Kuon puos keng kang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kuon Puos Keng Kang
Kuon Puos Keng Kang.jpg
Poster film untuk rilis Kamboja
Sutradara Fai Sam Ang
Produser Thunya Nilklang
Penulis Fai Sam Ang
Mao Samnang
Pemeran Winai Kraibutr
Pich Chanbormey
Ampor Tevy
Tep Rundaro
Sinematografi Saray Chan
Distributor Siam Film Development
Studio Bangkok
Winson (Hong Kong)
Tanggal rilis Bendera Kamboja Februari 2001
Bendera Thailand Maret 2001
Negara Bendera Kamboja Kamboja
Bendera Thailand Thailand
Bahasa Bahasa Khmer
Didahului oleh Puos Keng Kang Van Pei
Diikuti oleh Chaos Puos Keng Kang

Kuon Puos Keng Kang (Indonesia: "Anak Raja Ular") adalah film horor Kamboja dan Thailand tahun 2001, berdasarkan cerita tradisional Kamboja mengenai anak dewa ular. Film ini adalah film produksi Kamboja pertama setelah masa Khmer Merah.

Cerita ini telah diangkat ke layar lebar 3 kali sebelum ini. Sutradara Fai Sam Ang membuat film ini bekerja sama dengan penanam modal dari Thailand, dan menampilkan aktor Thailand Winai Kraibutr, aktris opera sabun Kamboja Ampor Tevy, dan aktris muda Pich Chanbormey, dimana Pich Chanbormey mengenakan topi yang ditempeli ular-ular hidup untuk syuting film ini.

Pada saat film ini diterbitkan, Kamboja tidak memiliki gedung bioskop yang cukup besar untuk tayang perdana film ini. Karena itu tayang perdananya diadakan di pusat kebudayaan Perancis dan di halaman depan stasiun televisi di Phnom Penh. Film ini juga diterbitkan di Thailand.

Karena film ini dibintangi Winai Kraibutr, di Hong Kong diberi judul Ghost Wife 2, yang dipasarkan sebagai kelanjutan film Nang Nak (1999) dari Thailand yang juga dibintangi Winai.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]