Koninklijke Paketvaart Maatschappij

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Poster dari tahun 1910
Poster KPM (Perjalanan Victor) Maritiem Museum
SS Rumphius pada tahun 1929 di Krakatau
Kantor KPM di Batavia (1915-1925)

Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM) (bahasa Indonesia: Perusahaan Pelayaran Kerajaan) adalah sebuah perusahaan pelayaran yang mempunyai kedudukan hukum di Amsterdam namun kantor pusat operasinya berada di Batavia (kini disebut Jakarta) sejak zaman Hindia-Belanda, perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayaran ini beroperasi mulai dari tahun 1888 dan pada tahun 1945 setelah kemerdekaannya Hindia-Belanda menjadi bernama Indonesia, setelah kemerdekaan Indonesia perusahaan ini masih tetap beroperasi hingga tahun 1960 yang kemudian terkena nasionalisasi dan dilikuidasi kedalam Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni).[1]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

KPM didirikan pada 4 September 1888 di Amsterdam oleh Rotterdamsche Lloyd (RL) dan Stoomvaart Maatschappij Nederland (SMN) dengan berkantor pusat di gedung Scheepvaarthuis, Amsterdam, Belanda yang dibangun oleh seorang bangsawan bernama Prins Hendrikkade, sejak awal pendiriannya hingga tahun 1916 perusahaan ini dengan memulai dengan mempergunakan beberapa kapal uap yang berasal dari perusahaaan pelayaran yang berada di Hindia Belanda Timur yang melalui usaha persiapan selama dua tahun agar perusahaan pelayaran KPM ini dapat mulai beroperasi dengan jadwal pelayaran pertama pada tanggal 1 Januari 1891 .

Perusahaan ini terutama berfokus pada rute pelayaran regular terjadwal bagi penumpang dan muatan kargo antara pulau di Hindia Belanda yang kemudian lebih populer dengan istilah sebagai pelayaran pos antar pulau.

Mulai dari tahun 1906 perusahaan ini mulai melakukan ekspansi usaha dengan mebuka rute-rute baru dari kepulauan HIndia Belanda ke negara-negara lain dengan berbagai anak perusahaan antara lain pada tahun 1908 dengan nama Java-Australië Lijn (JAL) melayani lintas Jawa-Australia, disusul pada tahun 1910 dengan Java-Siam Lijn (JSL) melayani lintas Jawa-Thailand, dan terakhir pada tahun 1915 Deli-Straits-China Lijn (DSCL) melayani lintas Medan-LautCina.

Kejayaan perusahaan ini pernah mendapatkan predikat sebagai perusahaan pelayaran terbesar kedua didunia dan terbesat pertama di negeri Belanda akan tetapi mulai berakhir oleh karena adanya perang dunia II

Terakhir[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1947 pelayaran luar negeri dari KPM bekerja sama operasi dengan usaha tersendiri dengan nama Java-China-Japan Lijn (JCJL) atau lintas Jawa-Cina-Jepang dan pada tanggal 1 Januari 1948 sebagai perusahaan baru bernama: Koninklijke Java-China-Paketvaart Lijnen (KJCPL). Sedangkan KPM tetap melayani pelayaran antar pulau di Hindia Belanda. Hal ini adalah sebagai akibat jalan pintas atas perubahan Hindia Belanda pada tahun 1949 dan melepaskan diri dari hubungan kolonial. Pada tanggal 6 Desember 1957 berdasarkan peraturan Republik Indonesia, maka diambil alih kepemilikannya. Setelah perubahan ini pada bulan April 1958 banyak kapal-kapal berada di Singapore, yang merupakan kantor operasional baru.

Sebagian dari armada yang terdiri kapal kecil kemudian dijual dan para pegawai terpaksa dirumahkan. Dengan kapal yang lebih besar dan modern untuk melayani pelayaran baru ke Samudera Timur yang lebih Jauh, yaitu Samudera Pasifik, Teluk Persia dan Laut Tengah.

Penggabungan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 1 Januari 1967, bahwa telah terjadi penggabungan KPM dengan Koninklijke Java-China-Paketvaart Lijnen (KJCPL). Secara tehnis, bertolak dari perubahan nama dan setelah tahun 1948 bahwa pelayaran di luar KPM secara korporasi, sekarang pendirian kembali pada usaha KJCPL. KPM mengoperasikan armada 38 kapal dengan jumlah tonase sebesar 205.766 ton brt. Kemudian pada tahun 1970 KJCPL digabung dengan yang lain dan menjadi perusahaan baru dengan nama Nedlloyd (Nederland Loyd).

Sebagian dari berkas arsip KPM oleh Nedlloyd dipindahkan ke National Archief (Arsip Nasional Belanda), sedangkan berkas arsip yang ada di Hindia Belanda (Nusantara) telah dipindahkan oleh Kantor Pusat KPM di Negeri Belanda dan sebagian besar telah hilang. Berkas arsip KPM ini sebagai bagian dari "Arsip Nedlloyd” yang diselenggarakan oleh Yayasan Arsip Nedlloyd ini telah ditempatkan pada Maritiem Museum Rotterdam (Museum Maritim Roterdam) dan Museum Bahari di Amsterdam, semua di Negeri Belanda.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]