Kontos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kontos adalah nama Yunani untuk sejenis tombak kavaleri kayu yang panjang yang digunakan oleh pasukan Iran kuno, khususnya pasukan kavaleri penerus Akhemeniyah, terutama katafrakt. Senjata ini juga digunakan oleh para prajurit Jerman kuno sebagai tembiang. Kontos kemungkinan dikembangkan pada pertengahan awal abad ke-1 M dari senjata jenis tombak pendek, yang disebut longche oleh orang Yunani dan hasta oleh orang Romawi, meskipun penggambarannya mungkin sudah ada sebelum Pertempuran Carrhae, ketika katafrakt Parthia, yang didukung oleh pemanah berkuda ringan, menghancurkan pasukan Romawi yang berjumlah tiga kali lebih banyak.

Seperti ditunjukkan oleh seni kontemporer, kontos memiliki panjang sekitar 4 meter, meskipun kontos yang lebih panjang juga pernah ada. Di masa selanjutnya, clibinarii Parthia dan Sassaniyah (Bahasa Persia Tengah: Grivpanvar) dilaporkan menggunakan kontos yang lebih panjang. Hanya prajurit berkuda yang sangat terlatih, misalnya yang dikerahkan oleh dinasti Arsacid-Sassaniyah, yang dapat menggunakan sejata semacam itu.

Kontos harus dipegang dengan dua tangan sambil mengarahkan kuda dengan kaki, karena itu seorang prajurit memerlukan pelatihan yang banyak dan keahlian berkuda yang cukup untuk dapat menggunakan kontos dengan baik. Selan itu, kebanyakan kavaleri Parthia (bahkan mungkin termasuk katafrakt) memabwa busur panah, sehingga mereka harus berlatih secara rutin menggunakan senjata ini.

Romawi mengadopsi variasi kontos dan menyebutnya sebagai contus. Contus Romawi juga dipegang dengan dua tangan. Kekaisaran Bizantium juga menggunakan variasi kontos yang disebut kontarion dan dipakai oleh katafrakt Bizantium dengan menggunakan satu tangan sambil dijepit pada ketiak, tidak seperti tombak para kesatria.

Istilah kontos merupakan asal usul bagi banyak nama tombak kavaleri dalam berbagai bahasa, misalnya gönder (bahasa Hongaria), gönder atau rumh ("tombak Romawi", bahasa Turki) dan quntariya (bahasa Arab).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]