Konventual

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Konventual (Latin: Ordo Fratrum Minorum Conventualium, disingkat OFM Konv.) atau Ordo Fransiskan Konventual merupakan cabang dari Ordo Fransiskan yang tertua. Ordo ini disebut juga Minorit. Para anggota ordo ini disebut saudara dina Konventual.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Conventual Franciscan .JPG

Ordo Fransiskan (OFM) didirikan Santo Fransiskus dari Assisi pada tahun 1209. Sejak awal Ordo, ada saudara-saudara yang tinggal di biara-biara (conventus atau convent) dan ada juga yang mengembara. Saudara-saudara yang tinggal di biara dikenal dengan nama para Konventual sedangkan para saudara yang mengembara dikenal dengan nama Spiritual. Kedua model hidup itu menjadi pola hidup para saudara pada masa itu dalam menghayati pola hidup Santo Fransiskus dari Assisi.

Ordo Saudara Dina Konventual merupakan ordo Fransiskan yang tertua dan ordo pertama pria yang kemudian menjadi ordo mandiri pada tahun 1517. Di beberapa negara, para Saudara Dina Konventual disebut dengan panggilan istimewa antara lain: Greyfriars (Inggris), Claustrales (Spanyol), Cordeliers (Perancis), Minoriten (Jerman), Franciszkanie (Polandia), dan Conventuali (Italia). Sesuai dengan nama yang disandang, Ordo Fransiskan Konventual memiliki tiga nilai hidup membiara yakni: fraternitas (persaudaraan), minoritas (kedinaan) dan konventualitas (membiara).

Susunan Ordo Saudara Dina Konventual terdiri dari provinsi-provinsi yang dipimpin oleh Minister Provinsial dan Kustodia-kustodia provinsi yang dipimpin oleh Kustos Provinsial, serta Kustodia-kustodia general yang dipimpin oleh Kustos general. Pemimpin tertinggi Ordo Fransiskan Konventual disebut Minister General. Rumah Generalat Ordo Fransiskan Konventual bernama Santi Apostoli berada di Roma, Italia. Para Saudara Dina Konventual kini berkarya di 60 negara.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]