Lunang, Lunang Silaut, Pesisir Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Lunang)
Langsung ke: navigasi, cari
Lunang
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Sumatera Barat
Kabupaten Pesisir Selatan
Pemerintahan
 • Camat Drs. Ferry
Luas - KM²
Jumlah penduduk 20.690 jiwa
Kepadatan - jiwa/km²
Nagari/kelurahan 10 Kenagarian


Lunang adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan yang wilayahnya adalah wilayah Nagari Lunang.


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Di Lunang ini terdapat keluarga Mande Rubiah yang dipercaya merupakan keturunan Bundo Kanduang, seorang raja perempuan Minangkabau yang menyelamatkan diri dari musuhnya yang menyerang Pagaruyung dari Timur. Ia menyelamatkan diri bersama anak dan menantunya ke daerah ini. Hingga kini masih didapati makam keluarga Kerajaan Pagaruyung di nagari Lunang dan juga sebuah rumah gadang yang tak lain adalah istana Bundo Kanduang.

Di Lunang ini mayoritas didiami oleh pecahan Suku Malayu yang secara historis merupakan keturunan dari pendatang dari Sungai Pagu dan daerah lain di sekitar Lunang. Selain itu juga terdapat Suku Caniago di nagari ini. adapun nama-nama suku di Nagari Lunang adalah : Malayu, Malayu Gadang Rantau Kataka, Malayu Gadang Kumbuang, Malayu Durian/Rajo, Malayu Kecik, Malayu Tangah, Caniago Patih dan Caniago mangkuto.

Mande Rubiah sekarang bernama kecil Rakinah. suami beliau bernama Suhardi sutan Indera (suku Malayu Gadang Rantau Kataka) dan 7 orang anak (6 Putera dan 1 Puteri) ; Mar Alamsyah Sutan Daulat, Zulrahmansyah Daulat Rajo Mudo,SS, Noval Nofriansyah, Marwansyah, Zaitulsyah, Heksa Rasudarsyah, Naura Puti kabbarasti.

Sebelum tahun 70 an daerah ini menutup diri dari dunia luar. Tahun 1971, wali nagari dan tokokh2 Masyarakat kampung dan perantau mengusulkan kepada bupati Pessel waktu itu Drs. Abrar, daerah ini diusulakan ke pemerintah pusat sebagai penerima Transmigrasi dari pulau Jawa. usulan tersebu tereleasasi tahun 1973. Semenjak itu terjadi asimilasi antara suku jawa dan minang yang saling menghargai. Secara berangsur perekonomian mulai membaik. pun budaya berkembang.


Di zaman kekuasaan Inderapura, nagari Lunang berada dibawah penguasaan Inderapura.

Administratif[sunting | sunting sumber]

Secara administrasi Kecamatan Lunang terbagi atas 10 Pemerintahan Nagari yaitu antara lain :

  1. Nagari Lunang
  2. Nagari Lunang utara
  3. Nagari Lunang Barat
  4. Nagari Lunang Selatan
  5. Nagari Sindang Lunang
  6. Nagari Pondok Parian Lunang
  7. Nagari Lunang Tengah
  8. Nagari Lunang Satu
  9. Nagari Lunang Dua
  10. Nagari Lunang Tiga

Potensi Lunang[sunting | sunting sumber]

Lunang berpotensi menjadi daerah tujuan wisata sejarah dan budaya di Sumatera Barat dengan dijadikannya rumah gadang Mande Rubiah sebagai museum oleh Pemerintah Daerah Pesisir Selatan. Juga dilakukan pemugaran terhadap situs-situs sejarah di Lunang.

Selain itu dari segi ekonomi, Lunang berpotensi karena lahan perkebunan kelapa sawit di daerah transmigran Lunang Silaut.


Pemekaran Kabupaten[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2003, masyarakat di tiga kecamatan paling selatan di kabupaten ini telah memperjuangkan sebuah kabupaten baru yang meliputi daerah Renah Indojati yaitu Inderapura, Tapan, Lunang dan Silaut. Usaha pemekaran ini pada awalnya tidak direspon Pemerintah daerah Pesisir Selatan, namun saat ini perjuangan ini telah membuahkan hasil. Pada tahun 2012 ini telah dilaksanakan pemekaran tiga kecamatan di Renah Indojati menyusul pemekaran nagari yang telah dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan administratif sebuah kabupaten baru. Ditargetkan pada tahun 2013 kabupaten Renah Indojati yang diidamkan telah terbentuk. Kabupaten Renah Indojati terdiri atas 6 kecamatan yaitu:

  1. Basa Ampek Balai Tapan
  2. Lunang, perubahan nama dari Kecamatan Lunang Silaut
  3. Pancung Soal
  4. Air Pura, Pemekaran dari Kecamatan Pancung Soal
  5. Ranah Ampek Hulu Tapan, Pemekaran dari Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan
  6. Silaut, Pemekaran dari Kecamatan Lunang Silaut

Dengan Ibukota Kabupaten berada di Bukit Buai, Nagari Bukit Buai Tapan, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan.


Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]