FFmpeg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
FFmpeg
FFmpeg berjalan di Arch Linux
Tipemultimedia framework
Versi pertama20 Desember 2000; 23 tahun lalu (2000-12-20)[1]
Versi stabil
7.0 (5 April 2024)
GenreKerangka kerja multimedia
LisensiLGPL 2.1+, GPL 2+
Tidak dapat didistribusikan ulang jika dikompilasi dengan perangkat lunak apa pun dengan lisensi yang tidak kompatibel dengan GPL[2]
Karakteristik teknis
Sistem operasiBeragam, termasuk Windows, macOS, dan Linux (program yang bisa dijalankan hanya tersedia dari pihak ketiga, karena proyek hanya mendistribusikan kode sumber)[3][4]
Platformx86, ARM, PowerPC, MIPS, Alpha AXP, Blackfin, AVR32 dan SPARC
Bahasa pemrogramanC, Bahasa rakitan dan C++
Format kode
Format berkas
Informasi pengembang
PembuatFabrice Bellard
PengembangTim FFmpeg
Informasi tambahan
Situs webffmpeg.org
Stack ExchangeEtiqueta
Pelacakan kesalahanLaman pelacakan
Free Software DirectoryFfmpeg
Subredditffmpeg
Panduan penggunaLaman panduan
Facebook: ffmpeg Twitter: FFmpeg GitHub: FFmpeg
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
FFmpeg berjalan di Windows

FFmpeg adalah program komputer yang dapat merekam, mengkonversikan dan streaming audio dan video digital dalam berbagai format. FFmpeg merupakan aplikasi command line yang terdiri dari kumpulan pustaka perangkat lunak bebas / open source. Termasuk libavcodec, library untuk audio codec / video codec yang digunakan oleh beberapa proyek lain, dan libavformat, library untuk audio / video mux kontainer dan demux kontainer. Nama proyek yang berasal dari grup video standar MPEG, di tambahkan "FF" untuk "fast forward".

Proyek ini dimulai oleh Fabrice Bellard (menggunakan nama sanaran "Gerard Lantau"), dan saat ini dikelola oleh Michael Niedermayer. Banyak pengembang FFmpeg merupakan bagian dari proyek MPlayer, FFmpeg di-hosting pada server proyek MPlayer.

FFmpeg dikembangkan pada Linux, tetapi dapat dikompilasi di banyak sistem operasi, termasuk Apple Inc Mac OS X, Microsoft Windows dan AmigaOS. Sebagian besar platform komputasi dan set instruksi arsitektur microprocessor juga di dukung, seperti x86 (IA-32 dan x86-64), PPC (PowerPC), ARM, DEC Alpha, SPARC, dan arsitektur MIPS.

Belakangan, FFmpeg versi .5 baru dirilis, meskipun sebelumnya pengembang FFmpeg selalu menyarankan untuk menyarankan untuk membangun menggunakan source code terbaru dari subversion control system dalam upaya untuk trunk source code yang stabil. Di publikasi menggunakan GNU Lesser General Public License atau GNU General Public License (tergantung pada sub-library yang akan mencakup), FFmpeg adalah perangkat lunak bebas.

Terdapat dua video codec dan satu video kontainer yang ditemukan dalam proyek FFmpeg selama perkembangannya. Kedua video codec yang lossless "FFV1", dan lossy atau lossless "Snow codec", untuk yang versi 1.0 masih dalam pengembangan, dan video kontainer "NUT" yang juga saat ini sedang aktif dikembangkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Initial revision - git.videolan.org/ffmpeg.git/commit". git.videolan.org. 2000-12-20. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-25. Diakses tanggal 2013-05-11. 
  2. ^ FFmpeg dapat dikompilasi dengan berbagai perpustakaan eksternal, beberapa di antaranya memiliki lisensi yang tidak kompatibel dengan lisensi utama FFmpeg, GNU GPL .
  3. ^ "Platform Specific Information". FFmpeg.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-25. Diakses tanggal 25 February 2020. 
  4. ^ "Download". ffmpeg.org. FFmpeg. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-10-06. Diakses tanggal 2012-01-04. 
  5. ^ "Developer Documentation". ffmpeg.org. 2011-12-08. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-04. Diakses tanggal 2012-01-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]