk lansekap.

Sejarah Letusan[sunting | sunting sumber]

Asal[sunting | sunting sumber]

Mauna Loa mulai meletus antara 700.000 dan 1.000.000 tahun yang lalu dan telah tumbuh secara terus-menerus sejak itu. Seperti seluruh pulau Hawaii, Mauna Loa berasal dari Hawaii-hotspot yang membuat magma naik dari dalam mantel bumi. Hotspot yang masih dalam posisi yang tetap, sedangkan Pasifik Plate drifts atasnya pada tingkat sekitar 4 inci (10 cm) per tahun. The upwelling of hot magma menciptakan gunung berapi, dan setiap gunung berapi erupts selama beberapa juta tahun sebelum gerakan yang membawa piring itu jauh dari meningkatnya magma.

Hotspot yang telah ada sedikitnya 80 juta tahun, dan Kaisar Seamounts rangkaian gunung berapi lama stretches hampir 3.600 mil (5.800 km) dari area hotspot. Saat ini, aktivitas di hotspot feed lima gunung berapi: Mauna Loa, Kīlauea, dan Hualālai di Big Island, Maui Haleakalā pada, dan Loihi, sebuah gunung api dasar laut selatan Big Island Hawaii bungsu dan gunung berapi. Mauna Loa adalah pulau terbesar ini, walaupun saat ini Kīlauea situs yang paling intens aktivitas gunung berapi. [9]

Prasejarah letusan dari Mauna Loa telah dianalisis secara luas oleh melaksanakan radiocarbon dating pada fragmen dari arang ditemukan di bawah aliran lahar. Gunung prasejarah dari kegiatan ini mungkin yang terbaik dari setiap gunung berapi yang dikenal. Penelitian telah menunjukkan bahwa siklus yang terjadi dalam aktivitas gunung berapi di puncak yang dominan selama beberapa ratus tahun, setelah aktivitas yang bergeser ke zona celah untuk lebih beberapa abad, dan kemudian kembali ke puncak kembali. Dua siklus telah jelas, 1,500-2,000 berlangsung setiap tahun. Berhubung dgn putaran perilaku ini adalah unik untuk Mauna Loa di antara gunung berapi Hawaii. [10]

Catatan menunjukkan bahwa antara 7000 dan sekitar tahun 6000 lalu telah Mauna Loa besar tidak aktif. Penyebab penghentian dalam kegiatan ini tidak diketahui, dan tidak dikenal mirip hiatus telah ditemukan di Hawaii gunung berapi lainnya kecuali bagi orang-orang yang saat ini dalam tahap pasca-perisai. Antara 8000 dan 11.000 tahun yang lalu, aktivitas yang lebih kuat daripada saat ini. [5] Namun, Mauna Loa keseluruhan laju pertumbuhan telah mulai lambat mungkin selama 100.000 tahun, [11] dan gunung berapi mungkin sebenarnya yang akan hampir akhir nya tholeiitic basal perisai-gedung tahap.

Pemantauan[sunting | sunting sumber]

Didirikan di Kīlauea pada 1912, Observatorium Gunung Api Hawaii merupakan cabang dari United States Geological Survey yang merupakan organisasi utama yang memantau, mengobservasi dan mempelajari gunung - gunung api di Hawaii. Pendiri observatorium, Thomas A. Jaggar mencoba mengobservasi erupsi pada 1914 dengan melakukan sebuah ekspedisi ke puncak gunung, namun tidak dijalankan karena jalur perjalanan yang sulit. Ia kemudian meminta bantuan kepada Lorrin A Thurston pada 1915 untuk mempersuasi US Army untuk membangun sebuah rute kecil untuk menuju ke puncak gunung agar dapat digunakan oleh peneliti dan pengunjung. Sebuah proyek diselesaikan pada bulan Desember pada tahun itu dan Observatorium mengelola trek tersebut sejak saat itu.

Pertama direkam pendakian[sunting | sunting sumber]

Pendakian pertama yang direkam adalah Mauna Loa pada tahun 1794 oleh naturalis Archibald Menzies, yang kemudian-Letnan Yusuf Baker, dan dua orang lain. [13] [14] Menggunakan barometer, Menzies dihitung dengan ketinggian 50 kaki dalam (15 m).

Meskipun telah menyaksikan erupsi Hawaii yang asli untuk berabad-abad, hanya ada catatan tertulis untuk erupsi yang terjadi sejak awal tahun 1800an. Pertama terjadi dalam sejarah letusan 1843, dan sejak itu 33 letusan telah didokumentasikan. Secara keseluruhannya, letusan ini telah dibahas lebih dari 310 mil persegi (800 km2) dari gunung berapi dari flanks dengan aliran lahar. Biasanya, erupsi singkat namun intens, dengan 0,06-0,12 kubik mil (0,25-0,5 km ³) dari lava selama beberapa minggu. Kawah dari Moku-A-Weo-Weo di Mauna Loa; ukiran gambar yang dibuat ole Alfred Thomas Agate

Sebuah ledakan besar terutama di 1935 [15] yang cukup besar bahwa aliran lahar mengancam Hilo, terkemuka untuk pekerjaan yang luar biasa dari kekuatan udara. Lima bom dari 23D dan 72d pengeboman Squadrons dari Angkatan Udara Amerika Serikat gagal di depan lahar untuk mengalihkan itu jauh dari Hilo. [16] [17]

Hingga tahun 1950, letusan terjadi kira-kira setiap 3-4 tahun, tetapi sejak itu ada waktu istirahat yang dramatis dengan erupsi hanya terjadi pada tahun 1975 dan 1984. [5] Dua letusan terkini telah belajar yang paling menyeluruh. Letusan 1975 yang berlangsung dua hari dan hanya terjadi di puncak-puncak gunung. Letusan 1984 yang melihat fissures buka sampai ke barat laut dan tenggara, dari puncak ke bawah 9.500 kaki (2.900 m) di atas permukaan laut. Mengalir dari kepala ini letusan cepat menuju Hilo lagi, tetapi berhenti sekitar 2,5 mil (4,0 km) dari pinggiran ketika letusan berakhir setelah tiga bulan. [9]

Peristiwa kegiatan[sunting | sunting sumber]

Lava mancur feed aa aliran lahar pada Maret 1984.

Gunung berapi yang telah terbengkalai sejak tahun 1984. Kegiatan seismik tetap rendah sampai tahun 2002, ketika itu tiba-tiba mulai inflasi, Kaldera dan dinding mulai bergerak selain di tingkat 2 inci (5 cm) per tahun. Pemikiran ini adalah untuk menunjukkan bahwa magma akan mengisi sebuah waduk sekitar 3,1 mil (5.0 km) di bawah puncak. Inflasi telah berjalan, kadang-kadang lambat, dan kadang-kadang berhenti untuk beberapa minggu. Selama ini, meski selalu terulang, dan kemungkinan akan menunjukkan peningkatan yang kemungkinan dari letusan dalam beberapa tahun ke depan.

Inflasi telah disertai dengan peningkatan kegiatan seismik. J mengeriap mendalam dari gempa bumi dimulai pada Juli 2004, dan terus sampai akhir tahun. Gempa bumi yang terdeteksi pada tingkat satu per hari untuk tiga bulan pertama, kemudian meningkat terus-menerus selama 15 bulan atau per hari sehingga pada akhir tahun. Mengeriap yang berakhir pada Desember 2004, gempa bumi dan tingkat sedang hanya telah ditinggikan sejak itu. [18]

Hubungan dengan Kilauea[sunting | sunting sumber]

Kīlauea terletak di lereng selatan Mauna Loa yang pada awalnya adalah pemikiran untuk menjadi satelit yang mencurahkan Mauna Loa. Namun, perbedaan antara kimia lavas dari dua gunung berapi menunjukkan bahwa mereka telah terpisah kamar magma yang dangkal. Mereka kini dianggap terpisah. Namun, pola aktivitas di dua gunung berapi akan muncul berhubungan.

Hubungan yang paling nyata antara dua gunung itu, pada umumnya, periode sering kegiatan di satu gunung berapi bertepatan dengan periode yang rendah pada kegiatan lainnya. Misalnya, antara 1934 dan 1952, Kīlauea yang terbengkalai dan hanya Mauna Loa aktif, sedangkan 1952-1974, hanya Kīlauea aktif sementara Mauna Loa meletakkan terbengkalai. [19]

Pada 1984 dari letusan Mauna Loa dimulai pada saat letusan Kīlauea, namun kelihatan tidak memiliki efek pada letusan Kilauea. Kadang-kadang, erupsi di salah satu gunung berapi yang tampaknya memengaruhi aktivitas di sisi lainnya. Baru-baru ini, inflasi Mauna Loa berkonperensi mulai dari pada hari yang sama seperti yang baru besar aliran lahar pecah di Kīlauea dari Puu OO kawah. Geologists telah menyarankan bahwa "pulse" yang masuk Mauna Loa magma dari dalam sistem plumbing dapat meningkatkan tekanan di dalam Kīlauea dan memicu letusan.

Bahaya[sunting | sunting sumber]

Letusan gunung berapi di Hawaii jarang menyebabkan kematian karena ada aktivitas gunung berapi dalam abad terakhir terjadi di Kīlauea pada tahun 1924, ketika sebuah ledakan eksplosif luar biasa yang membuat batu terempas-empas di onlookers, satu orang terbunuh. Mauna Loa termasuk dair Dekade Volcano, yang berarti telah diidentifikasi dalam penelitian ringan dari erupsi sering dari kedekatan ke daerah penduduk. Banyak kota dan desa-desa di dekat gunung berapi yang dibangun di atas lava yang erupsi dalam dua ratus tahun terakhir, dan terdapat kemungkinan yang sangat kuat di masa mendatang akan menyebabkan kerusakan eruptions ke daerah penduduk.

Bahaya volkanis utama di Mauna Loa adalah aliran lahar. Kebanyakan mengalir di muka mengenai kecepatan berjalan kaki dan sekarang sedikit bahaya untuk kehidupan manusia, tetapi di Mauna Loa, erupsi dapat lebih intens dari pada yang di Kīlauea; misalnya, letusan 1984 sebanyak emitted lava dalam tiga bulan dari sekarang sebagai Kīlauea menghasilkan letusan dalam tiga tahun . [21] seperti tinggi dapat menghasilkan emisi harga relatif bergerak cepat mengalir.

Dua erupsi dari Mauna Loa membuat desa hancur. Dalam 1926, desa Hoōpūloa Makai telah melampaui oleh aliran lahar. Pada tahun 1950, letusan yang paling besar pernah terlihat di Mauna Loa dikirim lahar mengalir ke arah laut balap. Desa Hookena Mauka ini telah dimusnahkan pada tanggal 2 Juni 1950 oleh advancing mengalir. [22] Hilo sebagian dibangun pada 1880 dari lahar letusan dan beresiko lebih dari aliran lahar. Yang singkat tapi intens 1984 letusan melihat ke arah aliran lahar Hilo, tetapi belum mencapai apapun bangunan ketika letusan dihentikan. [23]


Jika bahaya yang lebih besar tetapi jarang di Mauna Loa adalah kemungkinan besar tiba-tiba runtuh dari gunung berapi's flanks. Deep kesalahan besar membolehkan bagian dari sisi dari Hawaii gunung bertahap geser ke bawah, yang dikenal sebagai contoh Hilina menumpuk. (Ada juga lebih kuno contoh dari Ninole Hills.) Kadang-kadang, yang dapat memicu gempa besar yang runtuh dari sayap, membuat longsor besar-besaran yang dapat memicu tsunami. Kealakekua Bay, di sebelah barat kemiringan Mauna Loa, telah dibuat oleh sebuah event. Survei di bawah laut telah mengungkapkan banyak tanah longsor di sepanjang rantai Hawaii dan dua raksasa tsunami diketahui telah terjadi: 200.000 tahun yang lalu, Molokai mengalami 246-kaki (75 m) tsunami, dan 100.000 tahun yang lalu megatsunami 1.066 kaki (325 m) tinggi terkena Lanai. [9]

Sebuah contoh dari risiko yang terkait dengan slumps terjadi pada tahun 1975, ketika tiba-tiba dipindahkan Hilina menumpuk maju oleh beberapa pekarangan. J-besarnya dampak gempa 7,2 yang dipicu kecil gelombang tsunami dengan ketinggian beberapa pekarangan. [24]


Mauna Loa adalah gunung berapi yang intensif dipantau. Volcano Observatory di Hawaii (HVO) didirikan pada tahun 1912 untuk mematuhi Hawaii gunung berapi, dan HVO telah mengembangkan berbagai teknik untuk membantu memprediksi bila eruptions di Mauna Loa gunung berapi dan lainnya yang dekat.

Salah satu yang paling penting adalah alat seismometry. Lebih dari sekitar 60 seismometers Big Island memungkinkan para ilmuwan untuk mengukur intensitas dan lokasi dari ratusan gempa kecil setiap minggu. Gempa bumi dapat mulai meningkat tahun sebelum letusan benar-benar dimulai: The 1975 dan 1984 eruptions yang baik diawali oleh satu sampai dua tahun peningkatan kegiatan seismik di kedalaman kurang dari 8 mil (13 km).

Lain jenis kegiatan seismik terjadi di bulan sebelumnya sebuah ledakan. So-called harmonis getaran adalah terus "bergemuruh" yang kontras dengan kegiatan seismik biasa mendadak kejutan dan diyakini disebabkan oleh gerakan cepat dari magma underground. Volkanis getaran biasanya menunjukkan letusan dekat, meskipun mungkin juga disebabkan oleh intrusions dangkal dari magma yang tidak mencapai permukaan.

Lain indikator penting dari apa yang terjadi di bawah tanah adalah bentuk gunung. Tiltmeters mengukur perubahan sangat kecil dalam profil puncak gunung, dan sensitif peralatan pengukuran jarak antar titik di gunung. Seperti magma yang dangkal mengisi waduk di bawah puncak keretakan dan zona, akan meningkatkan jumlah gunung. Sebuah survei di seluruh baris Caldera yang diukur 3-inch (76 mm) dalam meningkatkan lebar lebih dari tahun sebelumnya yang letusan 1975 dan peningkatan yang sama sebelum letusan 1984.

Observatorium[sunting | sunting sumber]

Lokasi Mauna Loa telah membuatnya menjadi salah satu lokasi penting untuk memantau atmospheric oleh Global Atmosphere Watch dan pengamatan ilmiah lainnya. Solar yang Mauna Loa Observatory (MLSO), yang terletak di 11.155 kaki (3.400 m) di sebelah utara dari lereng gunung, telah lama menonjol dalam pengamatan dari Minggu The NOAA Mauna Loa Observatory (MLo) terletak dekat dengan hotel. Dari lokasi di atas manusia lokal-pengaruh yang dihasilkan, maka MLo memonitor suasana global, termasuk gas rumah kaca karbon dioksida. Pengukuran yang disesuaikan dengan account lokal degassing dari CO2 dari gunung berapi. [25] Sejak Oktober 2006, Array untuk Microwave Anisotropy Latar (AMIBA) telah menjelajahi asal alam semesta.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Mauna Loa, Hawaii". Peakbagger.com. Diakses 12 Desember 2012. 
  2. ^ Mauna Loa Eruptions. School of Ocean and Earth Science and Technology (SOEST), University of Hawai'i at Manoa. Diakses 1 Agustus 2014.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]