Kuon puos keng kang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kuon Puos Keng Kang
Poster film untuk rilis Kamboja
SutradaraFai Sam Ang
ProduserThunya Nilklang
Ditulis olehFai Sam Ang
Mao Samnang
PemeranWinai Kraibutr
Pich Chanbormey
Ampor Tevy
Tep Rundaro
SinematograferSaray Chan
DistributorSiam Film Development
Studio Bangkok
Winson (Hong Kong)
Tanggal rilis
Kamboja Februari 2001
Thailand Maret 2001
NegaraKamboja Kamboja
Thailand Thailand
BahasaBahasa Khmer
PrekuelPuos Keng Kang Van Pei
SekuelChaos Puos Keng Kang
IMDbInformasi di IMDb

Kuon Puos Keng Kang (Indonesia: "Anak Raja Ular") adalah film horor Kamboja dan Thailand tahun 2001, berdasarkan cerita tradisional Kamboja mengenai anak dewa ular. Film ini adalah film produksi Kamboja pertama setelah masa Khmer Merah.

Cerita ini telah diangkat ke layar lebar 3 kali sebelum ini. Sutradara Fai Sam Ang membuat film ini bekerja sama dengan penanam modal dari Thailand, dan menampilkan aktor Thailand Winai Kraibutr, aktris opera sabun Kamboja Ampor Tevy, dan aktris muda Pich Chanbormey, dimana Pich Chanbormey mengenakan topi yang ditempeli ular-ular hidup untuk syuting film ini.

Pada saat film ini diterbitkan, Kamboja tidak memiliki gedung bioskop yang cukup besar untuk tayang perdana film ini. Karena itu tayang perdananya diadakan di pusat kebudayaan Prancis dan di halaman depan stasiun televisi di Phnom Penh. Film ini juga diterbitkan di Thailand.

Karena film ini dibintangi Winai Kraibutr, di Hong Kong diberi judul Ghost Wife 2, yang dipasarkan sebagai kelanjutan film Nang Nak (1999) dari Thailand yang juga dibintangi Winai.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]