MEncoder

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
MEncoder
Sistem operasi Antar-platform
Jenis Audio/video transcoder
Lisensi Lisensi Publik Umum GNU
Situs web resmi http://www.mplayerhq.hu/

MEncoder adalah sebuah alat dekoding, enkoding, dan pemfilteran video bebas berbasis baris perintah yang dirilis di bawah Lisensi Publik Umum GNU. MEncoder adalah saudara kandung MPlayer dan dapat mengonversi semua format yang dimengerti MPlayer untuk menjadi berbagai jenis format terkompres dan tak-terkompres menggunakan codec yang berbeda-beda.

MEncoder disertakan di dalam distribusi MPlayer.

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Karena dibangun dari kode yang sama seperti MPlayer, MEncoder dapat membaca sumber manapun yang dapat dibaca oleh MPlayer, mendekode semua media yang dapat didekode oleh MPlayer, dan MEncoder mendukung semua filter yang dapat digunakan oleh MPlayer. MPlayer dapat juga digunakan untuk melihat output (keluaran) sebagian besar filter (atau dari semua filter pipeline) sebelum menjalankan MEncoder. Jika sistem tidak dapat memproses ini menurut waktu nyata, audio dapat disenyapkan menggunakan -nosound untuk memungkinkan pengamatan yang halus terhadap hasil pemfilteran video.

Juga dimungkinkan untuk menyalin audio dan/atau video yang tidak dimodifikasi ke dalam berkas output untuk mencegah menurunkan kualitas misalnya karena re-enkoding, hanya memodifikasi audio atau video, atau hanya meletakkan data audio/video yang tidak dimodifikasi ke dalam format kontainer yang berbeda.

Karena menggunakan kode yang sama dengan MPlayer, MEncoder juga memiliki cukup banyak fitur filter audio dan video untuk mentransformasi stream (aliran) audio dan video: filter-filter tersebut meliputi Cropping (pemenggalan), scaling (penskalaan), Vertical Flipping (penukaran orientasi atas-bawah), horizontal mirroring (penukaran orientasi kiri-kanan), expanding (perluasan) untuk menghasilkan letterboxes, rotating (rotasi), brightness (kecerahan) atau contrast (rona), pengubahan rasio aspek piksel video, konversi colorspace, hue atau saturation (kejenuhan), koreksi Gamma warna tertentu, filter untuk mereduksi visibilitas artifak kompresi yang disebabkan oleh kompresi MPEG (deblocking, deringing), perbaikan brightness atau contrast automatik, sharpness (ketajaman) atau blur (kepudaran), filter denoising (pengurangan bintik), beberapa cara deinterlacing, dan reversing telecine yang berbeda-beda.

Konversi framerate (laju bingkai) dan gerak-lambat[sunting | sunting sumber]

Juga, pengubahan framerate dimungkinkan menggunakan opsi -ofps atau -speed dan menggunakan filter framestep (langkah bingkai) untuk skipping frame (pelewatan bingkai). Pengurangan framerate dapat digunakan untuk menghasilkan efek "laju" gerak-cepat yang kadang-kadang muncul di beberapa film.

Penggandaan framerate jejak yang terinterlasi tanpa penduplikasian atau pembentukan frame dimungkinkan menggunakan filter tfields untuk menghasilkan dua frame yang berbeda dari tiap-tiap dua field (ranah) dalam satu frame video yang terinterlasi. Hal ini memungkinkan pemutaran film pada tampilan progresif, sambil memelihara framerate dan resolusi penuh dari video yang terinterlasi, tidak seperti metode-metode deinterlasi lainnya. Hal ini juga membuat jejak lebih dapat digunakan untuk konversi framerate, dan menghasilkan scene (adegan) gerak-lambat dari jejak yang diambil pada framerate video/TV standar, misalnya menggunakan camcorder murah. Jika filter mendapatkan informasi yang salah tentang urutan field atas/bawah, video output yang dihasilkan akan memiliki pergerakan yang juddering, karena dua frame yang dibuat akan ditampilkan menurut urutan yang salah.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]