Matt Crafton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Matt Crafton
Lahir11 Juni 1976 (umur 47)
Tulare, California
Karier NASCAR Seri Piala
2 lomba dalam kurun waktu 2 tahun
No. mobil/timJoe Gibbs Racing, Front Row Motorsports
Lomba pertama2015 Daytona 500 (Daytona)
Lomba terakhir2019 First Data 500 (Martinsville)
Menang Top 10 Pole
0 0 0
Karier NASCAR Seri Xfinity
4 lomba dalam kurun waktu 2 tahun
No. mobil/timRichard Childress Racing
Klasemen 2014ke-98
Hasil terbaik98th (2014)
Lomba pertama2013 Feed the Children 300 (Kentucky)
Lomba terakhir2014 Boyd Gaming 300 (Las Vegas)
Menang Top 10 Pole
0 0 0
Karier NASCAR Seri Truk
513 lomba dalam kurun waktu 23 tahun
No. truk/timThorSport Racing, Kevin Harvick, Inc.
Klasemen 2021ke-4
Hasil terbaikke-1 (2013, 2014, 2019)
Lomba pertama2000 Motorola 200 (California)
Lomba terakhir2022 TSport 200 (Indianapolis)
Menang pertama2008 North Carolina Education Lottery 200 (Charlotte)
Menang terakhir2020 e.p.t. 200 (Kansas)
Menang Top 10 Pole
15 308 16

Matthew Justin Crafton, dikenal sebagai Matt Crafton, adalah seorang pembalap Amerika yang unggul dalam stock cars balap.[1] Dia saat ini berkompetisi balap penuh waktu di NASCAR Seri Truk Camping World untuk ThorSport Racing, di truk #88 mereka.

Crafton adalah juara NASCAR Seri Truk pada 2013, 2014 dan 2019 mengemudi untuk ThorSport Racing, mendapatkan gelar terbanyak kedua dalam sejarah seri, diikat dengan Jack Sprague.

Lintasan[sunting | sunting sumber]

Awal[sunting | sunting sumber]

Crafton lahir di Tulare, California. Pada hari-hari awalnya ia membalap gokar, cebol dan sprint. Dia memulai karir go-kartnya pada usia muda tujuh tahun. Dia memenangkan balapan dan kompetisi kart regional dan nasional, yang kemudian berkompetisi pada usia 15 tahun di cebol.

Crafton membuat debut Divisi Elite AutoZone NASCAR, Seri Barat Daya pada tahun 1996 menggantikan ayahnya yang cedera, menjalankan tiga balapan terakhir. Pada tahun 1997 ia memainkan kompetisi penuh waktu, seperti pada tahun 1998, 1999 dan 2000, tahun di mana ia dinyatakan sebagai juara. Keberhasilannya mendorong ThorSport Racing, kemudian disebut SealMaster Racing, untuk menempatkan dia di truk #88 untuk balapan terakhir tahun 2000.

NASCAR[sunting | sunting sumber]

Dia melakukan debut Auto Club Speedway dengan finis kesembilan di Seri Truk. Juga, dalam balapan NASCAR Winston West Series, ia memasuki balapan terakhir tahun ini, finis ke-2. Tahun berikutnya, pada tahun 2001, ia membalap di NASCAR Truck Series secara penuh untuk ThroSort, yang dikenal sebagai SealMaster Racing karena alasan sponsor, finis di urutan ke-12. Tahun berikutnya memburuk ke posisi 15. Pada tahun 2003 ia meningkat menjadi 11 secara keseluruhan.

Pada tahun 2004 ia berganti tim dan bergabung dengan Kevin Harvick Incorporated, tim pembalap Seri Piala Kevin Harvick. Tahun itu dia mendapatkan hasil terbaik dari karir NASCAR-nya, finis kelima secara keseluruhan. Ini adalah pertama kalinya ia masuk 10 besar secara keseluruhan.

Meskipun hasil yang baik, pada tahun 2005 ia kembali ke ThorSpor Racing untuk menjadi ke-9. Dia mendapatkan pole position pertamanya tahun itu, di New Hampshire International Speedway. Pada tahun 2006 ia sekali lagi keluar dari sepuluh besar secara keseluruhan, saat ia selesai 14. Pada tahun 2007 ia meningkat menjadi 8 secara keseluruhan.

Pada tahun 2008 Crafton meraih kemenangan pertamanya, di Charlotte Motor Speedway. Itu adalah balapannya yang ke-178, menjadi pembalap dengan balapan terbanyak yang dimainkan hingga kemenangan pertamanya dalam sejarah Truck Series. Tahun itu ia menyelesaikan Seri Truk di posisi ke-5. Selain itu, musim itu ia mengikuti latihan bebas dan kualifikasi untuk balapan di Homestead-Miami menggantikan Robby Gordon, yang mengikuti balapan off-road. Situasi ini terulang pada 2009 di balapan terakhir tahun ini

Pada tahun 2009 ia meraih dua pole position, di Chicagoland Speedway dan Texas Motor Speedway. Namun, tahun itu dia tidak memenangkan balapan apa pun. Meski begitu, keteraturan dan konsistensinya membuatnya menjadi runner-up, di belakang Ron Hornaday. Tahun itu dia balapan lagi di NASCAR Camping World West Series, berganti nama menjadi Winston West Series, tetapi gagal lolos untuk menjalankan balapan di Phoenix.

Pada tahun 2010 dia mendapatkan pole lagi, di Texas, tapi dia tidak memenangkan balapan apapun dan posisinya secara keseluruhan lebih buruk (ke-4). Dia juga membalap di ARCA Racing Series, menjalankan dua tes, menyelesaikan keduanya di posisi kelima.

Pada tahun 2011 ia memenangkan balapan di Iowa Speedway, dan mengambil dua posisi pole, di Michigan International Speedway dan Martinsville Speedway, di mana ia mencatat rekor putaran sirkuit dalam kategori Seri Truk. Namun, ketidakberesan menyebabkan kejuaraan finis di urutan kedelapan. Di Seri Balap ARCA ia menjalankan satu balapan, finis ke-32.

Pada tahun 2012, di mana tim beralih dari balap Chevrolet ke Toyota, finis ke-6 tanpa kemenangan. Dalam Seri balap ARCA dia menjalankan satu balapan, di mana dia berada di urutan ke-31.

Dia memiliki tahun terbaik dalam karirnya pada tahun 2013, memenangkan Seri Truk untuk pertama kalinya dengan kemenangan di Kansas Speedway dan finis di sepuluh besar dalam 16 balapan pertama tahun ini. Selain itu, dia adalah satu-satunya pembalap yang memperdebatkan semua putaran kejuaraan tahun itu. Setelah kemenangannya di Kansas, dia memimpin, dan dia tidak melepaskan posisi itu untuk semua balapan yang tersisa. Di sisi lain, ia membuat debut NASCAR Seri Nationwide, membalap tiga balapan untuk Richard Childress Racing. Dalam dua balapan di Kentucky Speedway dia berada di urutan ketiga, sementara di Chicagoland dia berada di urutan ke-10.

Pada tahun 2014 ia memenangkan kejuaraan Truck Series lagi, menandai pertama kalinya seorang pembalap memenangkan dua kejuaraan Truck Series berturut-turut. Juga, itu adalah tahun pertama dia memenangkan lebih dari satu balapan, di Martinsville dan Texas. Selain itu, di balapan Texas ia berhasil memimpin lebih dari 100 lap dalam satu balapan untuk pertama kalinya. Tahun itu dia mengikuti balapan Nationwide Series satu untuk RCR, di mana dia finis di urutan ke-12. Di sisi lain, pada tahun 2014, berkat dukungan sponsornya Menards, ia dua kali menggantikan Paul Menard, yang juga disponsori oleh Menards, dalam dua sesi kualifikasi. Yang pertama, di Daytona, disebabkan oleh pipa meledak di rumah Mendard.[2] Crafton berhasil mengkualifikasikan mobil ketiga dalam latihan bebas. Kemudian pada bulan Maret, Crafton mengikuti latihan dan kualifikasi untuk balapan di Las Vegas Motor Speedway saat Menard pergi ke rumah sakit karena istrinya akan melahirkan anak pertama mereka.[3] Pada tahun yang sama ia mencoba membuat debut Seri Pialanya sendiri dengan RAB Racing untuk Brickyard 400, tapi gagal lolos. Dia kemudian menjalankan kualifikasi di Michigan untuk Furniture Row Racing, karena pengemudinya Martin Truex, Jr. berada di rumah sakit bersama pacarnya Sherry Pollex, yang sedang menjalani perawatan kanker.

Pada 2015 dia berhasil memenangkan enam balapan, lebih banyak dari semua balapan yang pernah dia menangkan sebelumnya. Namun, beberapa pensiun menyebabkan hasilnya tidak teratur, sehingga ia hanya bisa menjadi yang ketiga secara keseluruhan. Dengan kemenangannya di Kansas, dia menjadi pembalap Truck Series yang memenangkan lebih dari satu balapan di sirkuit itu. Selain itu, karena patah kaki selama balapan 2015 NASCAR Seri Xfinity, Kyle Busch tidak dapat berpartisipasi dalam Daytona 500 2015. Joe Gibbs Racing memilih Crafton untuk mengambil tempat di Great American Race, di mana ia finis di urutan ke-18.

Pada tahun 2016 dia meraih dua kemenangan, yang berturut-turut (pertama kali dalam karirnya dia meraihnya), di Dover dan Charlotte. Tahun itu dia menjadi runner-up.

Pada tahun 2017 ia memenangkan Dirt Derby di Eldora. Pada tahun yang sama ia mengalami kecelakaan spektakuler pada balapan pertama tahun ini, di Daytona. Truknya bertabrakan dengan rekannya Ben Rhodes. Setelah tumbukan, mobil Crafton terbalik dan mendarat di atas rodanya. Selesai tahun ke-4.

Matt Crafton, foto tahun 2018, di Pocono.

Pada tahun 2018 ia menempati urutan ke-6 secara keseluruhan. Untuk pertama kalinya sejak 2012 dia tidak memenangkan satu balapan pun, mengambil tempat kedua di Dover.

Pada tahun 2019, meskipun tidak memenangkan satu pun balapan NASCAR Truck Series, ia menjadi juara dengan finis kedua, dan di depan semua pesaingnya, di empat besar di Homestead-Miami Speedway.[4] Meskipun tidak memenangkan balapan, ia mencatat 7 top-5 dan 18 top-10 dalam 23 balapan. Pada tahun yang sama ia membalap di dua acara di NASCAR Cup Series. Pada balapan pertama, di Talladega, ia menjalankan bagian kedua balapan (hujan turun pada hari Minggu dan dilanjutkan pada hari Senin) menggantikan Paul Menard.[5] Dia berada di urutan ke-16 dalam perlombaan itu. Di babak kedua, di Martinsville Speedway, dia menggantikan Matt Tifft, yang menderita serangan epilepsi dan tidak diizinkan untuk balapan. Dia finis di urutan ke-25.

Matt Crafton balapan di Martinsville pada 2019.
Matt Crafton balapan di Martinsville pada 2019.

Pada tahun 2020 ia berhasil mengakhiri rekor tanpa kemenangannya di Kansas Speedway, di mana ia menang atas Christian Eckes dan rekannya Grant Enfinger.[6] Ini mengakhiri 67 balapan beruntun tanpa kemenangan. Dia tersingkir di Putaran 8 dari "playoff", menyelesaikan tahun di tempat kelima secara keseluruhan.

Partisipasi lainnya[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2012 ia berpartisipasi dalam TORC: The Off-Road Championship, khususnya di perlombaan Chicagoland, didukung oleh Travis Pastrana. Dia finis ke-4.

Kemudian pada tahun 2015, ia kembali ke TORC untuk menjalankan perlombaan Chris Kyle di Texas. Dia harus berlari dengan kemudi hanya di dua roda setelah istirahat ke arah truk.

Pada tahun 2014 dan 2015 ia menjalankan IWK 250, perlombaan Model Terlambat yang diadakan di Riverside International Speedway. Pada tahun 2014 ia memenangkan pole dan finis di urutan ke-10. Pada tahun 2015 dia start ketiga tetapi, ketika dia menjadi pemimpin, dia pergi karena remnya rusak.

Pada Maret 2019 ia membalap di Michelin Pilot Challenge, di Sebring International Raceway, bersama rekan ThorSport Racingnya Grant Enfinger, dan di Canadian Tire Motorsport Park, bersama dengan pasangannya yang lain Johnny Sauter. Dia membalap untuk Multimatic Motorports, masing-masing finis di urutan ke-15 dan ke-14.

Hasil[sunting | sunting sumber]

Hasil Seri Piala NASCAR[sunting | sunting sumber]

Astaga Coke N. Equipo 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 Posisi Punto
2008 Dodge 7 Robby Gordon Motorsports DAY CAL LVS ATL BRI MAR TEX PHO TAL RCH DAR CLT DOV QL POC MCH SON NHA DAY CHI IND POC GLN MCH BRI CAL RCH NHA DOV KAN TAL CLT MAR ATL TEX PHO HOM NC -
2009 DAY CAL LVS ATL BRI MAR TEX PHO TAL RCH DAR CLT DOV POC MCH SON NHA DAY CHI IND POC GLN MCH BRI ATL RCH NHA DOV KAN CAL CLT MAR TAL TEX PHO HOM QL NC -
2014 Chevrolet 27 Richard Childress Racing DAY PHO LVS BRI CAL QL MAR TEX DAR RCH TAL KAN CLT DOV POC MCH SON KEN DAY NHA 74º 0
Toyota 29 RAB Racing IND DNQ POC GLN
Chevrolet 78 Furniture Row Racing MCH QL BRI ATL RCH CHI NHA DOV KAN CLT TAL MAR TEX PHO HOM
2015 Toyota 18 Joe Gibbs Racing DAY 18 ATL LVS PHO CAL MAR TEX BRI RCH TAL KAN CLT DOV POC MCH SON DAY KEN NHA IND POC GLN MCH BRI DAR RCH CHI NHA DOV CLT KAN TAL MAR TEX PHO HOM 60 0
2019 Ford 21 Wood Brothers Racing DAY ATL LVS PHO CAL MAR TEX BRI RCH TAL DOV KAN CLT POC MCH SON CHI DAY KEN NHA POC GLN MCH BRI DAR IND LVS RCH CLT DOV TAL RL KAN ke-60 0
36 Front Row Motorsports MAR 25 TEX PHO HOM

Hasil Daytona 500[sunting | sunting sumber]

Tahun Kendaraan Peralatan Pos.
2015 Toyota Joe Gibbs Racing 18

Hasil Seri NASCAR Xfinity[sunting | sunting sumber]

Tahun Mobil Tidak. Peralatan 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 Posisi Poin
2013 Chevrolet 33 Richard Childress Racing DAY PHO LVS BRI CAL TEX RCH TAL DAR CLT DOV IOW MCH ROA KEN 3 DAY NHA CHI 10 IND IOW GLN MOH BRI ATL RCH CHI KEN 3 DOV KAN CLT TEX PHO HOM ke-102 0
2014 DAY PHO LVS 12 BRI CAL TEX BERI RCH TAL IOW CLT DOV MCH ROA KEN DAY NHA CHI IND IOW GLN MOH BRI ATL RCH CHI KEN DOV KAN CLT TEX PHO HOM ke-98 0

Hasil dari NASCAR Camping World Truck Series[sunting | sunting sumber]

Astaga Coke N. Equipo 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 Posisi Punto
2000 Chevrolet 88 SealMaster Racing DAY HOM PHO MMR MAR PIR GTY MEM PPR EVG TEX KEN GLN MLW NHA NZH MCH IRP NSH CIC RCH DOV TEX CAL 9 ke-83 138
2001 DAY 27 HOM 26 MMR 30 MAR 6 GTY 7 DAR 8 PPR 6 DOV 9 TEX 16 MEM 10 MLW 9 KAN 22 KEN 21 NHA 10 IRP 7 NSH 25 CIC 26 NZH 22 RCH 32 SBO 10 TEX 12 LVS 28 PHO 15 CAL 9 ke-12 2278
2002 DAY 23 DAR 14 MAR 20 GTY 10 PPR 29 DOV 27 TEX 7 MEM 21 MLW 29 KAN 10 KEN 17 NHA 13 MCH 16 IRP 10 NSH 18 RCH 32 TEX 23 SBO 12 LVS 25 CAL 17 PHO 9 HOM 9 15 2424
2003 DAY 12 DAR 11 MMR 29 MAR 13 CLT 9 DOV 22 TEX 10 MEM 10 MLW 9 KAN 19 KEN 7 GTY 10 MCH 25 IRP 10 NSH 10 BRI 6 RCH 14 NHA 10 CAL 14 LVS 9 SBO 16 TEX 12 MAR 28 PHO 14 ke-11 3074
98 HOM 15
2004 Chevrolet 6 Kevin Harvick Incorporated DAY 19 ATL 5 MAR 7 MFD 10 CLT 9 DOV 29 TEX 8 MEM 6 MLW 10 KAN 5 KEN 4 GTY 6 MCH 12 IRP 7 NSH 7 BRI 3 RCH 21 NHA 13 LVS 22 CAL 24 TEX 21 MAR 6 PHO 3 DAR 8 HOM 5 3379
2005 Chevrolet 88 ThorSport Racing DAY 11 CAL 6 ATL 14 MAR 15 GTY 17 MFD 19 CLT 9 DOV 9 TEX 5 MCH 22 MLW 18 KAN 27 KEN 7 MEM 7 IRP 4 NSH 13 BRI 12 RCH 7 NHA 35 LVS 11 MAR 12 ATL 22 TEX 17 PHO 8 HOM 10 ke-9 3095
2006 DAY 26 CAL 20 ATL 9 MAR 3 GTY 12 CLT 8 MFD 6 DOV 15 TEX 12 MCH 5 MLW 34 KAN 20 KEN 7 MEM 3 IRP 20 NSH 9 BRI 12 NHA 8 LVS 21 TAL 18 MAR 34 ATL 12 TEX 15 PHO 5 HOM 12 ke-14 3102
2007 DAY 8 CAL 11 ATL 3 MAR 17 KAN 10 CLT 7 MFD 35 DOV 26 TEX 7 MCH 34 MLW 9 MEM 10 KEN 16 IRP 14 NSH 11 BRI 12 GTY 9 NHA 11 LVS 26 TAL 18 MAR 18 ATL 7 TEX 7 PHO 14 HOM 12 ke-8 3102
2008 DAY 24 CAL 15 ATL 4 MAR 2 KAN 21 CLT 1 MFD 12 DOV 5 TEX 7 MCH 15 MLW 2 MEM 3 KEN 3 IRP 4 NSH 11 BRI 21 GTY 12 NHA 12 LVS 3 TAL 16 MAR 8 ATL 29 TEX 19 PHO 8 HOM 17 ke-5 3392
2009 DAY 8 CAL 7 ATL 11 MAR 9 KAN 7 CLT 3 DOV 6 TEX 2 MCH 4 MLW 16 MEM 5 KEN 3 IRP 16 NSH 5 BRI 2 CHI 14 IOW 6 GTY 6 NHA 4 LVS 2 MAR 9 TAL 10 TEX 2 PHO 8 HOM 2 ke-2 3772
2010 DAY 5 ATL 27 MAR 7 NSH 6 KAN 25 DOV 7 CLT 11 TEX 18 MCH 27 IOW 3 GTY 5 IRP 3 POC 3 NSH 7 DAR 6 BRI 31 CHI 7 KEN 10 NHA 4 LVS 5 MAR 10 TAL 4 TEX 3 PHO 4 HOM 10 ke-4 3547
2011 DAY 10 PHO 7 DAR 4 MAR 11 NSH 6 DOV 3 CLT 26 KAN 18 TEX 29 KEN 32 IOW 1 NSH 11 IRP 6 POC 8 MCH 21 BRI 21 ATL 7 CHI 7 NHA 6 KEN 23 LVS 2 TAL 31 TEX 12 MAR 5 HOM 19 ke-8 785
2012 Toyota DAY 23 MAR 24 RCK 3 KAN 12 CLT 15 DOV 8 TEX 2 KEN 3 IOW 3 CHI 4 POC 4 MCH 16 BRI 9 ATL 9 IOW 9 KEN 9 LVS 2 TAL 18 MAR 4 TEX 6 PHO 20 HOM 12 ke-6 759
2013 DAY 9 MAR 2 RCK 6 KAN 1 CLT 4 DOV 2 TEX 4 KEN 10 IOW 6 ELD 8 POC 8 MCH 9 BRI 10 MSP 10 IOW 7 CHI 4 LVS 11 TAL 9 TEX 17 TEX 10 PHO 5 HOM 21 ke-1 804
2014 DAY 13 MAR 1 KAN 2 CLT 2 DOV 23 TEX 1 GTY 26 KEN 6 IOW 3 ELD 9 POC 14 MCH 2 BRI 4 MSP 6 CHI 2 NHA 3 LVS 3 TAL 14 TEX 3 TEX 5 PHO 2 HOM 9 ke-1 833
2015 DAY 8 ATL 1 MAR 2 KAN 1 CLT 5 DOV 5 TEX 1 GTY 21 IOW 4 KEN 1 ELD 9 POC 28 MCH 6 BRI 7 MSP 2 CHI 14 NHA 2 LVS 8 TAL 24 TEX 1 TEX 4 PHO 23 HOM 1 ke-3 877
2016 DAY 10 ATL 30 MAR 7 KAN 2 DOV 1 CLT 1 TEX 2 IOW 8 GTY 27 KEN 8 ELD 10 POC 12 BRI 32 MCH 7 MSP 4 CHI 27 NHA 3 LVS 8 TAL 22 MAR 17 TEX 2 PHO 3 HOM 7 ke-2 4026
2017 DAY 14 ATL 2 MAR 9 KAN 16 DOV 6 CLT 11 TEX 9 GTY 4 IOW 19 KEN 8 ELD 1 POC 6 MCH 6 BRI 2 MSP 25 CHI 16 NHA 6 LVS 8 TAL 9 MAR 2 TEX 9 PHO 21 HOM 6 4031
2018 Ford DAY 19 ATL 5 LVS 29 MAR 15 DOV 2 KAN 6 CLT 11 TEX 5 IOW 26 GTY 20 CHI 11 KEN 3 ELD 4 POC 9 MCH 10 BRI 8 MSP 5 LVS 5 TAL 26 MAR 13 TEX 9 PHO 11 HOM 6 ke-6 2280
2019 DAY 5 ATL 14 LVS 3 MAR 8 TEX 5 DOV 5 KAN 6 CLT 5 TEX 2 IOW 7 GTY 9 CHI 8 KEN 13 POC 6 ELD 10 MCH 10 BRI 7 MSP 11 LVS 30 TAL 8 MAR 23 PHO 6 HOM 2 ke-1 4035
2020 DAY 15 LVS 4 CLT 35 ATL 12 HOM 9 POC 40 KEN 3 TEX 3 KAN 4 KAN 1 MCH 23 DAY 4 DOV 2 GTY 14 DAR 14 RCH 2 BRI 10 LVS 9 TAL 8 KEN 8 MAR 6 TEX 5 PHO 14 2274
2021 Toyota DAY 15 DAY 6 LVS 5 ATL 8 BRI 14 RCH 18 KAN 24 DAR 4 COT 15 CLT 30 TEX 20 NSH 8 POC 6 KNX 6 GLN 22 GTY 2 DAR 10 BRI 7 LVS TAL MAR PHO 3004

Hasil di Seri ARCA Menards[sunting | sunting sumber]

Tahun Mobil Tidak. Peralatan 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 Posisi Poin
2010 Ford 88 Kimmel Racing DAY PBE SLM TEX TAL TOL

5

POC MCH IOW

5

MFD POC BLN NJE ISF CHI DSF TOL SLM KAN RCK ke-55 415
2011 DAY TAL SLM TOL NJE CHI POC MCH WIN BLN IOW IRP

32

POC ISF MAD DSF SLM KAN TOL ke-87 215
2012 Toyota 18 ThorSport Racing DAY MOB SLM TAL TOL ELK POC MCH WIN NJE IOW CHI IRP

31

POC BLN ISF MAD SLM DSF KAN ke-131 95

Hasil Seri Barat ARCA Menards[sunting | sunting sumber]

Tahun Mobil Tidak. Peralatan 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 Posisi Poin
2000 Ford 21 Miller Motorsports PHO MMR LVS CAL LGA IRW PIR EVE IRW RMS MMR IRW

2

ke-42 180
2009 Toyota 45 Speed Wong Racing THU AAS PHO

DNQ

MDR IOW DCS SON IRW PIR MMP CNS IOW AAS NC 0

Hasil Seri NASCAR Tenggara[sunting | sunting sumber]

Tahun Mobil Tidak. Peralatan 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 Posisi Poin
2011 Ford 42 FastTrack Sealer MOB NSH USA GRE BIR MTG KEN

35

SOU MYR KEN GRE BRI LOU NSH MMP NSH ke-90 58

Hasil dari NASCAR Southwest Series[sunting | sunting sumber]

Astaga Coke N. Equipo 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 Posisi Punto
1996 Ford 46 Crafton Motorsports TUC PHO ALT CAJ MMR

15

STO SON

25

LVS MMR MMR LVS MAD SAN CNS TUC

16

ORA MMR PHO ke-59 233
1997 Ford 46 Crafton Motorsports TUC

22

PHO LVS

20

ALT

9

CAJ

15

SON

5

CNS

7

MMR

8

LVS

14

MMR

16

MAD

19

SUN

6

CNS

19

LVS

19

TUC

13

ALT

9

ORA

12

MMR

17

PHO

11

ke-11 2259
1998 Ford 46 Crafton Motorsports TUC TUC PHO

11

LVS

9

MAD

21

MMR

2

CNS

16

ALT

7

SON

21

CAJ

1

MMR

32

CNS

8

ANG

14

TUC

5

MMR

11

TUC

23

LVS

11

ke-7 1958
1999 Ford 46 Crafton Motorsports TUC

14

PHO

23

CAJ

17

MMR

10

LVS

12

IRW

5

MMR

13

CNS

5

RCK

1

SON

40

IRW

4

CNS

26

ANG

32

TUC

9

MAD

6

IRW

12

MMR

11

PHO

16

ke-5 2227
2000 Ford 46 Crafton Motorsports PHO

12

MMR

3

IRW

17

TUC

12

PIK

2

CAJ

4

RCK

4

SON

5

MMR

1

ANG

2

IRW

4

NAP

16

CNS

18

MAD

6

LVS

3

ALT

3

IRW

1

MMR

11

PHO

24

ke-1 2791
2001 Ford 46 Crafton Motorsports PHO

30

CAJ IRW LVS PIK

6

MMR IRW SON MMR MAD CNS IRW LVS MMR PHO

31

TUC ke-56 293
2002 Ford 46 Crafton Motorsports PHO CAJ MMR STO PIK

11

IRW SON MMR ALT MAD IRW CNS MMR PHO

4

ke-51 290
2005 Ford 46 Crafton Motorsports PHO MMR STO MMR CNS IRW SON STO PIK CNS IRW SHA MMR PHO

2

ke-51 290
2006 Ford 46 Crafton Motorsports PHO

1

SHA CNS ALT STO IRW CNS ALT ke-30 180

Rekor dan pencapaian[sunting | sunting sumber]

Selama bertahun-tahun di NASCAR Truck Series ia telah mencapai berbagai tonggak sejarah dan telah memecahkan banyak rekor:

  • Pengemudi aktif dengan balapan paling banyak berturut-turut dimulai. Dia menyalipnya di balapan ketiga tahun 2013, mengalahkan Terry Cook, yang telah membuatnya di 296 run.
  • Rekor untuk putaran tercepat di Martinsville Speedway dengan truk: 19,693 detik (rata-rata 96,352 mph), pada tahun 2011. Joey Logano mengalahkan waktu putaran pada tahun 2015, yang merupakan rekor saat ini dan dengan demikian Crafton memiliki waktu tercepat kedua dalam Sejarah Seri Truk.
  • Bersama dengan Johnny Sauter, Crafton memasuki NASCAR Camping World Truck Series ke-354 ThorSport Racing, melampaui rekor Roush Fenway Racing untuk sebagian besar balapan Truck Series.
  • Pembalap pertama yang memenangkan dua gelar Seri Truk NASCAR berturut-turut (2013 dan 2014).
  • Bergabung dengan Austin Dillon (yang melakukannya di Seri Xfinity pada 2013), satu-satunya pembalap yang memenangkan kejuaraan NASCAR tanpa memenangkan balapan (2019).

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Matt Crafton merayakan kejuaraan 2019.

Juara tiga kali NASCAR Seri Truk Gander RV & Outdoors (2013, 2014 dan 2019).

NASCAR AutoZone Elite Division, Southwest Series Juara (2000).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]