Koninklijke TESO

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Texels Eigen Stoomboot Onderneming
IndustriTransportasi
PendahuluNieuwe Texelsche Stoombootdienst
Didirikan1907
Kantor
pusat
,
Wilayah operasi
Laut Utara
JasaAngkutan orang
Angkutan barang
Situs webwww.teso.nl
Dokter Wagemaker milik TESO

Koninklijke TESO N.V. adalah sebuah perusahaan feri swasta yang mengoperasikan satu-satunya layanan transportasi umum dari dan ke Pulau Texel di Belanda. TESO merupakan singkatan dari Texels Eigen Stoomboot Onderneming (Bahasa Indonesia: Perusahaan Kapal Uap Milik Texel).

Penduduk Pulau Texel awalnya kecewa dengan tarif dan kualitas dari layanan feri yang dioperasikan oleh Alkmaar Packet sejak tahun 1882. Pada tahun 1907, sejumlah warga kemudian membentuk sebuah perhimpunan yang dipimpin oleh seorang dokter lokal, Adriaan Wagemaker, untuk mengoperasikan sebuah feri sewaan sendiri. Pada tahun 1908, perhimpunan tersebut diubah menjadi sebuah perusahaan publik dan penduduk pulau tersebut pun mengumpulkan dana sebesar 75.000 gulden untuk membuat kapal sendiri, yang akhirnya mulai dioperasikan pada bulan Agustus. Penduduk kemudian mengadakan boikot terhadap layanan feri Alkmaar Packet, sehingga perusahaan tersebut akhirnya menghentikan layanannya pada tahun 1909.

3650 lembar saham perusahaan inipun dipegang oleh 3100 pemegang saham, yang mayoritas merupakan penduduk Texel. Pada tahun 2007, bertepatan dengan perayaan hari jadinya yang ke-100, TESO dianugerahi gelar 'Koninklijk' oleh Ratu Beatrix.

Saat ini, TESO mengoperasikan dua kapal yang dapat mengangkut hingga 1750 orang dan 300 mobil. Keduanya dapat menyeberangi Marsdiep, antara Den Helder dan Texel dalam waktu sekitar 20 menit.