Mambo (perangkat lunak)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mambo
Pengembang Mambo Foundation Inc.
Rilis stabil 4.6.5 [1] (26 Juni 2008; 5 tahun yang lalu (2008-06-26))
Bahasa pemograman PHP
Sistem operasi Cross-platform, PHP-compatible -- Linux preferred
Jenis Content management system
Lisensi GNU General Public License v2
Situs web resmi http://mambo-foundation.org

Mambo Open Source (MOS) adalah sebuah Sistem Manajemen Konten (Content Management System, CMS) open source yang digunakan untuk menciptakan dan mengelola situs web dari yang paling sederhana sampai aplikasi perusahaan yang paling kompleks sekalipun. Mambo dikenal mudah untuk diinstal, gampang dikelola dan memiliki kapabilitas yang tinggi.

Komunitas Indonesia kemudian membuat situs sendiri agar dapat bekerjasama dalam mengembangkan perangkat CMS yang bersifat open source ini. Selain bertujuan untuk mensukseskan program pemerintah (departemen Komunikasi dan Informasi) tentang IGOS (Indonesia Go Open Source), situs ini juga diharapkan dapat membantu rekan-rekan sesama pengembang situs web agar memiliki referensinya dalam bahasa Indonesia. Situs ini juga diharapkan dapat menghasilkan pengembang-pengembang perangkat lunak, khususnya pengembang situs web berkualitas internasional. Tukar-menukar informasi sangat diharapkan agar dapat bersinergi sehingga akhirnya para pemngembang situs web dapat membuat situs web dengan hasil yang profesional dengan biaya yang relatif murah.

Pada bulan Agustus 2005, para pengembang inti Mambo hengkang dan pada tanggal 16 September 2005 mengumumkan CMS baru yaitu Joomla. Rilis versi awal Joomla yaitu versi 1.0.0 merupakan cloning dari Mambo versi 4.5.2.3. Mambo kemudian memilih pengembang yang baru dan melanjutkan pengembangan Mambo untuk versi selanjutnya. Salah satu pengembang inti Mambo asal Indonesia adalah Adi Setiawan.

Mambo Foundation sebagai pemegang resmi Mambo CMS memiliki situs dan forum resmi[2][3]. Didalam forum tersebut tersedia forum khusus berbahasa Indonesia[4]

Versi terbaru dari Mambo yang dirilis adalah versi 4.6.4 pada tanggal 23 Mei 2008.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dunia terhadap Mambo seperti ‘Best Free Software Project of the Year’ oleh Linux Format Magazine 2004, ‘Best Linux or Open Source Software’ pada ‘LinuxUser & Developer Award 2004’ di London, Inggris serta Penghargaan ‘Best of Show - Total Industry Solution’ dan predikat ‘ Best Open Source Solution’ pada konferensi Linux Dunia di Boston 2005.

Tentang Yayasan Mambo (Mambo Foundation)[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 1 Juli tahun 2006, anggota yayasan Mambo (Mambo Foundation) memberikan suaranya pada pemilu pertamanya yang diselenggarakan sejak pembentukan yayasan ini pada bulan Agustus 2005. Pemilihan tersebut mengumumkan kepengurusan yang baru untuk melanjutkan misinya kedepan.

Pengambilan suara terbuka bagi semua anggota yayasan mambo. Anggota memberikan suaranya pada pertemuan umum tahunan dengan minat yang tinggi dan partisipasi yang baik. Penghitungan suara menghasilkan:

   * President- Ric Shreves (Indonesia)
   * Vice- President- Akarawuth Tamrareang (Thailand)
   * Treasurer- Paulino Michelazzo (Brazil)
   * Secretary- Alain Schmalz (Switzerland)
   * Ordinary Director- Marco Rossi (Italy)

Hasil pemungutan ini sangat penting untuk di informasikan karena: Pertama, Dewan Pengurus merupakan anggota Tim Mambo yang secara individu aktif terlibat dalam pengembangan CMS Mambo Open Source. Tidak ada keterlibatan dan pengaruh dari luar organisasi. Dengan kata lain, organisasi non-profit ini akan dikelola oleh orang yang sama-sama memiliki prinsip dalam pengembangan dan pengelolaan proyek piranti lunak open source. Fakta lain sebagai catatan adalah pemilihan tersebut menandai awalnya para anggota mengekspresikan keinginan mereka secara demokrasi untuk menentukan sendiri kepengurusannya, yang membuktikan legitimasi dan keabsahan dalam struktur proyek yayasan Mambo.

Presiden terpilih Ric Shreves menyatakan bahwa: "Pemilihan adalah DAS asli untuk proyek tersebut dan menandai sebuah kemajuan. Dewan baru ini terdiri dari berbagai individu yang sehat dan menjamin bahwa kepentingan proyek dan pengguna akan menjadi agenda di tempat kerja. Kepentingan yayasan sekarang tidak akan diragukan lagi selaras dengan proyek sumber terbuka. Saya melihat ke depan untuk sebuah tahun yang positif dari pertumbuhan dan pembangunan konsensusnya."

Dewan Pengurus yang baru ini bekerja efektif sejak Agustus 2006 untuk periode 1 tahun.

Alamat Mambo Foundation, Inc: 3/60 Langridge Street Collingwood Victoria 3066, Australia

Komunitas Mambo Indonesia[sunting | sunting sumber]

Komunitas Mambo di Indonesia sendiri pada awalnya dicetuskan di komunitas postnuke Indonesia yang difasilitasi oleh proyek KIOSS. Inisiallisasi proyek mambo yang pertama kali di kerjakan oleh Luri Darmawan, Adhi Rachdian, Kemas Antonius dan Eljoe pada awal Oktober 2004, yang kemudian bergabung sukarelewan lain seperti Widhe, Andy dan Adi Setiawan. Situs komunitas mambo Indonesia dahulu dapat diakses menggunakan nama domain mambo-id.com.

Selain memopulerkan Mambo di Indonesia, situs komunitas tersebut juga bertujuan untuk membantu pecinta dan pemerhati mambo dengan informasi berbahasa Indonesia.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • "Best Free Software Project of the Year" - Linux Format Magazine, tahun 2004
  • "Best Linux or Open Source Software" - LinuxUser & Developer pada tahun 2004
  • "Best Open Source Solution" - LinuxWorld, di Boston pada tahun 2005
  • "Best of Show - Total Industry Solution" - LinuxWorld, di Boston pada tahun 2005
  • "Best Open Source Solution" - LinuxWorld, di San Francisco 2005
  • "Best Open Source Solution" LinuxWorld, di Sydney, Australia 2006

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]